Menanam Padi Di Lahan Sempit

Posted on

Bagaimana cara menanam padi di lahan sempit? Apakah menanam padi hanya bisa di lahan yang luas? Dan apa saja langkah-langkah yang harus kita lakukan?

Halo semuanya, bagaimana kabarnya kalian? Semoga sehat selalu ya, melihat situasi saat ini yang kemunculan jenis virus baru selain covid-19.

Ditambah lagi dengan cuaca/iklim yang sedang tidak menentu, terkadang hujan lebat dan terkadang panas. Ini juga akan mengganggu kesehatan tubuh kalian.

Jangan lupa untuk selalu menaati prokes ya temen-temen.

Di pagi yang cerah ini aku ingin berbagi bagaimana cara menanam padi di lahan sempit, Kalau biasanya kalian menanam padi di lahan yang luas kali ini kita akan mencoba menanam padi di lahan yang sempit.

Selain menanam padi kalian juga harus merawat padi tersebut sampai bisa di panen serta hasilnya yang sangat melimpah dan memuaskan.

Saat kalian akan memanen padi tersebut kalian juga dapat menggunakan alat perontok padi untuk memanennya

Oke langsung aja kita lanjut ke cara menanam padi di lahan sempit

 

Menanam Padi Di Lahan Sempit

Menanam padi di lahan yang sempit/terbatas. Kalian juga dapat menggunakan cara menanam padi hidroponik. Berikut ini adalah cara serta langkah-langkahnya.

 

1. Siapkan Instalasi Hidroponik

cara menanam padi di lahan sempit

Unit instalasi pada tanam lahan sempit/hidroponik dapat menggunakan pendekatan jarak tanam sekitar 25 x 25 cm.

Kamu juga dapat mengatur jarak antara paralon dengan pendekatan sistem tanam legowo.

Kalian dapat menyiapkan paralon dengan ukuran 6 inchi dan rak rangka besi sesuai ukuran lahan yang kalian punya. Kemudian, lubangilah paralon dan perkirakan 1/2 hingga 3/4 bagian netpot supaya nantinya bisa ditanami padi dalam paralon.

Ada baiknya untuk jangan membuat lubang diameter yang terlalu lebar karena ukuran netpot tidak stabil dengan bertambahnya umur dan berat tanaman.

 

2. Siapkan Netpot dan Media Tanam

Gunakanlah netpot hidroponik dengan diameter 10 cm. Kamu juga dapat mengganti netpot dengan gelas plastik yang dilubangi dengan kisaran diameter yang sama dengan diameter netpotnya

Sementara, gunakan konsep hidroponik untuk media tanam, yakni sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.  Gunakanlah ijuk kelapa untuk pinggiran netpot yang akakn berguna untuk menopang media supaya tidak larut dan terbawa air.

 

3. Siapkan Kolam dan Bibit Ikan

Kolam ikan ini nantinya akan digunakan sebagai pemanfaatan bagian bawah dari instalasi tanam di lahan sempit/ hidroponik.

Dengan cara memanfaatkan sirkulasi air terhadap hidroponik padi sekaligus untuk sirkulasi oksigen yang nantinya untuk ikan dalam kolam.

Kolam yang dibuat merupakan kolam yang terbuat dari terpal yang ditopang dari rangka besi kemudian diintegrasikan dengan padi.

Metode ini juga menggunakan jenis ikan nila merah, hal ini dikarenakan ikan nila merah relatif tahan terhadap penggunaan pupuk kimia.  Pakan ikan ini yang diberikan setiap hari secara tidak langsung dapat memberikan tambahan hara pada tanaman padi tersebut.

 

4. Proses Penanaman Padi

cara menanam padi di lahan sempit

Untuk penanaman pada padi kamu dapat melakukan dengan cara menanam benih langsung ataupun pindah tanam dengan bibit yang disemai secara konvensional.

Gunakan juga varietas yang cocok untuk kondisi pada wilayah tempat tinggal kalian ya temen-temen.

 

5. Skema Pemberian Nutrisi

Nutrisi yang diberikan terhadap padi tidak hanya berasal dari pakan ikan, namun juga dengan menambahkan kebutuhan hara makro (N, P, dan K).

Hal ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan padi serta aplikasi kapur untuk mengontrol kestabilan pH dalam air 110 kg/ha N, 36 kg/ha P2O5 dan 60 kg/ha K2O dikonversikan persatu luasan unit sistem hidroponik (6 m2) dan diaplikasikan secara bertahap dalam kurun waktu 10 minggu.

Larutkanlah pupuk dalam 4800 ml air dan diaplikasikan ke tanaman per minggunya.

 

6. Proses Pemeliharaan

Nyalakanlah sirkulasi air setiap harinya tepat pada pukul 08.00 – 16.00 WIB serta hentikan kegiatan ini ketika akan  menjelang panen.

Selain itu, kestabilan pH air juga harus dijaga dengan mengaplikasikan dua karung kapur pertanian yang kemudian dimasukkan ke dalam kolam ikan.

Satu karung kapur diletakkan dalam kolam dekat pipa outlet dan satu karung kapur lainnya letakkan dekat pipa inlet. Jika volume air di dalam kolam tersebut berkurang, maka tambahkanlah air ke dalam kolam.

Pada saat awal pertumbuhan, dilakukan pemeliharaan Pralon seminggu sekali dari kotoran yang menempel di dalam pipa.

Semakin tua umur tanaman, maka volume akar akan semakin besar dan sudah saling mengikat satu lain di dalam paralon sehingga akan lebih sulit untuk dibersihkan.

 

7. Panen

cara menanam padi di lahan sempit

Cara memanen padi yang di tanam di lahan sempit dilakukan dengan cara memotong rumpun di pangkal batang.

Setelah memanennya, coba kalian ambil sisa tunggul dan akar yang berada dalam netpot untuk mempersiapkan musim tanam selanjutnya. Gunakanlah alat perontok padi untuk memanennya.