pengertian seo off page

Pengertian SEO Off Page dan Cara Optimasi SEO Off Page

Posted on
Assalamualaikum Wr. Wb. kali ini saya akan membahas SEO on page saja tidak cukup, Anda juga perlu mengoptimalkan situs website dari sisi SEO off page untuk meningkatkan kualitas SEO situs website secara keseluruhan. Pada artikel ini, saya akan membahas apa itu SEO off page dan bagaimana cara anda dapat mengoptimalkannya sepenuhnya.

SEO Off Page Adalah :

SEO Off Page adalah langkah pengoptimalan SEO yang dilakukan di luar konten atau situs website. Jika Anda fokus pada SEO on page, anda hanya berkutat pada faktor SEO untuk website internal, SEO off page harusnya meminta Anda untuk mengoptimalkannya dari faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud disini adalah dari inbound link / backlink hingga share di media sosial. Salah satu kesalahpahaman paling umum tentang SEO off page adalah bahwa SEO off page hanya membahas soal link building. Padahal SEO halaman jauh lebih luas dari itu. Link building memang merupakan faktor terpenting dalam SEO off-page, tetapi bukan satu-satunya. Ada berbagai langkah pengoptimalan SEO off page, dan kami akan membahasnya secara lengkap di bawah ini.

Cara Optimasi SEO Off Page

Link Building

Berbicara SEO off page, tidak pernah lepas dari link building. Link building adalah faktor terpenting dalam SEO off halaman. Mengapa tautan menjadi faktor terpenting dalam SEO off page? Karena Google menggunakan algoritma yang disebut Page Rank. Page Rank adalah algoritma yang menilai kuantitas dan kualitas backlink pada suatu website. Beberapa profesional SEO mengatakan bahwa Page Rank tidak lagi kadaluwarsa. Faktanya, bahwa Google mengonfirmasi bahwa Page Rank masih menjadi faktor dalam peringkat Google. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan backlink / inbound link berkualitas untuk meningkatkan SEO situs Anda. Jadi, faktor apa yang harus Anda perhatikan saat membangun tautan Anda? Setidaknya ada lima faktor yang perlu dipertimbangkan. Baca juga : tempat PKL di Jogja

Listing Bisnis

Mendaftar di listing bisnis online dapat membantu SEO off page Anda. Ada berbagai agenda yang dapat Anda manfaatkan. Beberapa di antaranya : Trip Advisor adalah situs review yang menampung listing bisnis di bidang tempat rekreasi, penginapan dan restoran. Sementara itu, GrabFood dan Zomato khusus untuk restoran. GrabFood sebenarnya bukanlah situs ulasan seperti Zomato. Namun, jika Anda mendaftar sebagai merchant GrabFood, bisnis Anda akan mendapatkan halaman khusus di websitenya. Ini tentu saja dapat berguna untuk SEO off-page Anda.

Brand Mention di Media Online

Dapatkah menyebutkan brand tanpa link ke website seperti di atas berdampak pada SEO di luar halaman? Dapatkan Anda mendapatkan keuntungan dari menyebut nama Anda tanpa tautan ke situs web? Dari segi keuntungan tentunya tetap akan mendapatkan keuntungan jika nama bisnis Anda disebut-sebut oleh media online. Dengan begitu, pembaca media online akan lebih mengenal website Anda.

Google Bisnisku

Google Bisnisk u adalah daftar layanan listing dari Google. Siapa pun yang memiliki bisnis dapat mendaftarkan bisnisnya di Google Bisnisku. Google Bisnisku sepertinya bisa membantu dalam meningkatkan kualitas SEO off page dari luar halaman, terutama untuk SEO lokal. Mendaftar ke Google Bisnisku akan memudahkan bisnis Anda muncul di hasil penelusuran lokal dan bisa muncul di Google Maps. Selain itu, bisnis Anda memiliki peluang lebih besar untuk muncul di paket makanan ringan hasil penelusuran Google.

Review atau Ulasan

Review yang dimaksud di sini tidak hanya berasal dari ulasan Google Bisnisku tetapi juga dari situs ulasan lain. Semakin positif review yang diberikan, semakin besar perannya di halaman SEO website Anda. Sayangnya, seringkali pelanggan terlalu malas untuk memberikan review produk. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan giveaway agar customer termotivasi untuk menulis review produk Anda. Anda dapat mengirimkannya ke ulasan di blog masing-masing, di akun Google Bisnisku, atau di situs review tertentu.

Share di Media Sosial

Google secara resmi menyatakan bahwa share media sosial bukanlah peringkat dan tidak berpengaruh langsung pada SEO. Salah satu alasan mengapa share di media sosial tidak dimasukkan sebagai faktor peringkat adalah karena terlalu mudah dimanipulasi. Anda bisa mendapatkan ribuan preferensi dan saham dengan harga terjangkau. Semakin banyak Anda membagikan konten Anda di media sosial, semakin besar kemungkinan Anda menjangkau orang-orang untuk membaca konten Anda. Dengan cara ini, potensi konten Anda bisa didiskusikan, dibagikan ulang atau bahkan direferensikan di website / blog / media online. Baca juga : tempat PKL di Jogja

Penutup

SEO off page cenderung lebih sulit daripada SEO. Karena Anda dapat mengontrol sebagian besar faktor SEO yang tidak ada di halaman. Namun, semua kerja keras akan terbayar saat Anda meningkatkan otoritas dan lalu lintas setelah menerapkan semua langkah pengoptimalan SEO di halaman. Namun, sebelum Anda mulai menerapkan SEO halaman-ke-halaman, pastikan Anda memaksimalkan situs web halaman-ke-halaman Anda. Mengapa ini penting? Karena tanpa kualitas SEO yang baik pada halaman tersebut, situs lain akan enggan melakukan link ke situs Anda. Akibatnya, potensi mendapatkan inbound link / backlink ke situs Anda berkurang. Baca juga : cara masak rendang sapi padang Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf, semoga artikel saya tentang seo off page bermanfaat. Good Luck:)