Penyebaran Geothermal Power Plant Indonesia

Posted on

Pembagkit listrik di Indonesia memanglah sangat banyak sumbernya. Mulai dari pembangkit listrik tenaga uap, pembangkit listrik tenaga air, dan yang sekarang ini akan dibahas adalah pembangkit listrik tenaga panas Bumi. Hal ini sangat menarik dibahas karena di Indonesia sumber daya panas bumi sangat melimpah. Maka dari itu, akan diuraikan penyebaran Geothermal power plant Indonesia di sini.

Sebab, bisa dikatakan PLTP ini adalah sumber energi listrik terbarukan yang sangat potensial di Indonesia. Dan pemerintahpun sudah sejak lama mendorong peningkatan pemanfaatan panas bumi di Indonesia untuk menjadi sumber energi listrik.

Apa Itu Geothermal Power Plant Indonesia

Sebelum mengetahui tentang penyebaran PLTP di wilayang Indonesia, akan dijelaskan dulu sedikit tentang Geothermal Power Plant Indonesia.

Jadi, Geothermal Power Plant Indonesia atau Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi merupakan salah satu sumber listrik terbarukan yang memanfaatkan panas bumi sebagai sumber utama listrik. Energi terbarukan yang satu ini, sangat potensial dimanfaatkan oleh Indonesia, karena di Indonesia terdapat sumber panas bumi yang sangat melimpah.

Perlu anda ketahui, kalau sumber daya energi panas bumi di Indonesia ini, diperkirakan mencapai angka sekitar 28,5 Megawatt Electrical (Gwe). Hal ini ada sangkut pautnya dengan posisi Indonesia yang berada pada kerangka tektonik dunia, sehingga menjadikan Indonesia masuk ke dalam salah satu negara yang memiliki sumber panas bumi terbesar.

Saat ini, panas bumi yang telah dimanfaatkan oleh Indonesia sudah mencapai 1.948,5 MW yang terdapat di 11 Wilayah Kerja Panas Bumi dengan 13 PLTP. Untuk penyebaran 13 pembangkit listrik tenaga panas bumi yang telah terpasang sebagai berikut.

Penyebaran PLTP di Indonesia

  1. PLTP Sibayak, Sumatera Utara
  2. PLTP Sarulla, Sumatera Utara
  3. PLTP Ulubelu, Lampung
  4. PLTP Salak, Jawa barat
  5. PLTP Wayang Windu, Jawa Barat
  6. PLTP Patuha, Jawa Barat
  7. PLTP Kamojang, Jawa Barat
  8. PLTP Darajat, Jawa Barat
  9. PLTP Dieng, Jawa Tengah
  10. PLTP Karaha, Jawa Barat
  11. PLTP Matalako, NTT
  12. PLTP Ulumbu, NTT
  13. PLTP Lahendong, Sulawesi Utara

Nah, demikian ulasan mengenai Geothermal Power Plant Indonesia kali ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai power pant indonesia, anda bisa mengunjungi website PTPJB. semoga bermanfaat!