Perbedaan Kontraktor ME dengan Kontraktor Sipil

Posted on

Pekerjaan di bidang konstruksi memang sama-sama membangun suatu bangunan atau juga suatu gedung. Hanya saja sebenarnya setiap kontraktor memiliki bidangnya masing-masing. Adanya perbedaan bidang tersebut, tentunya memiliki sebutan yang berbeda juga. Beberapa diantaranya adalah kontraktor ME atau Mekanikal dan kontraktor sipil. Lalu sebenarnya apa saja perbedaan diantara keduanya?

Kontraktor ME

Seperti namanya yakni Mekanikal Elektrikal, kontraktor ME memiliki tugas yang terkait dengan kelistrikan. Nah berikut ini adalah beberapa tugas dari kontraktor ME:

  1. Pemasangan instalasi listrik baik untuk bangunan berupa rumah maupun gedung bertingkat tinggi.
  2. Pemasangan berbagai macam mesin pada bangunan. Contohnya seperti mesin pompa lantai basement, mesin lift, mesin air mancur, hingga kolam renang sekalipun
  3. Pemasangan berbagai alat dan juga jaringan elektronik meliputi telepon, internet, tata suara gedung dan hal terkait lainnya.
  4. Instalasi AC. Seperti contohnya dalam sebuah gedung, pemasangan AC bisa diletakkan di plafon dengan menggunakan instalasi ducting lengkap dengan mesin AHU selain memakai AC split yang di tempelkan pada dinding.

Kontraktor Sipil

Berbeda dengan kontraktor ME, kontraktor sipil lebih terkait pada pembangunan dari bangunan tersebut. Tugasnya mulai dari pekerjaan struktur, arsitektur, landscape serta interior bangunan. Pada suatu proyek bangunan umumnya kontraktor sipil memegang kendali sebagai puncak manajemen serta juga bertanggung jawab atas hasil pekerjaan kontraktor Mekanikal Elektrikal.

Namun apabila kontraktor sipil tidak dibutuhkan tenaganya, maka kontraktor ME akan bertanggung jawab langsung pada penanggung jawab yang telah ditentukan. Oleh karena itulah, perlu adanya koordinasi yang baik antara kedua pihak termasuk kepada klien agar memperoleh hasil yang diharapkan.

Salah satu faktor penting agar dapat memiliki koordinasi yang baik antara kontraktor sipil dan juga kontraktor me adalah keduanya haruslah merupakan dua pihak yang profesional. Untuk Kontraktor Mekanikal Elektrikal, Anda bisa mengandalkan Galleon sebagai penyedia jasa kontraktor berkualitas.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Galleon sebagai penyedia jasa kontraktor ME, Anda bisa mengunjungi situs https://galleoncy.com/. Andalkan pekerjaan konstruksi Anda hanya pada yang bisa diandalkan.