Resep Boba Kacang Hijau Dijamin Orisinil dan Menyehatkan

Posted on

resep boba kacang hijau

Resep boba kacang hijau – Boba atau disebut juga bubble atau black pearl merupakan topping yang biasa digunakan pada minuman teh susu modern. Di negara asalnya Taiwan, Boba disebut fen yuan, yang merupakan makanan penutup tradisional yang terbuat dari tepung tapioka.

Ternyata ada berbagai jenis boba. Biasanya ditemukan di kedai teh Thailand, ada topping boba, bubbelte dan mutiara.

Sejauh ini, semakin banyak toko baru yang menjual minuman ringan. Rasa yang berbeda dan harga yang terjangkau dibeli sesuai dengan isi kantong. Minuman boba biasanya hanya berharga puluhan ribu rupiah. Bagi yang ingin berhemat dan berkreasi bisa dicoba di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana dan mudah.

Boba milk tea yang satu ini rasanya enak dan menyehatkan. Harus coba ya. Warna hijau ini merupakan warna asli dari daun pandan. Minuman ini memiliki rasa yang gurih dan segar. Karena ada susu, santan, teh dan gula merah dari boba pearl. Segar dan sangat cocok jika diminum saat cuaca panas dan terik. Manisnya pas. Yuk, coba praktekkan sendiri di rumah. Langsung saja simak resep boba kacang hijau dibawah ini.

Baca Juga : Apakah Minyak Kelapa Murni dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Resep Boba Kacang Hijau

Bahan Teh Kacang Hijau:

  • 70 gr kacang hijau, rendam semalaman
  • 500 ml air
  • 250 ml susu cair uht fullcream
  • 100 gr santan instan
  • 700 ml air panas
  • 2 buah teh celup
  • 20 lembar daun pandan
  • 150 gr gula pasir

Bahan Boba:

  • Bahan Boba Pearl
  • 100 gr tepung tapioka
  • 10 gr cokelat bubuk
  • 40 gr gula palem
  • 100 ml air mendidih
  • 150 gr gula merah, sisir halus
  • 200 ml air

Cara Memasak Teh Kacang Hijau:

  1. Rebus kacang hijau dengan 500 ml air hingga kacang hijau empuk. Tiriskan dengan baik. Sisihkan.
  2. Celupkan 2 kantong teh ke dalam 700 ml air hangat. Biarkan hangat. Sisihkan.
  3. Cuci daun pandan, potong-potong dan masukkan ke dalam blender. Tuang 200 ml atau air teh secukupnya (dari 700 ml) ke dalam blender. Blender daun pandan hingga lembut. Saring dan peras. Sisihkan.
  4. Masukkan kacang hijau yang sudah dimasak ke dalam blender. Tuang 150 ml susu cair (dari 250 ml susu). Lalu aduk hingga rata. Tuang dan saring ke dalam panci. Buang ampas kacang hijau. Kemudian segera tambahkan santan, jus pandan, sisa air teh, sisa susu cair dan gula pasir. Campur dengan baik.
  5. Rebus teh dengan susu kacang hijau dengan api sedang dengan 3 lembar daun pandan yang telah dismpulkan. Didihkan dan aduk dengan whisk. Matikan api, angkat daun pandan dan tuang ke dalam wadah. Biarkan dingin. CATATAN: karena menggunakan susu, akan ada “lapisan kulit” di permukaan minuman. Aduk sesekali agar tidak ada “kulit” yang terbentuk.

Cara Memasak dan Membuat Boba

  1. Campur tepung tapioka, coklat bubuk dan gula palem dalam wadah. Tuang air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok/garpu. Uleni adonan. Jika adonan terlalu lembek, tambahkan tepung tapioka secukupnya. Jika adonan keras, tambahkan sedikit air mendidih. Air harus benar-benar panas agar adonan menggumpal. Jika airnya tidak cukup panas, adonan tidak akan menggumpal, tetapi akan meleleh.
  2. Uleni adonan hingga kalis dan rata. Strukturnya halus dan rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian.
  3. Ambil satu bagian (tutup bagian lainnya agar tidak kering). Gulung adonan memanjang. Potong dan bulatkan. Jangan membuat manik-manik boba terlalu besar, ingat bahwa adonan mengembang saat mendidih.
  4. Masukkan boba mentah ke dalam mangkuk, taburi tepung tapioka secukupnya agar adonan tidak saling menempel. Sesaat sebelum dimasak, ayak manik-manik boba untuk menghilangkan tepung tapioka yang menempel pada adonan.
  5. Rebus air secukupnya dengan api sedang dan beri makan adonan. Adonan manik-manik boba hingga mengapung. Rebus selama 15 menit dengan panci TIDAK tertutup. Matikan api setelah 15 menit. Tutup panci. Biarkan selama 15 menit.
  6. Saring manik-manik boba sambil dicuci dengan air mengalir. Tiriskan dengan baik. Rebus sisir gula merah dengan air (beri sedikit garam). Biarkan mendidih. Setelah mendidih, masukkan manik-manik boba ke dalam air gula merah.
    Masak hingga kental. Tuang ke dalam mangkuk. Biarkan dingin. Seiring waktu, struktur manik-manik boba akan semakin mengental.
  7. Siapkan gelas. Tambahkan 2-3 sendok makan mutiara boba. Tambahkan es batu secukupnya (3/4 gelas penuh). Tuang susu kacang hijau ke dalam gelas. Menyajikan.

Itulah resep boba kacang hijau yang kami sajikan. Semoga bermanfaat. Jangan lupa mencobanya di rumah bersama keluarga. Pilih dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh Anda.

Artikel menarik lainnya jangan sampai terlewatkan Cara Membuat Boba dari Nutrijell Mudah dan Ekonomis