Jasa autocad sinanarsitek.com
Jasa autocad sinanarsitek.com

Tips Mudah Belajar Autocad

Posted on

Ada banyak versi Autocad yang dapat Anda pilih untuk memulai belajar tentang software ini. Tapi jika ingin menguasainya lebih cepat, Autocad Basic salah satu pilihan bijaksana atau Anda bisa konsultasi jasa autocad. Karena selain mudah, fitur dan perintah yang ada pada software ini cenderung sederhana. Nah, bagi Anda yang sedang berusaha menguasai Autocad tetapi tidak tahu harus memulai pelajaran dari mana, berikut merupakan beberapa tips mudah belajar Autocad dari sinanarsitek.com

Daftar Isi :
1. Memiliki software Autocad yang sesuai
2. Hafalkan perintah-perintah sederhana
3. Menguasai Fitur Dasar

1. Memiliki software Autocad yang sesuai

Cara pertama untuk mempelajari software ini tentu saja dengan memasang Autocad di komputer atau laptop. Saat memasang, pastikan spesifikasi komputer sesuai dengan kebutuhan Autocad agar di masa yang akan datang tidak ditemui masalah-masalah kecil seperti hang atau lag saat sedang mengoperasikan Autocad.

2. Hafalkan perintah-perintah sederhana

Pada dasarnya, Autocad bekerja sesuai dengan perintah (command) dari pengguna. Karena itu, hal selanjutnya yang dapat kita pelajari adalah menghafalkan perintah-perintah sederhana yang sering digunakan, seperti membuat garis, menghapus, atau membatalkan perintah.

Untuk membuat garis misalnya, pengguna hanya perlu mengetikkan perintah “L” singkatan dari line pada fitur percakapan. Jika ingin membatalkannya, cukup tekan “U” untuk undo atau ketikka kata “cancel.”

3. Menguasai Fitur Dasar

Ada beberapa fitur dasar yang harus diketahui setiap pemula agar bisa mengoperasikan Autocad Basic dengan mudah, di antaranya:

OFFSET, fitur untuk membuat objek sejajar dengan jarak tertentu dan sisi yang telah ditentukan
COPY, memperbanyak objek dengan cara menentukan titik awal tumpuan dan titik akhir pengopian
ARRAY, memperbanyak objek berdasarkan baris dan kolomnya
MOVE, memindahkan objek
ROTATE, memutar objek dengan sudut dan arah putaran yang telah ditentukan
TRIM, memotong garis pada batas tertentu
EXTEND, memanjangkan garis dengan batas garis yang ditentukan
MIRROR, mencerminkan objek berdasar 2 titik garis pencerminan
SCALE, membesarkan atau mengecilkan besaran skala objek
Jika fitur dan perintah di atas bisa dikuasai, bukan tidak mungkin selanjutnya Anda bisa mempelajari fitur Autocad yang lebih rumit lainnya.