resep olahan mie jagung

Resep Olahan Mie Jagung

Posted on

Jadi di artikel kali ini akan saya jelaskan resep olahan mie jagung. Salah satu kreasi masakan yang dapat dibuat dengan mudah oleh mie jagung ini adalah mie goreng. Meskipun mie goreng mudah untuk dibuat, banyak kalangan yang suka akan mie ini juga kok. Simak resep membuat mie goreng ini ya.

Tips Memasak Mie agar Matang Sempurna dan Tidak Menggumpal

Dalam membuat mie goreng pun harus melalui tahap merebus. Nah dalam merebus mie sendiri ada tips nya tersendiri supaya mie yang dimasak menjadi nikmat, enak, dan sesuai selera. Jadi dengan tips berikut diharapkan dapat membantu anda ketika memasak atau merebus mie.

1. Perhatikan Lama Waktu Merebus

Agar mie tidak lembek atau bahasanya Lodoh, masak mie tepat waktu atau tidak terlalu lama. Mie lembut pasti tidak akan enak. Menurut pengalaman saya, orang tidak boleh meninggalkan kompor saat memasak pasta sehingga orang dapat melihat kemajuan pasta saat dimasak.

Juga, pastikan untuk menambahkan pasta saat air mendidih. Karena kalau ditambah airnya kalau tidak mendidih, mie nya akan hancur dan menjadi lembek.

2. Olesi Mie Dengan Minyak Setelah Direbus

Cara ini untuk mencegah mie yang Anda buat menggumpal. Caranya mudah, cukup tuangkan beberapa tetes minyak sayur ke dalam pasta setelah ditiriskan, lalu aduk hingga merata. Pasta bisa diolah menjadi hidangan yang menggugah selera. Oh ya, Anda juga bisa menambahkan tetesan minyak ke air mendidih sebelum menambahkan mie.

3. Rendam di Air Dingin Setelah Direbus

Jika Anda tidak ingin mie menjadi berminyak, ada cara lain untuk mencegah mie menggumpal, yaitu dengan merendam mie dalam air dingin setelah dimasak. Angkat mie yang sudah matang dan tiriskan, lalu segera masukkan ke dalam air dingin selama 1 menit. Kemudian tiriskan mie dan proses lagi tanpa khawatir mie akan menggumpal.

Anda tidak perlu menggunakan air dingin atau air es. Anda juga dapat menggunakan air minum pada suhu normal (suhu kamar). Yang terpenting, airnya sudah direbus dan bisa diminum.

Resep Olahan Mie Jagung Sederhana

resep olahan mie jagung

Mie dan bihun memiliki kesamaan yaitu pada bentuk, tapi keduanya memiliki kegunaan dan resep olahan mie jagung yang tak jauh beda. Bihun goreng yang kenyal dan lembut serta rasanya yang meledak-ledak bisa membuat mata Anda sembab.

Karena isian cabai rawit, daging sapi, sosis dan telur membuat bihunnya begitu gurih, beraroma, enak dan kuat, tidak sama dengan Mercon bukan? Sekarang mari kita lihat bahan dan bumbu apa saja yang perlu disiapkan dalam membuat resep olahan mie jagung gongso mercon berikut ini.

Kunjungi juga: Rumah Mesin

Resep Olahan Mie Jagung Gongso Mercon

Bahan yang dibutuhkan:

  • 3 sdm Minyak Goreng
  • 4 siung Bawang putih, cincang
  • 100 g daging sapi giling
  • 4 buah sosis sapi, iris tipis
  • 400 g Bihun Jagung, seduh air panas hingga lunak, tiriskan
  • 100 g daun kol, iris kasar
  • 10 buah cabai merah rawit, potong menjadi 4 bagian
  • 2 butir telur ayam, buat orak-arik

Bahan bumbu mie jagung gongso mercon:

  • 2 sdm kecap ikan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1 sdm cabai kering tumbuk ukuran besar

Bahan pelengkap mie jagung gongso mercon:

  • kerupuk udang
  • acar

Cara membuat mie jagung gongso mercon: (porsi 4 orang)

  1. Siapkan bahan yang akan digunakan dan tumis bawang putih sampai berwarna kekuningan
  2. Masukkan daging sapi dan juga sosis ke dalam tumisan dan aduk sampai warnanya berubah.
  3. Tambahkan bahan bumbu dan aduk rata sampai harum.
  4. Masukkan juga kol, cabai rawit, dan bihun atau mie jagung. Aduk sampai tercampur secara rata dan bumbu meresep kemudian angkat.
  5. Hidangkan mie jagung gongso mercon ketika masih panas, dan sajikan bersama bahan pelengkapnya.

Penutup

Mungkin itu saja artikel dari saya tentang resep olahan mie jagung dan sedikit ulasan tentang bagaimana tips memasak mie yang benar. Semoga artikel ini dapat membantu buat kamu yang pengen masak mie jagung ini.

Dan ngomong ngomong ketika membuat mie ataupun bihun jagung pasti jagung akan dirontokkan, dan untuk hal itu lebih efektif menggunakan mesin perontok jagung. Dengan mesin tersebut, proses akan berjalan lebih cepat dan memudahkan pekerjaan anda.