Resep Es Krim Cokelat

Posted on

Berikut ini resep es krim cokelat yang bisa anda kreasikan dan buat sendiri di rumah kalian yang tentunya sangatlah enak dan sangat praktis nah langsung aja yuk.

Sejarah Es Krim

resep membuat es cokelat

Sejarah kemunculan krim yang pertama, dipercaya datang dari zaman kepemimpinan Kaisar Nero, Romawi tahun 64 M. Kaisar Nero menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian dibuatlah kombinasi antara salju halus, nektar, sirup buah, dan madu

Es krim mulai dijual di Cina sekitar tahun 700 Masehi. Raja Tang dari Kerajaan Shang menerima hadiah berupa kepingan salju yang menerima susu, jus buah dan madu saat makan malam. Dikenal sebagai ‘xuebaite’, makanan favorit raja akhirnya menjadi populer

Sekitar tahun 1254 M. Sejarah es krim di Marcopolo. Marcopolo yang baru pulang dari China membawa bingkisan tentang cara membuat es krim dan aneka es krim Italia. Hidangan ini menjadi favorit banyak orang dan telah menyebar ke negara-negara lain di Eropa. Bahan dasarnya menjadi susu dan krim itulah sebabnya orang Inggris menyebutnya ‘es krim’.

Sejarah es krim mulai muncul di benua Amerika pada abad ke-19 seiring dengan penemuan pembuat es krim. Saat itu, Gubernur Maryland, Amerika Serikat, sedang menyajikan es krim untuk para tamunya. Namun, 76 tahun berlalu sebelum pembukaan kedai es krim pertama di New York.

Di Indonesia es krim dibekukan setelah didatangkan oleh Belanda yang datang. Dulu, es krim adalah barang prestisius dan mahal yang hanya dinikmati oleh orang Belanda.

Resep Es Krim Cokelat

1.Es Krim Cokelat Simpel

Bahan-Bahan :

  • Pisang matang besar (sudah ada bintik-bintik coklat)
  • 1/4  santan (sudah dimasak sebelumnya)
  • 2 sendok teh (sendok takar) 100% bubuk kakao tanpa pemanis dalam kualitas yang baik

Cara Membuat Es Krim Cokelat Simpel :

  1. Potong-potong pisang, masukkan ke dalam freezer hingga beku (semalaman).
  2. Masukkan pisang beku, santan, dan bubuk kakao ke dalam food processor atau blender dengan kecepatan tinggi.
  3. Terus di blender sampai halus
  4. Bisa langsung dimakan, tapi hasil es krimnya akan lembek. Jika ingin tekstur es krimnya lebih keras,
  5. Masukkan produk yang sudah tercampur ke dalam piring,
  6. tutup rapat dan simpan kembali di dalam freezer.
  7. Tunggu hingga beku dan es krim cokelat  lalu nikmati. 

Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit jantung dan menurunkan risiko stroke

Peneliti menemukan bahwa salah satu manfaat dark chocolate adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Seperti yang ditunjukkan dalam tinjauan sistematis dan meta-analisis dari tahun 2020 yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology, sebuah temuan bahwa makan cokelat seminggu sekali dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Dapat membantu menurunkan berat badan dan baik untuk usus

Saat Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, cokelat pasti tidak ada dalam daftar makanan yang bisa Anda makan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dapat berperan dalam mengendalikan nafsu makan

Yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut Will Clover, Ph.D., ahli saraf, makan sedikit dark chocolate sebelum atau sesudah makan bisa memicu hormon yang memberi sinyal ke otak tentang rasa kenyang.

Penting untuk dicatat bahwa makan cokelat dalam jumlah besar sehari dapat menetralkan manfaat potensial dari bantuan penurunan berat badan, dan cokelat juga tinggi kalori dan harus dikonsumsi dalam jumlah kecil atau sedang.

3. Mampu melawan radikal bebas dan dapat berperan dalam pencegahan kanker

Seperti diketahui, antioksidan dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dianggap bertanggung jawab atas penuaan kulit dan berbagai penyakit, menurut sebuah studi tahun 2015 di Indian Journal of Clinical Biochemistry.

Menurut dr. Joy DuBost, radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh dapat menyerang sel-sel yang dapat menyebabkan peradangan tingkat rendah dan sejumlah penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Menurut American Cancer Society, mengonsumsi makanan yang kaya akan flavonoid, termasuk cokelat hitam, dapat membantu mencegah kerusakan sel yang sering menjadi pemicu banyak kanker. Satu studi oleh para peneliti di Harvard Medical School menemukan bahwa satu jenis flavonoid yang ditemukan dalam cokelat, yang disebut epictachine, diketahui memiliki sifat anti-kanker yang kuat.

4. Bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Peneliti dari Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan telah menemukan bahwa cokelat hitam penuh dengan nutrisi seperti tembaga, besi, magnesium, dan mangan. Beberapa nutrisi tersebut diketahui bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mangan, misalnya, mendukung produksi kolagen, yang membantu menjaga kulit tampak muda dan sehat.

Dalam studi lain tahun 2006 di Journal of Nutrition, flavonoid dalam cokelat dapat melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit, meningkatkan kepadatan dan kelembapan kulit.

5. Dapat meningkatkan mood dan memori otak

Makan cokelat hitam diketahui bermanfaat bagi otak dengan merangsang aktivitas saraf di area otak yang terkait dengan kesenangan dan penghargaan, yang pada gilirannya dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood, menurut Joy DuBost, PhD, RD, ilmuwan makanan dan ahli diet. Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam Depression & Anxiety menunjukkan bahwa makan cokelat hitam dikaitkan dengan penurunan risiko depresi.

Jika anda ingin lebih mudah lagi dalam pembuatan es krim saya sangat sarankan untuk membeli mesin es krim di cv rumah mesin karena sudah teruji kualitasnya dan standar nasional indonesia, han sekian resep es krim cokelat dan manfaat cokelat yang bisa anda buat dan kreasikan di rumah.

ree