Keset Welcome Dari Sabut Kelapa

Posted on

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa Produk dengan bahan baku serat alam saat ini memang telah dikembangkan sebagai upaya pemanfaatan bahan alam yang memiliki nilai rendah menjadi bernilai tinggi, salah satunya itu sabut kelapa. Penggunaan serat alam saat ini masih dimanfaatkan untuk bahan kerajinan dengan teknologi rendah dan harga murah.

Apalagi seperti yang kita ketahui, jumlah produksi buah kelapa yang besar dapat meningkatkan limbah sabut kelapa, karena tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pengrajin menjadi produk bernilai guna tinggi.

Pemanfaatan sabut kelapa yang kurang optimal dikarenakan belum intensifnya pelatihan kepada para pengrajin untuk meningkatkan nilai tambah produk yang dibuat dan kualitas sabut kelapa yang rendah.

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa

Keset Welcome Dari Sabut Kelapa

Pembuatan keset dari sabut kelapa semuanya dikerjakan dengan tenaga manusia, kecuali pemisahan sabut/serabut kelapa dengan serbuknya menggunakan mesin pengurai sabut kelapa. Berikut cara pembuatannya…

Alat Dan Bahan

  • Sabut Kelapa
  • Palu
  • Pusau/Gunting besar buat finishing

Cara Membuat

  1. Siapakan tepat buat menganyam sabut (bisa dengan tiang memanjang)
  2. Siapkan tali yang akan dijadikaan alur untuk di anyam.
  3. Anyam sabut kelapa (seperti menenun), masukkan dari atas, ditata sejajar sampai semua tersisi penuh.
  4. Setiap kali dapat satu baris,repatkan dengan memukul2 dari atas agar keset penuh & kuat.
  5. Rapikan dengan pisau/gunting sisa-sisa sabut kelapa.

Manfaat Sabut Kelapa

Tidak hanya manfaat bagian kelapa tersebut, ternyata masih ada satu lagi bagian dari kelapa yang bisa dimanfaatkan, yaitu sabut kelapa. Meskipun merupakan salah satu jenis limbah, namun demikian, manfaat sabut kelapa ternyata digunakan menjadi banyak hal. Apa saja manfaat dari sabut kelapa? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Pembuatan sapu ijuk

Sapu ijuk sepertinya meruapakn salah satu jenis peralatan rumah tangga yang tidak dapat lepas dari kehidupan bersih-bersih dari ibu rumah tangga atapun asisten rumah tangga. Ya, sapu ijuk merupakan salah satu jenis sapu yang salah satunya dibuat dengan menggunakan limbah dari pengolahan kelapa, yaitu sabut kelapa.

Manfaat sabut kelapa yang sudah kering biasanya akan diolah sedemikian rupa. Pada akhirnya nanti akan terbentuk menjadi serabut-serabut tipis, yang diikat dan dijadikan satu menjadi bentuk sapu ijuk, yang sering kita gunakan sehari-harinya.

2. Media pembakaran pengganti kertas

Bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa, pasti juga sering memanfaatkan sabut kelapa sebagai salah satu media untuk membakar batok kelapa tersebut. Anda juga dapat melihat kegiatan pemanfaatan sabut kelapa sebagai alat pembakaran ini pada restoran restoran padang sebagai pengganti kertas. Hal ini disebabkan oleh sifat alami dari sabut kelapa itu sendiri yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang baik.

3, Pembuatan pupuk organik

Siapa sangka, ternyata manfaat sabut kelapa pun dapat diolah dan juga dimanfaatkan menjadi salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang dibuat dengan menggunakan sabut kelapa ini mampu untuk menyimpang air 60% lebih banyak dibandingkan pupuk biasa. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi daerah yang memiliki curah hujan yang rendah atau daerah yang sedang mengalami kekeringan.

Selain itu, sabut kelapa juga emiliki kandungan unsur hara dan juga mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan dari tanaman, sehingga memang sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pembuatan pupuk organic.

4. Menetralisir air dan bau semen pada kolam ikan yang bar dibuat

Bagi para pengusaha ikan, baik itu ikan hias maupun ikan ternak yang ditempatkan pada kolam-kolam semen, pastinya sabut kelapa sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, sabut kelapa sering dimanfaatkan untuk menetralisir kandungan air yang ada pada kolam yang baru selesai dibuat, dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen dari kolam tersebut.

Mengapa? Karena ikan yang langsung dimasukkan ke dalam kolam yang baru dibuat kemungkinan akan mati. Hal ini dikarenakan ikan tidak tahan dengan campuran air dan juga bau semen yang baru.

5. Pembuatan briket ramah lingkungan

Ternyata, sabut kelapa juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk pembuatan briket. Selama ini, yang kita kenal, briket hanyalah terbuat dari batubara, namun demikian, ternyata briket juga dapat diolah da dibuat dari limbah, salah satunya adalah sabut kelapa.

Hal ini tentu saja merupakan suatu penemuan yang menarik, karena selain ramah lingkungan, biaya produksi dari pembuatan briket pun akan jauh lebih murah dibandingkan menggunakan batbara.

6. Pembuatan kerajinan tangan

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan berbagai macam suku bangsa. Dengan berbagai macam suku bangsa ini pulalah, Indonesia juga memiliki berbagai macam jenis kerajinan tangan yang unuik dan juga menarik. Salah satu kerajinan tangan yang menarik adalah pemanfaatkan sabut kelapa yang dibuat menjadi bentuk tas, dompet, dan juga bentuk – bentuk hiasan dan pajangan.

Selain Keset Welcome Dari Sabut Kelapa, ada juga cocomesh jaring sabut kelapa yang merupakan produk dari sabut kelapa.

Anda bisa menemukan orang yang jual cocomesh murah dan berkualitas dimana mana termasuk di toko – toko peralatan rumah tangga.