cpap masks and pillow
cpap masks and pillow

Mengenal Apa Itu Bantal CPAP dan Keuntungannya Menggunakannya !

Posted on

Terutama untuk Anda yang mempunyai masalah dengan sleep apnea, atau tidur mendengkur. Pernahkan Anda mendengar tentang Cpap masks for side sleepers atau masker CPAP untuk orang yang tidur miring. Atau bahkan Cpap pillow for side sleepers atau bantal Cpap untuk orang yang tidur miring. Jika belum sebaiknya baca ulasan berikut ini, karena kedua alat tersebut akan membantu Anda tidur lebih baik, dan lebih nyaman.

Apa itu bantal Cpap

Tidur mendengkur memang hal yang cukup umum terjadi. Tapi bukan berarti tidak perlu diatasi. Ini adalah salah kondisi dimana seseorang mengidap Sleep Apnea, atau jeda nafas saat tidur, lantaran jalan nafas terganggu, dan ini yang membuat suara dengkuran muncul.

Untuk mengatasi dengkuran tersebut tentunya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, selain mengunjungi dokter, dan menggunakan obat-obatan tertentu. Seperti menggunakan masker

cpap masks and pillow
cpap masks and pillow

CPAP dan juga menggunakan Cpap pillow for side sleepers, atau bantal CPAP untuk Anda yang tidur miring.

Masker CPAP atau singkatan dari Continuous Positive Air Pressure adalah masker yang umumnya digunakan oleh seorang penderita Sleep Apnea agar dapat menghirup udara dengan lebih mudah dan lebih baik. Masker yang satu ini sengaja dirancang khusus, dan dihubungkan dengan alat khusus, agar pasien dapat bernafas dengan baik.

Karena umumnya seseorang yang menderita penyakit ini tidur dengan posisi miring, maka bantal yang akan digunakan pun sebaiknya tidak sembarangan. Penggunaan bantal umum, hanya akan membuat pasien sulit tidur lantaran alat bantu pernafasannya dalam hal ini masker CPAP tidak dapat digunakan secara nyaman, karena selalu berbenturan dengan bantal.

Itu artinya bantal yang digunakan adalah bantal khusus, yang juga didesain secara khusus. Bantal yang digunakan, biasanya mempunyai cekungan di bagian kanan dan kiri bantal. Ukuran dan besaran cekungan ini beragam, ada yang kecil, dan ada yang besar. Sedangkan bagian lainnya terlihat sama. Cekungan tersebut sengaja dibuat, untuk mempermudah penggunaan masker, dan masker tidak akan berpindah ke bagian wajah lainnya pada saat Anda sedang tidur, baik itu ketika menghadap ke kiri atau menghadap ke kanan.

Keuntungan menggunakan bantal Cpap

Dilihat dari ulasan di atas, dapat disimpulkan, bahwa penggunaan bantal khusus seperti ini memang sangat membantu, agar pasien yang menderita Sleep Apnea atau tidur mendengkur dapat tidur dengan nyenyak. Tidak hanya itu, pasangan atau orang yang tidur di sekitar pun jadi tidak lagi terganggu oleh dengkuran tersebut.

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan alat tersebut, antara lain :

  1. Dengan menggunakan bantal CPAP tersebut, membuat penggunaan Cpap masks for side sleepers jadi lebih aman, dan tidak akan berpindah ke bagian wajah lainnya. Terutama untuk Anda yang aktif dalam tidur, maka bantal ini akan jadi solusi sempurna.
  2. Dengan menggunakan bantal seperti ini, akan memungkinkan Anda tidak hanya tidur miring, Namun juga terlentang atau bahkan sedikit tengkurap.tanpa khawatir terjadi kebocoran masker, akibat pergerakan tubuh ketika tidur. Hal ini disebabkan karena bantal CPAP ini sudah dilengkapi dengan cekungan di bagian kanan dan kiri bantal.
  3. Umumnya bantal CPAP tersebut dibuat dari busa atau serat khusus yang akan membantu tulang atau bagian orthopedi, agar tetap dalam kondisi serasi. Baik pada bagian leher dan tulang belakang. Tentu saja hal ini dilakukan, untuk menghindari terjadi kondisi nyeri otot dan membantu tubuh agar tetap rileks.
  4. Selain itu  ketika digunakan, ada beberapa fitur khusus yang ka membantu tidur pasien jadi lebih nyenyak, seperti busa yang mampu menyerap panas, atau yang lainnya. Hal ini juga dilakukan agar pasien tidak merasa gerah ketika sedang tidur.
  5. Di salah satu bagian bantal biasanya ada sebuah tali khusus, yang dapat disambungkan dengan masker. Fungsinya tidak lain untuk membantu mempertahankan masker, agar tetap pada posisi semula, atau tidak berubah posisi.

Dari ulasan diatas, jelas sudah, bahwa menggunakan bantal khusus untuk Anda yang tidur menyamping, pastinya sangat menguntungkan sekaligus menyehatkan. Terutama Anda yang mempunyai Sleep Apnea.