Membuat Cemilan Gulali Kapas

Posted on

Di artikel kali ini saya akan membuat mengenai bagaimana Cara membuat permen gulali kapas atau arum manis ini lumayan sederhana untuk kalian coba karena bahan utama dari jenis makanan tersebut adalah gula pasir atau gula jawa yang tentu setiap hari kalian temui di rumah. Permen gulali Kapas sendiri memiliki warna yang sangat menarik (warna warni) dan rasanya yang benar benar manis.

Nama populer dari jajanan  gulali ini adalah permen gulali kapas atau bisa kalian bilang cotton candy bisa juga disebut dengan nama gulali kapas. Dengan warna berbagi jenis warna yaitu merah muda, biru, dan hijau serta lembutnya cemilan permen  ini memang mampu menggoda sebagian banyak  anak-anak hingga dengan orang dewasa untuk segera menikmati gulali ini.

Dengan rasanya yang sangat  legit dan bentuknya yang sangat lembut yang juga menyerupai kapas  kalian dapata membuatnya banyak digemari oleh sebagian besar anak-anak hingga kalangan oranag dewasa. Uniknya, ketika kalian memakan permen gulali  kapas tersebut, maka akan meleleh dan terasa sensasi lengket saat berada dimulut karena memang bahan utamanya yang juga  berasal dari  gula murni.

Arum manis dari gulali kapas banyak dicari banyak orang karena memiliki  rasa yang manis, bentuk dan warnanya yang unik dan sangat menarik di zaman saat ini. Dapat mendatangkan pembeli terutama bagi sebagian besar anak-anak. Hal itu merupakan suatu peluang usaha yang cukup menggiurkan untuk kalian jika kalian ingin memcobanya dan patut untuk dicoba dibukan?. dan kami memiliki beberapa saran dengan apa kalian menngunakan alat untuk membuat gulali ini, yaitu dengan mesin arum manis

permen gulali kapas

Cara Membuat Permen Gulali Kapas dan Apa Itu Permen Gulali Kapas?

Permen gulali kapas atau bisa dibilang perme arum Manis merupakan cemilan permen yang berbasis gula yang tak lekang oleh berupahan waktu dan tidak pernah kehilangan penggemar. Kedua jenis makanan ini dapat menggunakan bahan dasar yang sama yaitu gula pasir yang bisa kalian temui di rumah kalian. Namun cara membuat permen gulali kapas diolah dengan tahapan yang  sanggat berbeda dan akhirnya memiliki berbentuk yang berbeda pula.

Permen gulali Kapas di dalam bahasa inggris disebut juga sebagai cotton candy atau juga bisa fairy floss yaitu gula pasir yang diberi beberapa pewarna makanan kemudian dipanaskan sambil mesin di putar-putar.

Saat mesin berputar, bilah bambu yang  kecil mengikuti putaran untuk menjaring dari ampas dari gula yang pecah dan menjadi seperti bagian dari kapas yang disangga dengan beberapa  bambu tadi. Barangkali banyak yang belum tahu tentang gulali kapas ini, pada abad ke-16 bahwa kembang permen gulali kapas ini sebenarnya sudah dikenal sebagian besar  bangsa Italia. William Morrison dan John C Wharton menciptakan mesin peleleh untuk membuat gula pasir menggunakan gaya sentrifugal untuk mendorong penciptaan beberapa  kapas-kapas gula pada abad ke-20

Selain permen gulali kapas, gulali kapas adalah makanan gula karena semua menggunakan bahan gula yang mengingatkan kalian pada masa yang sudah kalian lewatkan yaitu masa kanak-kanak. Permen gulali lebih mirip seperti  permen lolipop, meski tentu dengan rasa yang agak berbeda.

Gulali kapas 100% terbuat dari gula pasir asli  yang dilelehkan dalam wajan yang besar dan kemudian dijual menggunakan wajan yang berukuran  kecil,  dan juga bisa untuk dibawa berkeliling dengan pikulan. Penjual permen gulali kapas atau juga bisa dibilang permen arum manis ini bisa membuat gulali kapas menjadi bentuk apapun, seperti bentuk pesawat terbang, bebek, bunga, dan bentuk lainnya. Sehingga anak-anak semakin menyukainya dan tertarik denga bentuk permen itu sendiri.

Cara Membuat Permen Gulali Kapas dan Jenis-jenis  Dari Permen Kapas Atau Arum Manis :

  1. Permen gulali Kapas atau permen Arum Manis (Gula pasir),  memiliki Jenis gulali ini lebih laku dalam penjualan karena bisa menambahkan pewarna makanan yang sangat menarik.
  2. Permen gula Manis atau Gulali kapas (Gula jawa), memliki Jenis gulali yang sangat  tradisional yaitu gulali yang dibuat dari gula berjenis gula jawa atau juga gula merah. Konon, gulali yang  jenis ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai macam jenis gulali yang ada pada sekarang ini.

Cara Membuat Permen Kapas

Alat Dan Bahan Dalam Cara Membuat Permen Gulali Kapas :

  • Siapkan  mesin arum manis untuk membuat Permen gulali  Kapas.
  • 1 buah centong kayu untuk mengaduk gulali.
  • 1 buah sendok makan.
  • beberapa Tusuk yang terbuat dari bambu atau cone stick (untuk menggulung  permen gulali kapas atau permen arum manis).
  • Gula pasir putih sebagai bahan utamanya untuk membuat permen gulali kapas atau permen arum manis sekitar kurang lebih 1 kg.
  • Asam citrum sebanyak 1 sdm.
  • ¾ atau 100 ml air bersih yang sudah matang.
  • beberapa Pewarna makanan (sesuai dengan selera).

Langkah Dan Cara Membuat Permen Kapas :

  1. Campur beberapa  gula pasir dengan pewarna makanan yang sudah kalian sediakan sesuai dengan keinginan kalian kemudian diaduk hingga benar-benar rata.
  2. Panaskan mesin arum manis pembuat permen kapas.
  3. Jika gula dan pewarna makanan sudah tercampur dengan sangat rata, lalu masukkan ke dalam mesin arum manis yang sudah dipanaskan dan tunggu beberapa menit agar serabut gula dan perwarna makanan keluar dari mesin arum manis pembuat permen gulali kapas atau permen arum manis tersebut.
  4. Gulung gulali dengan gerakan memutar dari serabut gula menggunakan bilah bambu atau cone stick, sesuaikan dengan ukuran yang kalian inginkan.
  5. Tarik terus dengan beberapa cara yang sama agar gulali gula berubah seperti helaian rambut sampai benar benar halus, kemudian menariknya harus dengan tenaga super extra.
  6. Cara membuat permen gulali kapas ini harus sanggat telaten jika tidak nanti akan menjadi kristal-kristal kecil yang sanggat kasar.
  7. Jika sudah terbentuk seperti apa yang kalian ingginkan, bungkuslah permen gulali kapas atau permen arum manis ke dalam plastik atau juga bisa di toples yang tertutup sangat rapat agar gulali tidak terpapar udara secara langsung dan membuatnya akan mengeras atau ukuran dri gulali akan mengecil.

Demikian mengenai artikel cara membuat permen gulali kapas yang sangat mudah dengan mengunakan mesin arum manis untuk bisnis usaha UMKM kalian, dan kami juga memiliki beberapa resep alternatif lainya yaitu resep usus crispy juga bisa kalian gunaka untuk usaha UMKM kalian nanti jika kalian inggin benar benar  mencoba usaha ini, cukup sekian dari artikel ini bila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, sampai bertemu di artikel selanjutnya.