Mari Cari Tahu Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan Kita

Posted on
khasiat buah pinang untuk
Ilustrasi Buah Pinang

Khasiat buah pinang untuk kesehatan – Baik tanaman pinang maupun buahnya dapat dimanfaatkan secara optimal. Banyak manfaat bisa didapatkan dari buah pinang asalkan diolah dengan baik dan benar sesuai dosis.

Sebagian besar masyarakat tradisional Indonesia di persinggahan Malaka menggunakan buah pinang dengan cara tradisional. Buah pinang dibelah kemudian dibuat menyirih (kunyah mentah) yang dicampur dengan daun sirih atau tembakau untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Buah pinang yang matang bisa langsung menjemur pinang di bawah terik matahari, hingga buah berubah warna menjadi coklat dan kulit buah mulai terkelupas seperti benang atau rambut.

Setelah itu buah kering yang sempurna bisa langsung dikupas atau dipotong dua menggunakan alat pemecah pinang. Setelah dikupas, jemur kembali pinang langsung di bawah sinar matahari. Dengan demikian, kadar air pada buah yang dapat menyebabkan terbentuknya jamur dapat dikurangi.

Lama penjemuran buah pinang pada proses kedua adalah 50 jam atau 4 hari. Buah pinang yang masih banyak mengandung air dapat mempengaruhi harga jual. Setelah buah pinang benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah proses pengemasan. Untuk packing bisa menggunakan kantong plastik / goni atau kantong sabut.

Pinang kering sudah siap untuk didistribusikan ke pedagang, pengumpul atau agen untuk selanjutnya dikirim ke pabrik pengolahan pinang. Sehingga dapat dibuat menjadi berbagai bahan yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga : Apakah Minyak Kelapa Murni dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Khasiat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Meski pahit, pinang konon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Mencegah gigi berlubang

Pada zaman dahulu banyak orang mengunyah buah pinang karena dipercaya dapat menguatkan gigi dan gusi dengan baik. Kandungan anti-bakteri dari Pinang memang bisa digunakan untuk mengurangi bakteri penyebab kerusakan gigi.

Oleh karena itu, buah ini bisa dijadikan obat untuk membuat kesehatan mulut lebih terjaga, terutama untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi.

2. Mengobati mulut kering

Mengunyah buah pinang juga bisa menyebabkan air liur. Oleh karena itu, kebiasaan orang mengunyah buah pinang sangat membantu dalam mengatasi mulut kering.

Perlu diperhatikan bahwa mengunyah buah pinang secara langsung pasti akan menimbulkan efek samping. Efek samping ini termasuk perubahan warna pada gigi, sehingga mengunyah pinang terus menerus tidak dianjurkan.

3. Membantu mencegah stroke – Khasiat buah pinang untuk kesehatan

Buah pinang dipercaya dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara, meningkatkan kekuatan fisik, dan mengaktifkan fungsi kandung kemih. Juga, tanaman pinang ini dipercaya dapat mencegah penyakit stroke.

4. Meningkatkan energi dalam tubuh

Kandungan senyawa alkoid pada buah pinang dapat memicu munculnya hormon adrenalin sehingga dapat seolah-olah mengisi kembali energi bagi tubuh manusia. Pada kesempatan lain, buah ini sering digunakan sebagai stimulan untuk meningkatkan libido, baik pria maupun wanita.

5. Meredakan gangguan kecemasan

Selanjutnya, manfaat buah pinang adalah dapat digunakan untuk menjaga kesehatan mental. Kesehatan mental di sini mengacu pada gejala depresi yang dialami seseorang. Artinya, pinang dipercaya bisa menurunkan kadar hormon kortisol yang bisa menyebabkan stres. Maka karena itu, diyakini bahwa pinang membantu meredakan kecemasan seseorang.

6. Mencegah dan mengatasi darah rendah

Kandungan tanin dan potasium yang tinggi dari pinang sangat membantu dalam menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Efek ini membuat pinang aman dan baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

7. Mencegah dan mengatasi anemia

Zat besi yang terkandung pada buah pinang yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah berguna untuk mencegah dan mengatasi kekurangan darah atau anemia.

Selain mengonsumsi pinang, anemia juga bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kedelai.

Biasanya buah pinang dianggap sebagai suplemen herbal atau makanan kesehatan. Akan tetapi tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu banyak dalam waktu yang cukup lama. Jika anda mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya harap segera hubungi petugas medis terdekat agar mendapatkan pertolongan medis secepatnya.

Artikel menarik lain jangan sampai terlewatkan Pengobat Rindu Angkringan Jogja, Rsep Telur Puyuh Bacem