Resep Otak Otak Goreng Tanpa Ikan

Resep Otak Otak Goreng Tanpa Ikan yang Mudah dan Ekonomis

Posted on

Halo teman – teman semua! Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep otak otak goreng tanpa ikan yang mudah untuk dibuat dan juga hemat di dompet. Otak otak sudah menjadi makanan kegemaran di Indonesia sejak lama. Makanan ini mudah untuk ditemukan dimana – mana, mulai dari pedagang jajanan depan sekolah sampai restoran berkelas. Ini membuktikkan otak otak sudah menjadi bagian dari masakkan Indonesia yang tidak bisa dipisahkan.

Nah, untuk informasi lebih lengkapnya mengenai resep otak otak goreng tanpa ikan, kalian bisa simak penjelasan lengkapnya dibawah ini. Pastikan juga kalau kalian simak artikelnya sampai habis, supaya tidak ada hal – hal menarik mengenai otak otak tanpa ikan yang terlewatkan.

Otak Otak

Otak-otak adalah salah satu jajanan ikan tradisional. Rasanya yang asin, asin dan sedikit kenyal akan membuat Anda menyukai jajanan yang satu ini. Rasanya mengingatkan pada pempek dan siomay, namun menonjol dari pelayanan dan pelayanannya.

Biasanya otak otak dikukus terlebih dahulu, kemudian dipanggang dan disajikan dengan saus sambal. Namun, ada juga orang yang menggunakan saus kacang. Bagi yang ingin makan ikan, otak-otak bisa jadi pilihan. Makanan ini disebut otak-otak karena memiliki warna putih dan tekstur lembut seperti otak. Akibatnya, orang menyebutnya otak, padahal otak itu sendiri tidak menghasilkan makanan.

Otak-otak dapat ditemukan di pasar atau supermarket, biasanya otak-otak hadir dalam wadah plastik yang disegel menggunakan vacuum sealer.

Tips Membuat Otak Udang Uoreng

Jenis ikan sebagai bahan baku dasar

Ingin membuat otak otak? Pilih ikan yang dagingnya lengket dan rendah air, seperti makarel. Perhatikan juga kesegaran ikannya. Pastikan dagingnya masih segar. Dinginkan ikan sebelum diproses agar menyusut. Hal ini membuat otak terlihat keras saat makan. Jangan dimasukkan ke dalam freezer, ikannya keras dan sulit diolah.

Pengolahan Adonan

Jenis tepung yang biasa digunakan sebagai bahan adonan untuk membuat otak udang adalah tepung tapioka. Menggunakan tepung tapioka BOLA Deli, terbuat dari tepung singkong berkualitas tinggi, harum alami, putih bersih, dan halus terbagi membuat makanan lebih lembut dan lezat alami.

Masukkan Santan dan Tepung Terigu

Menggunakan santan dalam campuran otak-otak juga bisa menambah rasa untuk membumbuinya. Balikkan ikan di atas bahan-bahan lain seperti bawang merah dan bawang putih cincang dan tambahkan garam, gula dan merica saat Anda menguleni.

Kemudian masukkan santan sedikit demi sedikit, lalu setelah santan tercampur rata ke dalam adonan, masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit.

Bungkus Dengan Daun Pisang

Pertama ambil 1 sendok makan adonan dan letakkan di atas daun pisang, cara ini dilakukan dengan cara membungkus adonan dengan rapi. Kemudian rekatkan persegi panjang, gulung dan kencangkan ujungnya dengan tusuk gigi. Ada dua cara untuk membuat otak otak yaitu dikukus lalu langsung dipanggang atau digoreng.

Untuk yang dikukus, otak otak dikukus terlebih dahulu dengan api sedang selama kurang lebih 5 menit hingga mendidih, lalu goreng dengan teflon.

Namun, Otak-otak paling baik dipanggang langsung dengan teflon agar aroma dan rasanya lebih terasa. Aroma yang kuat ini berasal dari daun pisang yang digunakan untuk membungkus otak otak.

Resep Otak Otak Goreng Tanpa Ikan

Resep Otak Otak Goreng Tanpa Ikan

Bahan – bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung tapioka (200 gram)
  • Telur (2 butir)
  • Tepung terigu (100 gram)
  • Air (200 ml)
  • Daun bawang, iris (3 lembar)
  • Ebi kering, haluskan (2 bungkus)
  • Bawang putih, haluskan (2 siung)
  • Garam (1 sendok teh)
  • Kaldu ayam bubuk (1/2 sendok teh)
  • Merica bubuk (1/2 sendok teh)

Cara membuat :

  1. Membuat Adonan, tuang air ke dalam panci dan campur dengan bawang putih cincang, garam, kaldu ayam bubuk dan merica bubuk, aduk hingga merata. Masak dengan api kecil hingga air mendidih, lalu masukkan tepung terigu, aduk hingga menjadi adonan.
  2. Tambahkan Bahan Utama, pindahkan adonan ke wadah, setelah adonan dingin, tambahkan telur, ebi yang ditumbuk halus, aduk hingga tercampur rata. Masukkan bawang bombay dan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula.
  3. Membentuk Adonan, Uleni adonan dengan tangan lalu bentuk menjadi oval, ulangi hingga semua adonan habis digunakan. Kemudian panaskan air dan beri sedikit minyak, biarkan otak-otak dan masak hingga empuk dan mengapung. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Goreng Otak Otak, Panaskan minyak dan tambahkan otak-otak sesuai selera, goreng dengan api sedang. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan, lalu sajikan otak-otak dengan saus sambal.

 

Nah, itu tadi adalah resep otak otak goreng tanpa ikan yang mudah untuk dibuat, kalian juga bisa membungkus otak otak menggunakan vacuum sealer yang bisa kalian dapatkan dari Rumah Mesin. Baiklah, saya kira cukup sampai disini dulu untuk artikel “Resep Otak Otak Goreng Tanpa Ikan yang Mudah dan Ekonomis”, jangan lupa juga untuk mengunjungi artikel lainnya dan sampai jumpa di lain artikel!