Membuat Resep Keripik Singkong Coklat

Posted on

Pada artikel kali ini saya akan meamberikan beberapa cara bagamana membuat keripik singkong rasa coklat. Singkong merupakan salah satu jenis umbi yang mengandung banyak manfaat. Selain digunakan untuk energi karena kandungan kerbohydaratnya, singkong merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam makanan. Sebagian besar merupakan makanan tradisional, namun untuk saat ini ubi kayu telah berubah fungsinya menjadi pengolahan makanan yang cukup modern.
Ubi kayu merupakan ubi kayu yang tumbuh dengan cara menanam pohon singkong, yang kemudian akarnya merambat dan membentuk rumpun hingga menjadi daging singkong. Hal ini memang cukup menarik mengingat rasa yang diberikan oleh singkong atau singkong cukup unik dan enak untuk disantap.

Singkong memiliki banyak jenis, ada singkong yang memang bisa digunakan dalam pembuatan makanan dan tidak berbahaya, ada juga singkong yang tidak bisa dimakan atau baru bisa dimakan bila proses pembuangan racun pada singkong sudah dilakukan.

Banyak sekali jenis makanan yang bisa di hasilkan dari singkong, selain digunakan sebagai pengganti nasi oleh sebagian orang, singkong banyak digunakan dalam pembuatan keripik, keripik singkong memang salah satu makanan yang bisa digunakan untuk jajan saat bersantai. waktu atau waktu lain karena memang rasa keripik singkong ini sangat gurih, renyah dan enak.

Sejarah Singkong

Singkong dikenal dengan sebutan ubi atau pohon singkong. Dalam bahasa Inggris sering disebut dengan cassava. Singkong adalah pohon tahunan tropis dan subtropis dari keluarga Euphorbiaceae. Umbi ini banyak dikenal sebagai makanan pkok penghasil karbohidrat. Daun tanaman ini bisa digunakan sebagai sayuran. Ubi kayu ini termasuk umbi-umbian dengan fisik perakaran yang panjang dengan diameter rata-rata 2-3 cm dan panjang 50-80 cm, namun semuanya tergantung dari jenis ubi kayu yang ditanam. Singkong memiliki daging umbi berwarna putih atau kekuningan. Umbi singkong tidak tahan lama meski disimpan di lemari es. Gejala kerusakan ditandai dengan adanya warna biru tua akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat racun bagi manusia. Umbi singkong memiliki sumber energi yang kaya akan karbohidrat tetapi cukup minim protein. Sumber protein yang baik terdapat pada daun singkong karena daunnya mengandung asam amino metionin.

Jenis singkong Manihot esculenta pertama yang dikenal di Amerika Selatan dikembangkan sejak zaman prasejarah di Brazil dan Paraguay. Bentuk modern dari spesies budidaya dapat ditemukan dan tumbuh liar di Brasil Selatan. Meskipun spesies Manihot liar memiliki banyak varietas M, esculenta dapat dibudidayakan. Produksi ubi kayu dunia diperkirakan 184 juta ton sejak 2002. Sebagian besar produksinya diproduksi di Afrika yaitu sebesar 99,1 juta ton dan 33,2 juta ton di Amerika Latin dan Karibia. Singkong telah ditanam secara komersial di Indonesia sejak tahun 1810. Sebelumnya singkong diperkenalkan kepada Portugis sejak abad ke-16 ke Nusantara dari Brazil. Singkong merupakan salah satu bahan pangan terpenting, tidak hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia. Di Indonesia, ubi kayu merupakan makanan pokok ketiga setelah jagung dan nasi. Sedangkan untuk konsumsi penduduk dunia khususnya penduduk negara tropis, setiap tahunnya dihasilkan antara 300 juta ton ketela pohon.

Cara Membuat Keripik Singkong

Keripik singkong ini bisa dijadikan sebagai variasi keripik singkong, banyak sekali variasi yang bisa anda pilih untuk membuat keripik singkong yang enak dan gurih tentunya hal ini dikarenakan banyak orang yang bereksperimen dengan berbagai bahan tambahan dalam pembuatan keripik singkong. memiliki harga jual yang tinggi.

Singkong yang memang umbi-umbian yang tidak memiliki nilai jual tinggi ini diubah menjadi bahan pangan atau keripik dengan nilai jual yang tinggi, sehingga dapat membantu para petani singkong di setiap daerah di Indonesia.

Salah satu jenis keripik singkong yang ada di Indonesia saat ini adalah keripik singkong rasa coklat, keripik singkong rasa coklat ini memang dibuat dengan cara yang sama seperti pembuatan keripik singkong lainnya, hanya saja keripik singkong yang satu ini memang memiliki bahan tambahan seperti coklat. yang akan membuat rasa berubah menjadi rasa coklat.

Anda pasti penasaran dengan cara membuat keripik singkong coklat ini? Berikut akan kami ulas cara membuat keripik singkong coklat yang enak dibawah ini, berikut ulasannya:

Bahan dan Bumbu Keripik Singkong Cokelat:

  • 750 gram singkong yang di iris tipis dan panjang (setelah di iris 500 gram)
  • 1 sendok teh air kapur sirih.
  • 1 sendok teh garam.
  • 500 ml air es.
  • minyak untuk menggoreng

Bahan untuk Pelapis Dalam Membuat Keripik Singkong Rasa Cokelat:

  • 200 gram gula pasir.
  • 200 ml air.
  • 2 sendok teh cokelat bubuk.
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk.
  • 1/4 sendok teh garam.

Cara Membuat Keripik Singkong Cokelat yang Enak:

  1. Hal pertama dalam membuat keripik singkong rasa coklat yang enak adalah dengan mengupas kulit singkongnya terlebih dahulu.
  2. Lalu cuci bersih singkong yang sudah anda kupas.
  3. Setelah itu campurkan air kapur daun sirih, garam dan juga air es yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  4. Setelah itu rendam singkong yang sudah dikupas dan dibersihkan di dalamnya dan tunggu hingga 30 menit berlalu.
  5. Jika sudah 30 menit, tiriskan singkong yang telah anda rendam tadi dan usapkan hingga singkong kering.
  6. Setelah itu potong sesuai ukuran yang sesuai selera.
  7. Kemudian goreng singkong yang sudah anda rendam dan anda potong dengan minyak yang sudah dipanaskan hingga keripik singkongnya renyah.
  8. Setelah itu anda siapkan bahan yang akan anda gunakan untuk membuat pelapis, campur gula pasir, air, bubuk coklat, garam dan bubuk kayu manis, lalu aduk hingga merata.
  9. Setelah itu masak hingga berbusa, masukkan singkong ke dalamnya dan aduk hingga merata.
  10. Matikan api dan aduk hingga kering.

keripik singkong

Tips Cara Membuat Keripik Singkong

Keripik singkong coklat ini ukurannya pas untuk keripik singkong 350 gram jadi, anda bisa menambahkan beberapa bahan lain yang ingin anda gunakan dalam pembuatan keripik singkong coklat ini, atau anda bisa mengganti coklat dengan rasa lain sesuai selera anda. Jika Anda ingin membuat lebih banyak keripik singkong rasa coklat, Anda hanya perlu memperbanyak semua bahan dalam beberapa kali.

Sebaiknya gunakan mesin vacuum frying yang akan membuat keripik singkong anda lebih gurih, gurih dan tidak akan banyak menghabiskan minyak, sehingga akan lebih menghemat biaya dalam pembuatan keripik singkong tersebut. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeringkan atau menguras oli yang ada, karena oli langsung terkuras dengan sendirinya. Sehingga keripik singkong anda akan terhindar dari rasa atau bau apek akibat minyak yang belum terkuras seluruhnya.

Untuk perendaman menggunakan kapur sirih adalah membuat keripik gurih dan lebih renyah. Jadi harus direndam dalam waktu yang ditentukan yaitu 30 menit. Sebaiknya tidak lebih atau tidak kurang dari 30 menit karena jika kurang maka hasilnya keripik akan agak keras, dan jika lebih maka rasa tidak akan sama. Jangan mengoleskan terlalu banyak jeruk nipis, karena memberi terlalu banyak jeruk nipis akan membuat keripik terasa pahit nantinya.

Demikian informasi tentang cara membuat keripik singkong coklat enak yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencoba membuat keripik singkong dengan rasa yang berbeda, seperti keripik kentang balado keriuk ini. Namun alat yang digunakan untuk membuatnya tetap sama yaitu mesin keripik singkong. Semoga bermanfaat dan terima