Resep Dendeng Ayam Pedas Manis

Inilah Resep Dendeng Ayam Pedas Manis Yang Enak

Posted on

Hallo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membagikan dan juga mengeshare resep dendeng ayam pedas manis hidangan yang sangat menarik, ya memang dendeng ayam pedas manis ini memilik rasanya yang enak banget dan bikin ketagihan bagi siapapun yang mencobanya.

Kalian pasti sudah tahu bukan dengan makanan satu ini, makanan nasional yang sangat nikmat dan juga sangat lezat untuk dihidangkan bareng-bareng bersama keluarga tercinta. Resep yang saya bagikan ini jauh lebih mantap dan juga lebih enak.

 

Sejarah Dendeng

Dendeng adalah makanan yang berasal dari daerah minangkabau yang sangat terkenal sejak zaman dahulu hingga zaman sekarang, makanan ini  terbuat dari bahan dasar berupa daging-dagingan dicampur dengan kelapa parut. Daging yang digunakan biasanya adalah daging ayam maupun sapi.

Hidangan ini sangat cocok untuk disajikan untuk keluarga maupun untuk kerabat yang sedang berkunjung dirumah kamu, dendeng memang menjadi salah satu makanan yang sering dibuat diacara-acara khusus seperti hajatan, sunatan, dan masih banyak lagi acara yang menggunakan makanan ini.

Dendeng sangat mudah ditemukan dimana saja, direstoran juga ada dipinggir jalan (lesehan) juga ada. Pokoknya makanan ini memang sangat terkenal dan banyak sekali peminatnya, siapa pun yang mencoba dan memakan makanan ini saya jamin akan ketagihan dan ingin nambah.

Namun kamu tidak perlu membelinya diluar rumah, cukup bikin sendiri juga sangat oke untuk dicoba, oleh karena itu saya membagikan resep dan cara pengolahannya agar kalian dapat merasakan dan juga mencoba hidangan yang sangat enak dan lezat ini, jadi jangan ragu untuk mencoba.

 

Resep Dendeng Ayam Pedas Manis Ala Rumahan

Resep Dendeng Ayam Pedas Manis

Bahan-Bahan :

  • Dada ayam yang sudah dicincang halus (500 gram fillet)
  • Saus tiram (2 sdm)
  • Merica bubuk (1 sdm)
  • Minyak wijen (1/2 sdm)
  • Gula (2 sdm)
  • Kecap asin (1 sdm)
  • Kecap manis (1 1/2 sdm)
  • Saus sambal (3 sdm)
  • Saus BBQ (2 sdm)
  • Garam (1 sdt)
  • Tepung jagung (2 sdm)
  • Kecap manis dengan saus sambal (untuk olesan)
  • Madu (2 sdm)Secukupnya (untuk olesan)
  • Wijen secukupnya

Cara Membuat Dendeng Ayam Pedas Manis Ala Rumahan :

  1. Siapkan daging ayam, lalu bersihkan daging ayam hingga benar-benar bersih. Cincang daging ayam yang akan digunakan campurkan semua bahan menjadi satu, lalu tunggu hingga kurang lebih 6 hingga 7 jam-an.
  2. Kemudian campurkan semua bahan olesan, aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata, lalu taruh bahan olesan ke mangkok. Siapkan adonan dendeng lalu pipihkan semua daging.
  3. Jika sudah dibentuk semua masukan adonan dendneg kedalam oven yang memiliki suhu 260 derajat selama kurang lebih 15 menit dengan api ukuran sedang saja.
  4. kalau sudah 15 menit keluarkan adonan untuk ditaburkan biji wijen, jika tidak suka maka jangan dikasih. Jika sudahh ditaburkan semua masukan kembali adonan lalu oven lagi selama 10 menitan dengan suhu 210 derajat.
  5. Setelah itu keluarkan kembali adonan untuk dioles menggunakan bahan olesan seperti saus sambal, kecap manis dan juga madu.
  6. Oles-oles semua dendneg hingga merata, jika sudah masukan kembali adonan ke oven selama 10 menit dengan suhu yang sama. Tunggu adonan
  7. Jika sudah matang, angkat lalu dinginkan adonan. Jika sudah dingin masukan kedalam wadah yang tertutup, boleh juga dimakan secara langsung.

no jadi seperti itu guys cara dan resep dendeng ayam pedas manis yang sangat nikmat,mantap dan juga lezat. Selain itu cara pengolahannya jauh lebih mudah dan juga lebih simpel untuk dipraktikan dirumah kalian masing-masing. Jika kalian suka, kalian bisa mencoba cara bikin dendeng ragi ayam.

 

Manfaat Dendeng Ayam Bagi Kesehatan

Kandungan yang terdapat didalam dendneg ayam adalah natrium nitrat, natrium nitrat digunakan sebagai bahan untuk mengawetkan bahan makanan yang tidak berbahaya apabila dikonsumsi oleh manusia jika mengkonsumsinya sesuai kebutuhan, kandungan ini digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

Dendeng juga memiliki protein yang bagus untuk dikonsumsi sebagai cemilan maupun dikonsumsi sehabis melakukan aktivitas atau olahraga, kandungan protein yang tinggi pada makanan ini burguna untuk mempercepat dan juga menguatkkan daya tahan otot maupun daya tahan tulang manusia.

Selain itu dendeng juga memiliki kandungan berupa zat besi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia, zat besi digunakan untuk mempercepat dan juga melancarkan kecerdasan otak anak-anak ataupun anak remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, sehingga sangat cocok untuk dimakan.

Kandungan lain yang terdapat didendeng ayam juga kandungan yang terdapat dibahan makanan berupa ketumbar, ketumbar memiliki fungsi untuk mencegah dan menangkal radikal bebas yang dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel yang terdapat pada tubuh manusia, maka dari itu makanlah dendeng ini.

Nah jadi seperti itu saja ya teman-teman resep dan juga sedikit informasi mengenai makanan dendneg ini, jadi jangan ragu untuk mencoba dan membuatnya dirumah kalian masing-masing Saya jamin rasanya akan sangat enak dan juga bikin ketagihan satu keluarga, terimakasih dan selamat mencoba.