Membuat Ikan Tongkol Asap Suwir Pedas

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang resep ikan asap santan. Tahuah anda dengan ikan asap? simak berikut ini.

1. Pengertian

Ikan asap adalah ikan yang diawetkan dengan pengasapan. Salmon biasa diasap untuk membuat lox, dan beberapa spesies ikan seperti bandeng, hering, makeler, tongkol, tengiri, dan gabus juga biasa diasap panas. Ikan asap banyak ditemukan dalam masakan Rusia, Yahudi, indonesia, dan Skandinavia, begitupun dari Eropa bagiantimur serta tengah.

2. Sejarah Pengasapan Ikan

Ikan asap sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Konon terjadinya tanpa disengaja. Ketika itu kebanyakan orang mengawetkan daging dan ikannya dengan cara dikeringkan dibawah terik matahari yang panas.

Tetapi saat musim hujan dan musim dingin tiba orang mengeringkan dengan bantuan api dibawah tungku yang ada di dapur, sehingga pengaruh asap pun tidak bisa dihindarkan.

Ada pula versi lain yaitu pada zaman batu orang mempersiapkan makanannya termasuk ikan masih dengan cara sangat sederhana yaitu dibakar atau dipanggang diatas api sebelum disantap. Tentu saja pengaruh asap juga tidak dapat dihindarkan.

Sebab dari pengolahan tersebut makananpun bercita rasa asap dan warnanya kecokelatan. Aroma asap itu ternyata disukai orang dan tekstur ikan yang diasap menjadi lebih bagus dan ikanpun menjadi lebih awet.

Sejak saat itu pengasapan mulai berkembang dan teknis pengasapannya pun tidak banyak adanya peruahan.

3. Kandungan Gizi

  • Omega-3

Kandungan docosahexanoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA) terdapat di daging ikan, zat ini sangat berguna untuk perkembangan sel-sel otak  yang berguna bagi kecerdasan dan  untuk mempertajam penglihatan pada mata.

  • Protein

Protein merupakan zat pembangun yang sejajar dengan daging, lebih mudah untuk dicerna, mendekati asam amino dalam tubuh manusia, mengandung asam amino paling lengkap terutama lysine dan theroin.

  • Vitamin

Vitamin A: sebagai antioksidan, mata sehat,  Vitamin D: untuk metabolisme kalsium dan pertumbuhan tulang, Vitamin B6: sebagai metabolisme asam amino dan lemak, mencegah anemia dan kerusakan syaraf, Vitamin B12: pembentukan sel darah merah, metabolisme lemak, melindungi jantung.

  • Mineral

Zat besi: pembentukan sel darah merah, Yodium: kesehatan thyroid, mencegah gondok, Selenium: antioksidan, Seng: membantu kerja enzym dan hormon, Fluor: kesehatan gizi.

  • Bio Active

Komposisi nutrisi yang sangat baik untuk menguatkan vitalitas tubuh

  • Asam Lemak Tak Jenuh

Mengandung High Density Lipoprotein (HDL)/kolesterol yang baik dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Bahan-bahan untuk membuat Ikan tongkol asap

  1. 1 ekor ikan tongkol asap.
  2. 2 lmbr daun jeruk.
  3. 1 btng serai.
  4. Sediakan 1 ruas laos.
  5. Kamu perlu 1 sdt gula pasir.
  6. Sediakan secukupnya Garam & royco ayam.
  7. 1 gls air (gelas blimbing) / sckpnya.
  8. Kamu perlu Bumbu halus :.
  9. Kamu perlu 8 cabai merah kriting (jika suka pedas bisa di tambah).
  10. Siapkan 2 btr bawang putih.
  11. Siapkan 1 btr bawang merah.
  12. Siapkan 2 btr kemiri.

Rasa pedas yang mencolok dari campuran bumbu-bumbunya menunjukkan budaya kuliner masyarakat Manado yang menyukai makanan bercita rasa pedas. Biasanya harga Ikan Tongkol asap berbeda dengan harga ikan tongkol pada umumnya yang belum di asap. Perlu diketahui bahwa olahan tongkol pedas ini sebenarnya seperti olahan ikan tongkol di Olohan menu makanan tongkol suwir juga menjadi resep makanan tongkol yang snagat lezat. Masukkan suwiran ikan tongkol, aduk rata.

Langkah-langkah memasak Ikan tongkol asap suwir pedas

  1. Suwir ikan tongkol asap, sisihkan.
  2. Rebus cabai setelah matang haluskan lalu sisihkan,.
  3. Haluskan bawang merah,bawang putih, dan kemiri sisihkan, geprek laos dan serai.
  4. Tumis serai,daun jeruk dan laos sebentar masukan cabai tumis hingga sedikit kecoklatan setelah itu masukan bumbu tumis hingga harum dan berwarna coklat.
  5. Tambahkan air, garam,gula,royco aduk rata setelah mendidih baru masukkan ikan tongkol asap yang sudah di suwir tadi.
  6. Masak mengunakan mesin Pengasap ikan asap hingga air sedikit menyusut, angkat dan sajikan.
  7. Selamat mencoba ya

Saya sarankan untuk kalian mengunakan mesin lemari asap yang sangat menbantu produk ikan asap kalian