Cara Tanam Bawang Putih Di Polybag
Cara Tanam Bawang Putih Di Polybag

Tutorial Cara Tanam Bawang Putih Di Polybag Bagi Pemula

Posted on

Pada  masa pandemi seperti ini. Banyak tren untuk melakukan aktivitas dirumah saja. Salah satu kegiatan seru dirumah saja adalah berkebun. Apalagi jika yang kita tanam merupakan bahan makanan yang sering kita gunakan sehari – hari seperti bawang putih. Disini saya akan berbagi cara tanam bawang putih di polybag

Sebelum mengetahui cara menananm bawang putih, ada baiknya jika anda mengetahui manfaat bawang putih bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih

Manfaat Bawang Putih

Cara Tanam Bawang Putih Di Polybag
Cara Tanam Bawang Putih Di Polybag

1. Sebagai Bahan Dasar Obat

Sejak dulu bawang putih dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan obat-obatan. Kandungan allicin di dalamnya sangat berguna untuk dijadikan sebagai bahan dasar obat.

Allicin berfungsi sebagai zat anti bakteri, selain sebagai salah satu komponen biologis aktif yang paling esensial serta sangat besar kandungannya di dalam bawang putih.

Zat ini terbukti memiliki efek yang demikian penting bagi penanggulangan berbagai permasalahan kesehatan seperti menurunkan berat badan, mencegah penyakit hipertensi, mengencerkan darah, sebagai zat anti kanker, sebagai antioksidan, serta zat anti mikroba.

2. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat bawang putih yang telah dibuktikan oleh sejumlah riset menyatakan bahwa bumbu dapur yang satu ini secara efektif mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan pada jenis tertentu, bawang putih sengaja diolah menjadi bahan bubuk yang secara khusus digunakan sebagai penawar tekanan darah tinggi.

3. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu mengurangi resiko penyakit kanker, sehingga mengonsumsi tanaman ini sangatlah dianjurkan bagi para penderita penyakit tersebut.

4. Sebagai Anti Peradangan

Bawang putih sejak dulu dikenal sebagai bahan bumbu dapur yang di dalamnya terkandung zat anti peradangan. Apabila anda sedang mengalami sakit tenggorokan, demam, dan lainnya, anda hanya cukup mengonsumsi bawang putih dengan cara dikunyah.

Setelah sobat mengetahui manfaatnya. Yuk sekarang lanjut ke cara penanamnya. Perhatikan baik – baik ya !

Cara Tanam Bawang Putih Di Polybag

1. Pilih Jenis Bawang Yang Akan Ditanam

Ada dua jenis bawang yang bisa dipilih untuk dibudidayakan di rumah. Yaitu bawang putih softneck, dan bawang putih hardneck.

Bawang putih softneck lebih cocok untuk dikembangkan di daerah yang memiliki cuaca panas. Sedangkan bawang putih hardneck lebih cocok untuk cuaca dingin. Gunakan bawang putih yang sesuai dengan suhu lingkungan are rumah anda. Jika sudah memutuskan untuk budidaya bawang putih yang mana, kamu bisa membeli umbi bawang putih dari toko penyedia kebutuhan berkebun.

2. . Siapkan Polybag 

Siapkan polybag ukuran 25 cm

3. Siapkan Media Tanam 

Tanah yang dibutuhkan adalah tanah yang tercampur dengan pasir, sekam padi, dan pupuk organik. Jangan menanam bawang putih di tanah liat. Karena, bawang putih tidak menyukai tanah lunak.

4. Mulai Menanam Bawang Putih

Langkah pertama yaitu masukkan tanah ke polybag lalu tanam bawang putih sedalam 2 – 3 cm. Pastikan ujung runcing bawang putih mengahadap ke atas agar tumbuh ke atas bukan ke samping. Lalu tutupi dengan media tanah.

5. Lakukan Perawatan 

Lakukan penyiraman dengan baik jangan sampi kering dan juga jangan terlalu basah. Karena, dapat membuat bibit membusuk. Gunakan air secukupnya. Anda bisa menggunakan air bekas cucian beras untuk menyiraminnya

Letakkan polybag di tempat yang terkena sinar matahari. Jangan lupa beri pupuk seminggu sekali. Pada umur 2 minggu biasannya akan muncul dan mulai tumbuh. Pastikan anda memperhatikannya dan membasmi hama yang dapat merusak tanaman bawnag putih anda. Jika sudah berumur 90 – 100 hari artinya bawang putih telah siap untuk dipanen.

6. Bawang Siap Dipanen

Jika daun sudah semakin panjang dan bagian tengah daun nampak menguning. Artinya bawang putih sudah siap untuk dipanen.

Anda bisa memanen bawang tersebut ketika daun – daunnya kering. Bersihkan sisa – sisa tanah menggunakan. Selanjutnya adalah disimpan dengan cara menggantung bawnag putih di tempat yang sejuk, keringkan hingga satu minggu. Jika sudah maka hasil penen bawang putih bisa digunakan untuk bahan masakan.

Simpan bawang putih di ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik, agar bawang tidak mudah membusuk. Nah itulah tutorial cara tanam bawang putih di polybag yang bisa anda ikuti dari rumah. Selain itu anda juga bisa belajar cara menanam bawang putih di pot.

Selamat mencobanya pastikan anda mengikuti langkah – langkah tersebut dengan benar dan semoga berhasil. Sampai jumpa di artikel lainnya ya sob