Liburan Tanpa Keluar Uang Banyak? Simak 5 Tips Traveling Hemat Ini!

Posted on

Banyak orang yang memiliki hobi traveling namun terhalang dengan biaya anggaran yang mahal. Padahal, apabila telah disusun dengan konsep yang matang, budget yang akan dikeluarkan akan sangat minim sekali.

Nah, Anda mau tau apa saja tips traveling hemat budget? Yuk simak baik-baik tips berikut ini dengan traveling yang tetap menyenangkan.

Rencanakan Jauh-jauh Hari

Sebelum Anda melakukan traveling, hal pertama yang harus dilakukan adalah riset kecil terkait tujuan wisata Anda. Dengan perkembangan teknologi dan banyaknya informasi di internet, Anda bisa mendapatkan dengan mudah secara detail dan lengkap terkait tempat tujuan wisata yang Anda incar.

Selain mencari informasi melalui internet, Anda bisa juga bertanya kepada kerabat yang suka traveling agar persiapan Anda jauh lebih matang. Dengan Rencana yang sudah Anda buat akan mengetahui hal-hal yang penting yang harus disipkan untuk melakukan traveling.

Anda bisa memulai dengan merinci dari jadwal check in atau check out sampai kegiatan inti yang tidak ingin ditinggalkan saat liburan. Rencanakan juga planning B untuk mengganti kegiatan inti apabila terhalang, supaya ketika sudah hari H tidak kebingungan.

Berlibur di Low Season

Banyak yang gak sadar dan jarang dilakukan oleh orang-orang dengan tips yang satu ini. Traveling di low season adalah berlibur namun bukan pada musim liburan, melainkan liburan dihari-hari biasa, yang banyak orang masih sibuk dengan aktivitas sehari-hari.

Makan dengan tips ini, Anda bisa mendapatkan tiket pesawat dan akomodasi yang lebih murah, yang pada biasanya saat musim liburan pengusaha jasa traveling atau transportasi menaikkan harga dari harga normalnya.

Atur Keuangan

Setelah Anda merencanakan dengan matang dengan wisata yang akan dituju, hal selanjutnya yaitu mengatur rincian keuangan dari kegiatan traveling Anda. Agar memanage dengan rinci, Anda bisa memulainya dengan menetukan budget minimal dan maksimal di setiap tempat tujuan wisata, baik itu transportasi, makan, akomodasi, dan obyek wisata yang akan dimasuki.  Jangan lupa juga mencatan setiap pengeluaran saat traveling.

Rajin Cek Promo

Jika Anda menginginkan traveling yang hemat biaya, salah satu menekan pengeluaran mengenai akomodasi transportasi maupun penginapan. Untuk mendapatkan tiket pesawat atau penginapan yang murah ada beberapa opsi yang bisa dipilih.

Hal pertama adalah mengecek harga tiket pesawat, kereta api, travel atau bus secara berkala di situs-situs pemesanan online. Terkadang beberapa maskapai atau perusahaan transportasi meberikan promo atau diskon dibulan-bulan tertentu. Sehingga, dengan cek secara berkala Anda bisa mendapatkan tiket yang bisa lebih murah.

Gunakan Angkutan Umum

Saat menuju ke destinasi wisata atau penginapan usahakan untuk menggunakan angkutan umum seperti bus atau pakai jasa travel Jogja reguler. Banyak manfaat yang Anda bisa dapat jika menggunakan tips ini pada traveling Anda. Hal yang paling penting adalah menghemat pengeluaran dari anggaran liburan. Selain itu Anda bisa lebih leluasa berpindah-pindah obyek wisata sesuka hati.