tiket kereta api kai resmi

Trik Cepat dan Mudah Dapat Tiket Kereta Api Resmi

Posted on

Sedang mencari tiket kereta api resmi KAI? Ingin booking tiket yang harganya miring tapi tidak tahu bagaimana caranya? Belanja tiket kereta api bagi beberapa orang sudah menjadi rutinitas harian, bulanan atau tahunan. Kota tujuannya pun sangat beragam, ada yang bepergian lintas kota atau di dalam kota. Dengan alasan liburan maupun berbisnis.

Trik cepat dan mudah dapat tiket kereta api resmi KAI murah

  1. Booking tiket online

Dahulu penumpang harus antre lama untuk mendapatkan satu atau beberapa tiket kereta api. Tapi kini, semua orang bisa belanja tiket secara online melalui aplikasi atau website penjualan tiket. Selalu memberikan kemudahan dan kecepatan, belanja secara online juga memberikan banyak pilihan harga tiket. Anda bisa pesan tiket berdasarkan budget yang dimiliki.

  1. Pesan jauh hari sebelum tanggal keberangkatan

Selain lebih mudah, belanja tiket online juga memungkinkan Anda untuk cek tiket setiap harinya. Baik seminggu, dua pekan bahkan 30 hari sebelum keberangkatan. Menariknya, setiap harinya tiket KA dijual dengan harga yang berbeda-beda. Agar mendapatkan tiket lebih murah belanja tiket jauh hari dar tanggal keberangkatan Anda.

  1. Beli tiket kelas ekonomi

Apa pun kereta api yang Anda pilih, pastikan pilih dan beli tiket kelas ekonomi. Harga tiket kereta api resmi KAI kelas ekonomi dihargai lebih ekonomis daripada tiket bisnis atau eksekutif. Apalagi jika Anda berencana naik kereta antar kota yang menghabiskan waktu berjam-jam lamanya. Umumnya, semakin banyak fasilitas kereta api semakin mahal pula harga tiketnya.

  1. Gunakan promo menarik dari aplikasi/ website jual tiket daring

Di situs dan aplikasi penjualan tiket kereta api terdapat banyak penawaran diskon juga cashback yang bisa Anda manfaatkan. Agar lebih hemat dan untung, belanja tiket ketika situs atau aplikasi sedang mengadakan promosi. Atau gunakan fasilitas pembayaran yang menawarkan diskon atau cashback.

Bagaimana cara belanja tiket kereta api daring?

Di atas telah dijelaskan, bagaimana cara mendapatkan tiket kereta api ekonomis. Agar lebih paham, simak pula bagaimana cara belanja tiket daringnya di bawah ini:

  1. Pilih belanja via aplikasi/ website

Pertama-tama, mampirlah ke website atau aplikasi tiketkeretaapi.com yang jual tiket kereta api resmi KAI. Jika Anda bermaksud menggunakan aplikasi, silakan unduh terlebih dahulu aplikasinya.

  1. Pilih kota/ stasiun asal

Setelah berhasil masuk ke aplikasi atau situs, di menu booking tiket tambahkan kota atau stasiun asal Anda berangkat.

  1. Pilih kota/ stasiun tujuan

Isi pula kota atau stasiun tujuan. Beberapa kota terkadang menyediakan sejumlah opsi stasiun contohnya Jakarta atau Yogyakarta.

  1. Pilih jumlah tiket

Tambahkan jumlah tiket, beli tiket sesuai dengan kebutuhan. Usahakan pesan sekali agar lebih efisien.

  1. Pilih tanggal berangkat

Saat melakukan pemesanan, pastikan Anda sudah tahu tanggal berapa keberangkatan Anda. Jangan sampai berubah pikiran ketika orderan telah dibayar.

  1. Tentukan kategori penumpang berdasarkan usia

Terdapat dua kategori penumpang kereta api yakni dewasa dan anak-anak. Booking tiket mengikuti kategori tersebut.

  1. Pilih kelas dan jadwal kereta api

Ingin lebih nyaman saat perjalanan, silakan pilih tiket eksekutif. Sementara untuk harga ekonomis, Anda bisa beli tiket ekonomi. Pilih jadwal keberangkatannya, lihat informasi jam berangkat dan jam sampai lantas sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. Konfirmasi pesanan dan bayar tagihan

Cek kembali pesanan Anda setelah semuanya sesuai bayar tagihan dengan total penagihan.

  1. Simpan kode pesanan

Usai tagihan dibayar, Anda akan mendapatkan kode pemesanan. Simpan kode tersebut untuk dibarter dengan tiket fisik di stasiun kereta api.

Itulah tata cara belanja tiket kereta api daring, tidak sulit bukan? pastikan Anda hanya belanja tiket kereta api resmi KAI untuk perjalanan nyaman dan legal.