Cara Menanam Bawang Putih Tanpa Tanah
Cara Menanam Bawang Putih Tanpa Tanah

Ternyata Ini Cara Menanam Bawang Putih Tanpa Tanah

Posted on

Bagi anda yang tidak mempunyai lahan untuk berkebun atau tanah. Anda bisa mencoba cara menanam tanoa menggunakan tanah penasaran bagaimana carannya ? Berikut adalah cara menanam bawang putih tanpa tanah

Pada zaman sekarang teknologi sudah semakin maju dan berkembang, ini terjadi karena buah pikiran manusia yang semakin maju. Sekarang, berkebun juga bisa dilakukan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Posisi tanah digantikan dengan air yang digunakan sebagai media tanam sekaligus asupan nutrisi bagi tumbuhan tersebut.

Berkebun dengan media utamanya air disebut juga dengan sistem hidroponik. Berikut adalah penjelasan mengenai sistim hidroponik.

Hidroponik

 Cara Menanam Bawang Putih Tanpa Tanah
Cara Menanam Bawang Putih Tanpa Tanah

Istilah hidroponik (hydroponics) digunakan untuk menjelaskan tentang cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Di kalangan umum, istilah ini dikenal sebagai “bercocok tanam tanpa tanah”.

Dahulu, peneliti yang bekerja di laboratorium fisiologi tumbuhan sering bermain-main dengan air sebagai media tanam dengan tujuan uji coba bercocok tanam tanpa tanah.

Sebagian orang menganggap metode itu sebagai aquakultur (bercocok tanam di dalam air). Uji coba tersebut ternyata berhasil dan patut diberi acungan jempol sehingga banyak ahli agronomi yang terus mengembangkan cara tersebut.

Hidroponik yang berarti hydros adalah air dan ponics untuk menyebut pengerjaan atau bercocok tanam, dinobatkan untuk menyebut segala aktivitas bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai tempat tumbuhnya.

Gericke ini menjadi sensasi saat itu, foto dan riwayat kerjanya menjadi headline surat kabar, bahkan ia sempat dinobatkan menjadi orang berjasa abad 20.

Sejak itu, hidroponik tidak lagi sebatas skala laboratorium, tetapi dengan teknik yang sederhana dapat diterapkan oleh siapa saja termasuk ibu rumah tangga.

Nah itulah sejarah singkat perjalan hidroponik. Yuk langsung saja simak penjelasan dan langkah penanaman bawang putih tanpa menggunakan tanah

Cara Menanam Bawang Putih Tanpa Tanah

1. Memilih Bibit Bawang Putih 

Langkah awal untuk menanam bawang putih adalah dengan mempersiapkan bibit bawang putih. Anda bisa membeli bibit bawang putih yang sudah siap tanam dan bisa Anda dapatkan di toko bibit pertanian. Pilihlah bibit bawang putih yang berkualitas karena itu adalah kunci untuk mendapatkan hasil panen yang baik. Berikut bibit bawang putih yang memenuhi syarat untuk mendapatkan hasil berkualitas:

  • Terbebas dari hama & penyakit
  • Harus sudah berisi / bernas
  • Besar siung bawang putih untuk bibit 1,5 sampai 3 gram
  • Berwarna cerah dan mengkilat

Sebelum ditanam pisahkan bawang putih dalam siung-siung atau umbinya dipisahkan satu-persatu, dan kemudian lebih baik lagi jika umbinya dijemur lebih dulu.

2. Mempersiapkan Media Tanam 

Berikut ini beberapa bahan yang perlu dipersiapkan untuk menanam secara hidropnik:

  • Arang,
  • Pupuk kompos ataupun pupuk kandang,
  • Sekam,
  • Air,
  • Kain flannel,
  • Pupuk organik cair GDM Spesialis Pangan

Selain bahan, alat yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah:

  • Botol plastic/gelas plastik berukuran besar,
  • Alat pemotong/pisau/cutter/gunting

3. Metode Menanam Bawang Putih Hidroponik

Berikut ini langkah cara menanam bawang putih secara hidroponik adalah dengan cara:

  • Potong botol plastik menjadi dua bagian. Ukur bagian bawah botol dengan panjang sekitar 4 cm.
  • Beri lubang- lubang kecil di bagian dasar botol.
  • Jika menggunakan gelas plastik, anda juga harus memberikan lubang- lubang kecil pada dasar gelas.
  • Pada bagian atas botol, iris bagian tutup botol agar diameter lubang pada tutup botol menjadi lebih besar dan lebar. Beri jarak lubang sepanjang 1cm.
  • Beri lubang pada bagian atas dan bagian bawah, disebelah leher botol dengan diameter 1 cm. kemudian masukkan kain flannel untuk media penyerapan air dan nutrisi
  • Masukkan nutrisi hidroponik bawang putih kedalam botol yang berada pada bagian bawah.

4. Penanaman Bawang Putih 

Setelah media tanam dan nutrisi yang dibutuhkan bawang putih siap, kini saatnya untuk menanam bibit bawang putih. Berikut ini cara menanam bawang putih menggunakan metode hidroponik:

  • Siapkan bibit bawang putih yang telah bertunas setinggi 5-10 cm.
  • Bersihkan bibit menggunakan gunting. Buang bagian yang tidak diperlukan lalu cuci dengan air hingga bersih.
  • Tanam bibit yang sudah siap kedalam media tanam.
  • Simpan bibit di tempat teduh, namun masih mendapatkan paparan cahaya matahari

5. Perawatan 

Metode perawatan bawang putih yang efektif adalah dengan memberikan pemupukan secara teratur dan melakukan pengendalian hama dan penyakit.

Pemupukan bawang putih secara hidroponik perlu diberikan secara berkala. Cara pemupukannya adalah dengan menambahkan secara langsung pupuk organik cair kedalam airnya.

Dosis pemupukannya adalah dengan menambahkan 1 liter pupuk organik cair untuk 30 liter air. Berikan pupuk organik cair ini setiap satu minggu sekali, hingga panen.

6. Pemanenan

Cara pemanenan bawang putih secara hidroponik sangat mudah. Hal ini dikarenakan Anda tidak perlu lagi membersihkan umbi dari kotoran dan tanah. Sebab, umbi yang ditanam menggunakan metode hidroponik hanya terkena air. Cukup cabut perlahan umbi bawang putih dari media tanam, kemudian umbi sudah siap untuk dijual atau digunakan.

Nah begitulah cara menanam bawang putih tanpa tanah. Sangat cocok dilakukan bagi anda yang tinggal di kawasan perumahan. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi anda. Selamat mencobanya dan semoga berhasil !