Proses-Pembuatan-Tepung-Tapioka

Proses Pembuatan Tepung Tapioka Mudah Dan Praktis

Posted on

Hai teman Teman kali ini saya akan membahas tentang Proses Pembuatan Tepung Tapioka Mudah Dan Praktis

Siapa disini yang ingin mengetahui proses pembuatan tepung tapioka?  tepung tapioka adalah tepung yang sering dijumpai di kalangan masyakat dan sering digunakan untuk membuat berbagai macam makanan yang enak pastinya penasaran kan proses pembuatan tepung tapioka simak berikut ini yaa…

Proses produksi tepung tapioka di indonesia kita tercinta ini merupakan suatu mata rantai yang dimulai dalam proses penerimaan singkong, pengupasan kulit, pencucian, pemotongan, pemarutan, serta penggudangan.  Singkong diperoleh dari daerah sekitar, sebab mayoritas penduduk adalah petani singkong.  Penerimaannya dilakukan dengan penimbangan terhadap berat bersih singkong dengan jembatan timbang.  Selanjutnya, singkong dikumpulkan dalam ruang bahan baku selanjutnya dilakukan proses produksi.

Proses Pembuatan Tepung Tapioka Mudah Dan Praktis:

Proses-Pembuatan-Tepung-Tapioka

1. Tahap pengupasan dan pencucian

Singkong segar dimasukkan ke dalam alat pengupas kulit sekaligus mesin pembersih yang berguna untuk memisahkan singkong dari kotoran-kotoran yang ada dikulit singkong.  Biasanya jenis singkong yang akan dipakai salah satunya singkong jenis kasesat serta tailand senan jenis singkong tersebut mengandung kadar aci yang begitu tinggi.

2. Tahap pemotongan dan pemarutan

Setelah singkong bersih selanjutnya dilakukan tahap pemotongan serta pemarutan yang bertujuan untuk memperkecil ukuran singkong dan membantu untuk menghancurkan singkong supaya diperoleh hasil yang maksimal.

3. Tahap pemerasan

Tahap pemerasan bermaksud untuk memisahkan cairan yang terdapat Pati dengan ampas. Bubur singkong diletakkan di saringan yang digerakkan menggunakan mesin. Cairan Pati yang dihasilkan ditampung ke pengendapan yang terbuat dari keramik.  Pada tahap ini kita mendapatkan ampas singkong yang disebut onggok.

4. Tahap pengendapan

Pati yang tercampur dengan air diendapkan di dalam bak penampung untuk memisahkan cairan pati yang kental dari cairan yang bringan atau air limbah.  Proses pengendapan berlangsung kurang lebih 5 jam.

5. Tahap pengeringan dan pengayakan

Dari bak penampung, pati yang sudah basah selanjutnya dikeringkan menjadi tepung.  Sistem pengeringan dapat menggunakan oven.  Hasil pengeringan ini layaknya gumpalan tepung kasar, yang selanjutnya digiling dan diayak untuk mendapatkan tepung tapioka yang halus sebagai produk jadi.

6. Tahap pengemasan

Produk yang dihasilkan dari proses pengayakan berupa tepung tapioka kemudian dikemas dengan menggunakan karung yang terbuat nilon. Tepung tapioka yang telah dikemas disimpan dalam  gudang, kemudian tepung tapioka dipasarkan di berbagai tempat bahkan hingga di ekspor ke luar negeri.

Jika kalian ingin Membeli Mesin Hammer Mill Bisa Cek Di Sini : Mesin Hammer Mill

Dalam proses pembuatan tepung tapioka srpeti diuraikan di atas ada 3 jenis limbah, yaitu:

Proses-Pembuatan-Tepung-Tapioka

1. Kulit singkong, limbah ini bisa dimanfaatkan untuk bahan pakan ternak serta kompos oleh penduduk sekitarnya.

2. Amas singkong (onggok)  adalah ampas basah hasil pemisahan dengan pati.  Ampas ini bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.

3. Limbah cair, yang harus diolah terlebih dahulu supaya tidak mengakibatkan pencemaran lingkungan.  Limbah cair ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bio gas untuk bahan bakar.

Dari bak penampung, pati yang masih basah selanjutnya dikeringkan jadi tepung.  Sistem pengeringan dapat menggunakan oven. Hasil pengeringan ini layaknya gumpalan tepung kasar, yang selanjutnya digiling serta diayak untuk mendapatkan tepung tapioka yang halus sebagai produk yang sudah jadi.

Kalian bisa juga mengunjungi artikel utama kami yang ada di: Cara Membuat Tapioka

Sekian dulu Pembahasan dari saya tentang Proses Pembuatan Tepung Tapioka Mudah Dan Praktis semoga bermanfaat Untuk kita semua