Tumis Telur Puyuh Untuk Sajian Makanan Utama Anda yang Lezat

Posted on

tumis telur puyuh

Tumis telur puyuh – Rasa telur puyuh menjadi makanan andalan berbagai resep masakan. Telur puyuh adalah pelengkap ataubahan utama sajian masakan anda, sehingga Anda tidak akan gagal untuk menggugah selera. Karena bentuknya yang kecil, telur ini mudah dimakan untuk segala usia. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk kesehatan fisik Anda. Ini menyimpan kalori, lemak, protein, kalsium dan kalium. Kandungan tersebut menjadikan telur puyuh sebagai sumber energi yang baik untuk dikonsumsi.

Sama seperti telur ayam, tidak masalah jika Anda mengolah telur puyuh. Bagi yang tidak ingin ribet, olahan tumisan tumis adalah pilihan terbaik. Cukup tambahkan bahan cincang. Jika rasanya sesuai selera, Anda bisa langsung menikmati telur puyuh yang lezat. Simak resep tumis telur puyuh dibawah ini. Mudah dalam pembuatannya dan dijamin lezat untuk hidangan menu utama masakan anda.

Baca Juga : Cara Membuat Desain Grafis di Hp Menggunakan Aplikasi Canva

Resep Tumis Telur Puyuh dan Cara Memasaknya

Resep ini perpaduan antara telur puyuh dan tauco yang gurih, dengan campuran potongan kacang panjang dan keputren (jagung muda) semakin manambah warna, langsung saja tengok resepnya.

Bahan

  • 25 butir telur puyuh,
  • 1 buah tomat, potong-potong
  • 1 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • 1/8 sdt merica bubuk
  • 150 ml air
  • 2 buah cabai hijau, potong serong tipis
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm tauco
  • 3 siung bawang putih, iris
  • 8 butir bawang merah, iris
  • Garam secukupnya

Cara memasak

  1. Rebus telur puyuh hingga matang, sekitar 5 menit, setelah matang angkat telur puyuh kemudian direndam pada air dingin, supaya mudah dalam pengupasannya
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  3. Masukkan cabai hijau, daun salam, dan lengkuas, masak sampai layu.
  4. Tambahkan potongan tomat, aduk.
  5. Masukkan tauco dan telur puyuh.
  6. Tambahkan kecap manis, garam, dan merica bubuk, aduk rata.
  7. Tuang air sedikit demi sedikit dan masak sampai matang.
  8. Telur puyuh tauco tumis siap dihidangkan.
  9. Sajikan selagi hangat.

Nilai gizi telur puyuh

1. Kaya akan protein

Seperti telur, telur puyuh mengandung makanan yang tinggi protein. Satu porsi sate telur puyuh (terdiri dari 5 butir telur) mengandung 6 gram protein, dan hasilnya setara dengan satu butir telur ayam.

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi protein yang dapat digunakan untuk energi, menjaga kekuatan fisik, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta membangun dan memperkuat massa otot.

2. Kaya akan vitamin A dan kolin.

Telur puyuh mini juga kaya akan vitamin A dan kolin. Setiap porsi sate telur puyuh mengandung 119 mg kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, satu porsi sate telur puyuh (setara dengan 5 butir telur) dapat memenuhi 22-28% kebutuhan kolin harian Anda dan 8 hingga 10% kebutuhan kolin harian Anda. norma. kebutuhan harian Anda. kebutuhan. asupan vitamin A

Keduanya bekerja sama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja, mencegah risiko penyakit dan infeksi, terutama penyakit jantung. Vitamin A dan kolin dalam satata telur puyuh juga dapat mendukung fungsi sistem saraf dan penglihatan.

3. Kaya akan selenium dan zat besi

Selenium (26%) dan zat besi (9%) terkandung dalam satu telur puyuh lebih banyak dari pada telur ayam. Selenium mendukung fungsi kognitif di otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA. Pada saat yang sama, zat besi dapat menghasilkan sel darah merah yang sehat, mencegah anemia.

Zat besi juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Kombinasi zat besi dan selenium digunakan oleh tubuh untuk memetabolisme otot dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Bagaimana? Mudah bukan? resep tumis telur puyuh dan cara memasaknya? Menu telur puyuh ini bisa dinikmati selagi hangat bersama keluarga anda di rumah. Semoga resep ini dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana.

Selanjutnya artikel menarik khusus untuk anda Cara Membuat Boba dari Tepung Terigu, Apakah Bisa?