cara membuat mie goreng jawa nyemek

Resep Cara Membuat Mie Goreng Jawa Nyemek Yang Nikmat Dan Mudah

Posted on

Mie nyemek cukup populer karena tekstur mie nya yang berkuah namun kental. Rasa mie nyemek juga yang enak dan kaya rempah membuat mie nyemek di sukai banyak masyarakat  Indonesia khusunya remaja, dewasa, dan orang tua. Mie nyemek ini juga tersebar di seluruh Indonesia dengan ciri khas nya masing-masing. Salah satunya adalah mie Jawa. Kali ini saya akan membagikan kepada anda resep cara membuat mie goreng jawa nyemek yang nikmat dan mudah.

Mie nyemek di Indonesia bermacam-macam sekali, contohnya seperti mie celor, Mie Aceh, mie koclok, dan masih banyak lagi. Setiap mie nyemek pun memiliki ciri khas masing-masing. Mie Jawa cenderung ke rasa manis karena warnanya yang pekat, juga topping yang berbagai macam. Seperti sayuran, ayam, bakso, daun bawang, bawang goreng, irisan tomat, dan lain-lain. Yuk kita simak saja resep cara membuat mie goreng jawa nyemek yang nikmat dan mudah di bawah ini !

Cara Membuat Mie Goreng Jawa Nyemek

cara membuat mie goreng jawa nyemek

Seperti gambar di atas, mie nyemek jawa memang terlihat sangat nimat karena tampilannya yang menarik dengan warna yang pekat dan topping yang melimpah. Bahan dan cara pembuatannya pun sangat simple sekali dan mudah untuk anda praktikkan sendiri di rumah atau untuk membuak usaha kuliner. Mie nyemek jawa banyak dijual di sekitar jalan menggunakan gerobak atau pedagang kaki lima ada juga yang dijual di ruko bahkan mall besar. Harganya juga beragam tergantung topping, bahan, juga tempat anda membeli.

Namun jika anda ingin membuatnya sendiri anda bisa menyimak bahan apa saja yang harus disediakan juga step-step membuatnya bagaimana di bawah ini :

Bahan-Bahan :

  • 1 lembar mi telur kering
  • Ayam suwir
  • 1 buah tomat
  • Potong 2 buah daun bawang
  • Iris Kubis secukupnya
  • 1 butir telur
  • Bawang goreng

Bumbu Halus :

  • 2 siung bawang putihaluskan
  • 2 butir bawang merah ,haluskan
  • 1 sendok teh kecap asin
  • ½ sendok teh saus tiram
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Gula, garam, dan merica untuk rasa secukupnya

Cara Membuat Mie Nyemek Khas Yogyakarta :

  1. Pertama, rebus mi telur kering hingga setengah matang.
  2. Angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan wajan, tumis bumbu halus.
  4. Masukkan sedikit air, mi yang telah direbus, ayam suwir, bakso, tomat, daun bawang, dan kubis.
  5. Aduk hingga mi tercampur rata dengan kuah.
  6. Masukkan telur, aduk rata hingga kuah mengental.
  7. Beri bumbu berupa kecap asin, saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan merica.
  8. Sajikan dengan taburan seledri dan bawang goreng.
  9. Nikmati selagi panas, bisa juga ditambahkan acar sayuran buatan rumah.

Jadi itu dia resep cara membuat mie goreng jawa nyemek yang nikmat dan mudah. Bukankah sangat mudah ? Resep ini bisa anda praktekkan sendiri di rumah untuk ide menu masakan atau bisa juga untuk ide menu usaha kuliner anda. Anda bisa bebas mengkreasikan mie nyemek anda mulai dari tekstur, rasa, maupun topping.

Tekstur nyemek banget atau tidak, Rasa pedas atau manis gurih, topping yang bebas anda kreasikan sendiri. Olahan mie nyemek di Nusantara masih banyak sekali lhoh ! pelajari juga yuk resep mie nyemek mie telor supaya referensi anda dalam mengolah mie semakin bertambah !Jenis mie juga banyak, tidak hanya mie basah, mie kering, namun juga ada mie telor yang bisa diolah menjadi mie nyemek.

Sekian artikel dari saya kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya !