Resep Bumbu Petis Gorengan

Resep Bumbu Petis Gorengan yang Praktis dan Gampang

Posted on

Halo teman – teman sekalian! Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep bumbu petis gorengan yang prakti dan tentunya gampang buat kalian ikutin di rumah. Saya juga akan membahas beberapa hal mengenai bumbu petis, jadi simak artikelnya sampai habis ya, biar tidak kelewatan.

Resep Bumbu Petis Gorengan

Bumbu Petis

Bumbu petis merupakan salah satu komponen masakan khas Indonesia yang terbuat dari olahan udang, daging sapi, ikan dan kerang. Bumbu ini biasanya digunakan sebagai pelengkap masakan dan merupakan bahan utama tahu petis

Asal usul ramuan petis masih diperdebatkan, ada yang mengklaim berasal dari Sidoarjo dan ada yang mengklaim dari Cirebon karena kemiripannya dengan terasi. Proses pembuatannya juga terbilang unik karena berasal dari sisa kuah rebusan bahan makanan seperti udang, daging sapi, ikan, atau kerang.

Apa kabar? Bahan-bahan seperti udang, daging sapi, ikan atau kerang dimasak dan dipanaskan hingga kuah menyusut dan menjadi kuah kental seperti kuah. Kuah kental ini kemudian diberi gula batok dan diaduk kembali hingga warnanya coklat tua dan kental.

Petis telah menjadi salah satu makanan wajib dalam masakan Indonesia. Khusus untuk masakan daerah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain cocok sebagai pelengkap masakan sehari-hari, petis juga sering digunakan untuk menambah sambal goreng, misalnya tahu petis.

Hal ini dikarenakan rasanya yang gurih, pedas dan manis – permen cocok disantap dengan gorengan yang renyah dan gurih. Nah, untuk kelanjutan cara membuatnya simak di bawah ini cara memasak petis untuk gorengan.

 

Resep Bumbu Petis Gorengan

Cara memasak petis untuk gorengan itu mudah. Anda tidak memerlukan keahlian atau kemampuan khusus untuk membuatnya. Yang Anda butuhkan hanyalah ketepatan waktu dalam memasak dan kekuatan untuk menghaluskan bumbu.

Sebelum kita masuk ke cara membuatnya, ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan untuk membuat bumbu petis. Peralatannya adalah penggorengan untuk menggoreng dan memasak petis.

Kemudian ada cobek untuk menghaluskan bumbu, wadah seperti mangkuk untuk menampung bahan, mangkuk kecil dan piring saji untuk menyajikan bumbu petis beserta gorengannya. Setelah peralatan di atas sudah kamu siapkan, kamu bisa lanjut menyimak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan :

  • Petis (1,5 sendok makan)
  • Air mineral (3/4 cangkir atau sesuai selera)
  • Gula pasir (2 sendok makan
  • Garam (sedikit saja)
  • Penyedap rasa (1 sendok teh)
  • Bawang putih, diulek kasar (1 siung)
  • Minyak goreng (2 sendok makan)
  • Cabai rawit merah atau cabai lain sesuai selera (3 buah)

Cara membuat :

  1. Potong cabai rawit menjadi irisan, masukkan ke dalam lesung dan tumbuk kasar bersama bawang putih.
  2. Tuang minyak ke dalam wajan, lalu tumis cabai dan bawang bombay, ditumbuk kasar dengan api kecil agar bawang putih tidak gosong, tumis hingga harum.
  3. Jika sudah harum, angkat panci dari api dan lanjutkan mengaduk, lalu tambahkan petis ke dalam panci dan aduk rata.
  4. Letakkan kembali wajan ke kompor dan aduk selama kurang lebih 20 detik, lalu tambahkan air secara perlahan dan bertahap sambil diaduk dan ditekan ke dalam wajan hingga petis larut.
  5. Jika petis sudah larut, tambahkan gula, garam dan penyedap rasa dan cek rasa, lalu masak hingga mendidih
  6. Sesaat sebelum matang, tuang tepung beras yang sudah dicairkan atau dilarutkan dan aduk hingga bumbu petis mengental, setelah diangkat dan bumbu petis tuang ke dalam mangkuk kecil dan bumbu siap disajikan dengan gorengan.

 

Nah, itu tadi adalah cara masak bumbu petis gorengan yang bisa kalian ikuti dirumah, kalian juga bisa mengunjungi Cara Membuat Sambal Petis Tahu Walik Khas Madura yang Maknyuss kalau kalian tertarik.

Baiklah cukup sampai disini dulu untuk pembahasan “Resep Bumbu Petis Gorengan yang Praktis dan Gampang”, jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya, selamat mencoba dan sampai jumpa di resep – resep selanjutnya, peace out!