Resep Sayur Nangka Santan

Inilah Resep Sayur Nangka Santan Yang Gurih

Posted on

Hallo kakak-kakaku yang tercinta, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep sayur nangka santan yang rasanya sangat nikmat dan juga gurih banget, sangat cocok untuk dihidangkan bersama dengan keluarga kita pas ada acara besar-besaran.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan makanan nusantara yang satu ini, makanan yang memiliki cita rasanya yang sangat khas akan rempah-rempahnya yang sangat melimpah sehingga sangat cocokk untuk dihidangkan dan disajikan dimanapun makannnya.

Oleh karena itu, sebagai ide makanan untuk acara besar saya akan merekomendasikan resep sop sayur nangka yang rasanya akan membuat jatuh cinta dan juga bikin ketagihan bagi siapa saja yang memakan makanan yang nikmat ini, jadi kalian wajib mencobanya ya.

 

Pengertian Sayur Nangka Santan

Siapasih yang tidak tahu dengan makana n yang nikmat satu ini, makanan yang memiliki cita rasanya yang sangat khas akan rasa gujrihnya dan bumbu rempah-rempahnya yang sangat banyak sehingga makanan ini menjadi menu favorit orang yang menyukainya.

Yap, sayur nangka santan, adalah makanan yang menggunakan bahan dasar berupa nangka yang diolah menjadi makna yang memiliki ras ayang sangat nikmat dan juga bikin ngiler sehingga akan sangat cocok jika dihidangkan untuk keluarga besar kamu.

Makanan ini sering disajikan pada acara yang sangat penting karena memiliki rasa yang sangat pas dengan suasana acar yang tergolong mewah dan elegan sehingga banyak sekali orang-orang yang menggunakan makanan ini sebagai menu favorite acara besar.

Namun masih banyak juga yang masih belum bisa mengolah makanan ini secara benar sehingga ras ayang dihasilkan sangat jauh dengan apa yang diekspetasikan oleh mu, jadi banyak juga yang tidk menyukai makanan istimewa yang satu ini.

Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat sayur nangka santan yang sering disajikan direstoran-restoran yang terkenal sehingga rasanya tidak akan jauh dengan masakan chef bintang 5, jai jangan ragu untuk mencobanya ya.

 

Resep Sayur Nangka Santan Ala Masakan Nusantara

Resep Sayur Nangka Santan

1. Sayur Nangka Santan Asli

Bahan-Bahan :

  • 1 buah nangka yang sudah di kupas
  • Ceker ayam, sesuai selera
  • 5 butir telor ayam yang sudah di rebus
  • 2 bungkus santan instan
  • 5 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih

Bahan halus :

  • Kemiri, 3 sendok makan
  • Ketumbar, 2 sendok makan
  • Jahe, 1 ruas jari ibu
  • Lada bubuk, swecukupnya
  • Garam, sesuai selera masing-masing
  • Gula jawa, secukupnya
  • Penyedap rasa ayam, sesuai selera
  • 3 lembar Daun salam
  • 2 buah serai, potong-potong

Cara Membuat Sayur Nangka Santan Original :

  1. Siapkan semua bahan yang ingin digunakan, lalu kalian cuci dengan beersih nangkanya dan rebus selama 5 menitan atau bisa lebih hingga teksturnya men jadi lembut dan empuk.
  2. Kemudian kalian didihkan air terlebih dahulu, lalu masukkan ceker kedalamnya, rebus hingga benar-benar terasa empuk dan masukkan nangka kedalam rebusan ceker yang sedang direbus.
  3. Jika sudah kalian tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan menggunakan blender, masukkan daun salam begitupun dnegan serai hingga matang dan terasa sangat wangi.
  4. Tuangkan santan instan kedalamnya, dan tambahkan garam, gula, penyedap rasa. Aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur merata dan juga meresap kedalam nangkanya, jangan lupa untuk melakukan koreksi rasa.
  5. Kalian bisa memasukkan bahan yang terasa kurang kedalam masakan sayur tersebut, lalu aduk-aduk lagi hingga semuanya benar-benar tercampur, icip rasanya kembali.
  6. Jika sudah terasa pas, ambil mangkok yang akan digunakan, bersihkan terlebih dahulu mangkoknya sebelum digunakan. Kalau sudah matang angkat dan masukkan kedalam mangkok.
  7. Sayur nangka santan diap disajikan dan juga dihidangkan bersama keluarga kalian yang tercinta.

Nah jadi seperti itu guys resep dan juga cara membuat sayur nangka santan yang bisa saaya bagikian dan juga saya share kepada kaalian semua, saya jamin rasanya kan snagat nikmat dan juga lezat. Kalian bisa menggunakan kompor listrik untuk mempermudah pemasakkan.

Untuk resep yang selanjutnya saya akan membagikan resep sayur nangka santan yang rasanya jauh lebih nikmat dan mantap dibandingkan dengan resep-resep yang lainnya. Jadi kalian harus mencoba resep yang saya bagika kali ini, yuk kita pelajarin cara pengolahannya.

2. Sayur Nangka Santan Nyemek Original

Bahan-Bahan :

  • 2 bungkus nangka
  • 1/2 batang serai (digeprek terlebih dahulu ya bunda)
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 bungkus santan kara
  • 1 ruas lengkuas (digeprek dulu ya)

Bahan Halus :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm jahe, ruas jari
  • 15 cabe rawit (sesuai selera masing-masing ya)
  • 6 buah cabe keriting
  • 2 sendok makan ketumbar bubuk
  • 1 ruas jari kunyit

Cara Membuat Sayur Nangka Santan Nyemek Original :

  1. Siapkan alat dan juga bahannya yang aakan digunakan, rebus 2 bungkus nangka dan juga daun salam kedalamnya, rebus hingga teksturnya menjadi lembek dan juga menjadi empuk, angkat dan tiriskan dahulu.
  2. Goreng bumbu halusnya kecuali ketumbarnya jangan, gorengnya jangan sampai terlalu gosong. cukup dengan tingkat kematangan setengah matang saja, jika sudah matang haluskan dengan menambahkan ketumbar didalamnya.
  3. Jika sudah, tuangkan santan kedalam masakan tersebut, nangka yang sudah direbus, bumbu halus yang sudah digoreng, daun jeruk 2 lembar, serai, dan juga lengkuas kedlam panci. Lalu tuangkan air secukupnya saja.
  4. Kemudain tmbahkan garam, gula pasir, royco rasa bebas kedalamnya, lalu tunggu hingga semuanya mendidih jangan lupa untuk mengaduk-aduknya hingga semuanya merata, icip rasanya terlebih dahulu.
  5. Jika terasa belum pas, kamu bisa meenambahkan bumbu yang kurang kedalam masakannya, aduk-aduk kembali dan jangan lupa icip rasanya kembali. Jika sudah pas angkat dan tuangkan kedalam mangkok.
  6. Sayur nangka santan siap disajikan dan juga dihidangkan untuk dijadikan makanan setiap pagi yangs eghat dan bergizi.

Nah jadi seperti itu guys resep dan juga cara membuat sayur nangka santan yang bisa kalin coba dn jua kalian praktikkan dirumah kalian masing-masing. Jika membutuhkan aloat memasak kalian bisa mengeceknya diweb Rumah Mesin Ya guys dengan kualitas yang terbaik.

 

Manfaat Dari Resep Sayur Nangka Santan Bagi Tubuh Manusia

1. Dapat Meningkatkan Imunitas Pada Tubuh Manusia

Kandungan yang terdapat di sayur nangka ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan sistem imunitas pada tubuh kamu loh, pasalnya kandungan vitamin C yang ada didalamnya sangat membantu untuk kamu yang ingin menjaga dan juga meningkatkan imunitas pada tubuh.

Sehingga buah nangka sangat direkomendaasikan untuk kamu yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan juga kuat, maka dari itu kamu wajib mengkonsumsi8 makanan yang mengandung bahan dasar buah nangka seperti sayur nangka ini, dijamin wendol tenan.

2. Bisa Mengatur Tekanan Darah Pada Tubuh

Untuk kandungan selanjutnya adalah kandungan potassium yang ada pada nangka, pasalnya kandungan ini sangat bagus untuk mengatur tekanan darah kamu agar tidak terjadinya darah tinggi yang sewaktu-waktu sangatlah berbahaya bagi tubuh kamu.

Oleh karena itu kamu wajib banget nih mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan potassium seperti nangka ini agar tekanan darah mu selalu dalam keadaan yang masih normal-normal saja dan juga bisa memiliki tubuh yang sehat didalamnya.

3. Dapat Menguatkan Tulang Pada Tubuh Manusia

Selain mengatur tekanan darah, nangka juga dapat membantu kamu untuk memperkuat dan juga menyehatkan tulang yang terdapat pada tubuh kamu loh, pasalnya kandungan kalsium ynag terdapat pada buah nangka sangatlah bagus untuk memperkuat dan menyehatkan tualng.

Sehingga nangka ini sangatlah cocok untuk dikonsumsi kamu secara teratur dan juga sesuai kebutuhan dari tubuh kamu, jadi kalian jangan ragu untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki bahan utama berupa nangka ini karena nangka sangat bagus bagi kesehatan tubuh kamu.

 

Tips Dan Trik Resep Sayur Nangka Santan

1. Pemilihan Kualitas Bahan Dari Resep Sayur Nangka Santan

Ketika kamu ingin mengolah buah nangka maka hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang enak dan gurih adalah dengan menggunakan buah anngka yang memiliki kualitas buah dengan kebagusan tingkat tinggi agar rasanya jauh lebih nikmat.

Kualitas dari bahan-bahan pada masakan sangat mempengaruhi kualitas dari makanannya, maka dari itu pilihlah makanan yang emmiliki kualitas terbaik agar kamu bisa menikmati rasa makanan yang sangat nikmat dan juga sangat lezat.

2. Mengikuti Setiap langkah Dari Resep Sayur Nangka Santan

Selain itu kamu juga harus mengikuti sertiap langkah-langkah dalam pengolahannya sehingga kamu bisa mendapatkan cita rasanya yang sangat khas dan juga sangat bikin ketagihan, jadi kamu wajib nih memperhatikan setiap step langkah-langkah dari masakannya.

Nah jadi sepert itu saja ya guys beberapa resep dan juga cara membuat sayur nangka yang rasanya sangat nikmat danbikin ngiler bagi siapa saja yang baru pertama kali menyubai makanan nusantara yang satu ini, jadi kalian juga harus mencobainya ya, sekian dan terimakasih.