Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Balado dan Cara Membuatnya

Posted on

resep sate telur puyuh bumbu balado

Resep sate telur puyuh bumbu balado – Sate telur puyuh merupakan sajian penyerta makanan pokok untuk berbagai olahan. Ingin dijadikan pelengkap atau bahan utama, telur puyuh tak pernah gagal menggugah selera.

Dengan bentuknya yang kecil, telur ini mudah dimakan untuk segala usia. Selain itu, nutrisi yang dikandungnya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kalori, lemak, protein, kalsium dan potasium tersimpan di dalamnya. Dengan kandungan tersebut, telur puyuh merupakan sumber energi yang baik untuk dikonsumsi.

Seperti telur ayam, mengolah telur puyuh juga tidak menyulitkan Anda. Olahan tumisan lainnya menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak ingin ribet. Anda hanya perlu menambahkan bahan cincang. Sesuaikan rasa sesuai dengan keinginan Anda dan Anda bisa langsung menikmati sajian telur puyuh.

Telur puyuh diproses dengan segala sesuatu yang rasanya enak. Bisa dipadukan dengan tumisan, sop, bacem, dan masih banyak lagi. Untuk membuatnya, lihat resepnya di bawah ini. Nikmati dengan nasi putih hangat. Semoga mecoba resep telur puyuh bumbu balado dan cara memasaknya.

Baca Juga : Pengobat Rindu Angkringan Jogja, Rsep Telur Puyuh Bacem

Resep Sate Telur Puyuh Bumbu Balado

Bahan:

  • 30 Butir telur puyuh rebus
  • 2 Lembar daun jeruk
  • 1 Batang serai
  • 1 Buah tomat merah
  • 1¼ Sendok teh garam
  • ½ Sendok teh gula pasir
  • 1 Sendok makan asam jawa
  • 5 Sendok makan minyak sayur
  • 4 Siung bawang putih
  • 5 Butir bawang merah
  • 8 Buah cabai merah besar
  • 4 Buah cabai merah keriting

Cara memasak:

  1. Langkah pertama adalah menggoreng telur puyuh dalam minyak yang dipanaskan dengan api sedang hingga garing dan telur mengeluarkan lapisan seperti kulit.
  2. Kemudian tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk secara perlahan hingga merata.
  3. Terakhir masukkan telur puyuh, garam, gula, dan air asam jawa. Masak hingga matang.
  4. Susun dan tusukkan telur puyuh yang telah dimasak pada tusukan sate. Satu tusukan sate terdiri dari lima 4 sampai 5 butir telur atau sesuai selera.

Mencoba Jajanan Kekinian, Sate Telur Puyuh Goreng

Memperkenalkan sate telur puyuh goreng. Pernahkah Anda mendengar tentang sate telur puyuh goreng? Mengapa sate digoreng? Jangan khawatir, masakan ini tidak kalah enaknya dengan sate telur puyuh yang baru saja kita buat.

Sate ini sedikit berbeda dengan yang kita kenal sebagai sate telur puyuh. Memasak sate telur puyuh sedikit berbeda dengan cara memasak sate telur puyuh yang biasa, menggunakan peralatan dapur khusus (mesin sate telur puyuh) yang diputar sebagai cetakan.

Wajan dengan cetakan khusus digunakan untuk mencetak telur puyuh. Wajah memasaknya hampir mirip dengan menggoreng telur goreng. Hanya saja yang membedakan kali ini adalah menggunakan telur puyuh. Wajan/beton otomatis berukuran kecil.

Siapkan wajan khusus, panaskan dengan api sedang. Tempatkan tusuk sate kering secara vertikal atau ikuti mesin sate telur puyuh.

Tambahkan minyak goreng atau margarin ke dalam sate beton telur puyuh. Pecahkan telur puyuh di mesin sate telur puyuh dan masak perlahan. Tunggu hingga bagian bawah matang dan keras, lalu balik telur sate agar matang merata.

Untuk menambah rasa pertemuan, sate telur puyuh disajikan dengan saus sambal dengan mayo.

Bagaimana resep sate telur puyuh yang kami sajikan, mudah bukan? Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi masakan di rumah anda. Nantikan resep-resep menarik selanjutnya yaa.

Selanjutnya artikel lain yang mungkin anda tertarik Apakah Minyak Kelapa Murni dan Manfaatnya Bagi Kesehatan