manfaat gula aren semut

Manfaat Gula Aren Semut Berikut diAntaranya

Posted on

Hallo sob! Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai manfaat gula aren semut berikut ini adalah artikelnya selamat membaca!

Gula semut adalah gula merah versi bubuk dan sering disebut oleh orang sebagai Gula Kristal.

Bunga jantan pohon enau dikumpulkan terlebih dahulu di bumbung bambu. Untuk mencegah getah terfermentasi dan getah yang telah mengalami fermentasi maka gula tidak dapat dibuat, sehingga pada umbi bambu ditambahkan laru atau kawao yang berfungsi sebagai pengawet alami.

Setelah jumlah mencukupi, getahnya direbus di atas kompor dalam wajan besar. Kayu terbaik untuk memasak gula aren berasal dari kayu aren tua. Karena kalori tersebut lebih tinggi dari kayu bakar biasa, maka proses memasaknya juga lebih cepat.

Meski begitu, api tidak boleh terlalu tinggi agar bisa masuk ke dalam wajan dan menjilat serta membakar gula yang sedang dimasak. Saat ini terjadi gula akan gosong, akan terasa pahit dan menghitam. Dalam membuat gula aren semut bisa menggunakan mesin gula semut.

Ada berbagai macam jenis gula yang Anda konsumsi, salah satunya gula semut. Gula semut adalah gula merah versi bubuk dan sering disebut oleh orang sebagai gula kristal. Disebut semut gula karena bentuk gula ini mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah.

manfaat gula aren semut

Bahan dasar pembuatan gula semut adalah nira dari pohon kelapa atau pohon aren (aren). Karena kedua pohon ini termasuk jenis palmae, maka dalam bahasa asing pada umumnya gula semut hanya disebut dengan Aren atau Palm Zuiker.

Gula semut lebih praktis dibandingkan gula merah. Selain itu gula semut lebih mudah larut dalam air karena kandungan air pada gulanya kecil, memiliki rasa yang manis, dan memiliki aroma yang sangat khas. Gula semut juga lebih tahan lama. Gula semut memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut.

  1. Menambah antusiasme.

Jika selama ini Anda merasa kehilangan semangat karena energi dalam tubuh Anda menurun, maka mulai sekarang ada baiknya manfaatkan manfaat yang diberikan oleh semut gula. Gula semut memiliki kandungan kalori yang rendah. Namun, hal ini justru bisa memicu peningkatan energi Anda untuk energi dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Tambahkan saja gula semut sebagai pengganti gula untuk minuman manis Anda di pagi hari.

  1. Mencegah anemia.

Anemia terjadi karena kurangnya kemampuan hemoglobin, suatu senyawa dalam sel darah merah untuk mengikat oksigen dalam darah merah. Akibat anemia, penderitanya akan mengalami sesak napas, kelelahan, dan kurang semangat dalam menjalani hari-harinya.

Cara mencegah anemia adalah dengan mengkonsumsi gula semut sebagai pemanis tambahan pada minuman seperti teh. Saat membuat teh, gantilah gula putih yang biasa digunakan dengan gula semut. Kemudian minum tehnya di pagi hari. Ini karena gula semut memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga baik untuk mencegah anemia.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Gula semut mengandung senyawa yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit dari luar. Minum air putih dari gula semut secara rutin dan seimbangkan dengan olahraga.

  1. Memperbaiki sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang lancar sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh karena suplai kebutuhan organ dalam tubuh akan darah cukup mencukupi. Sehingga kinerja organ tersebut maksimal. Untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh, ada banyak bahan alami yang bisa membantu.

  1. Menjaga kolesterol tubuh.

Kolesterol dalam tubuh harus dijaga dalam jumlah yang normal. Saat kadar kolesterol naik, dapat memacu berbagai komplikasi di tubuh, termasuk penyakit jantung. Untuk itu, menjaga kolesterol ibarat santai-santai saja. Penderita kolesterol disarankan untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Gula semut mengandung niasin yang baik untuk menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh saat kadar kolesterol naik.

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai manfaat gula aren semut yang bisa saya sampaikan semoga artikel yang saya buat berguna bagi kalian sekian terimakasih.