Keripik Singkong Balado

Posted on

Hai semuanya, jadi aku di sini akan membuatkan resep keripik singkong balado untuk kalian,

Siapa sih yang enggak tahu menahu tentang keripik ini? Aku yakin banget hampir seluruh masyarakat di Indonesia tahu tentang salah satu makanan tradisional bernama keripik ini.

Kalo yang kemarin-kemarin aku membuat resep tentang keripik dari aneka buah dan sayur. Kali ini aku akan membuat keripik singkong ya temen-temen.

Oke langsung aja kita ke resep keripik singkong balado, Namun sebelum kalian benar-benar berlanjut ke resep keripik singkong balado. Kalian  harus mengetahui terlebih dahulu sedikit tentang apa itu keripik singkong serta searahnya.

Dan kamu juga dapat menggunakan mesin pemotong singkong agar lebih memudahkan kalian dalam pembuatan keripik singkong ini.

Yuk di simak penelasannya di bawah yang telah aku paparkan dan telahku siapkan secara khusus untuk kalian.

 

Apa Itu Singkong?

resep keripik singkong

Ketela pohon atau yang biasa kita kenal dengan nama Singkong atau ubi kayu, merupakan sebuah pohon tahunan tropika dan subtropika yang berasal dari keluarga Euphorbiaceae.

Singkong ini biasanya dijadikan olahan pangan, hal ini dikarenakan kandungan karbohidratnya yang tinggi, sedangkan daun singkongnya biasa dijadikan sebagai sayuran.

 

Sejarah Keripik Singkong

Keripik singkong merupakan makanan yang berasal dari Sulawesi selatan, yang terbuat dari singkong yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng.

Biasanya rasa keripik ini adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan yang semakin pesat sehingga sekarang banyak jenis keripik serta memunculkan variasi rasa keripik singkong,

Tidak hanya rasanya yang asin dan gurih akan tetapi keripik singkong ini juga memiliki rasa asin pedas dan manis, pedas atau dikenal sebagai bumbu balado. Makanan ini tersebar luas dan hampir merata di seluruh Pulau Jawa.

 

Keripik Singkong Balado

keripik singkong balado

 

Bahan – Bahan :

  • Singkong kualitas bagus 2-3 Kg
  • Soda Kue 1/2-1 SDM
  • Minyak Goreng 1 liter
  • Cabai keriting 1 ons
  • Bawang putih 4 siung
  • Air asam Jawa 30 ml
  • Gula pasir  3 SDM
  • Gula merah 1 biji

 

Cara Membuat :

  1. Kupas bersihlah kulit singkong, lalu cuci dan kerik bagian luar singkong serta cuci lagi sampai bersih
  2. Potong singkong tipis – tipis, dengan menggunakan pisau tajam ya temen-temen (atau kalian juga dapat menggunakan mesin pemotong singkong ini), lakukan sampai singkong habis
  3. Kemudian cuci lagi singkong yang sudah di potong sampai bersih atau air menjadi bening (me : 4-6 kali pencucian)
  4. Setelah itu, rendamlah singkong dengan 1/2-1 SDM soda kue, aduk rata lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit – 1 jam. dan sisihkan
  5. Selanjutnya gorenglah singkong yang sudah di rendam tadi ke dalam minyak goreng panas (harus panas ya temen-temen, agar singkong tidak menempel 1 sama lainnya, ataupun menggumpal), kemudian aduk dan tunggulah sampai keripik matang, jika sudah matang dengan warna yang agak keemasan, angkat dan tiriskan. lakukanlah ini sampai keripik singkong habis.
  6. Bumbu Balado : haluskan cabai, bawang putih sampai halus. lalu tumis menggunakan minyak sedikit sampai harum, masukan air asam Jawa, gula merah dan gula pasir, aduk rata, masak sampai air habis (bumbu kental, di mana fungsinya biar keripik tidak melempem kalo di campur), dinginkan
  7. Masukan keripik ke sambal balado yang sudah dingin, lalu aduk keripik singkong sampai seluruh bumbu baladonya menyebar rata.

 

Manfaat

1. Rendah Indeks Glikemik

Menurut tabel Indeks Glikemik (IG) Harvard Medical School, per 100 gram singkong rebus hanya memuat sekitar 55 IG. Jumlah tersebut masih tergolong rendah. Itu artinya, singkong rebus yang kalian konsumsi saat diet tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

 

2. Mengontrol Kolesterol

Dalam mengonsumsi singkong rebus selama kalian diet dapat berpengaruh dalam mengontrol kadar kolesterol untuk tetap baik dan stabil.

Berdasarkan jurnal yang berjudul Sweet Potato and Cassava Can Modify Cholesterol Profile in Humans with Moderately Raised Serum Cholesterol Levels pada 2013

Menunjukkan bahwa singkong rebus ini juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) serta dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL).

 

3. Meningkatkan Energi

Kalori per 100 gram yang terdapat pada singkong rebus sekitar 112 KKAL dan terdiri dari karbohidrat yang dapat menyumbang kebutuhan energi dalam tubuh.

Selain berguna untuk meningkatkan energi harian pada tubuh, pengaruh lainnya yang dapat meningkatkan kerja otak lebih efisien adalah selalu mengonsumsi singkong.

 

4. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Karbohidrat kompleks dalam sebuah singkong rebus ternyata juga dapat membantu mempertahankan berat badan pada seseorang agar berat badannya tetap ideal.

Tidak hanya itu, serat yang tinggi, lemak, serta kalori sehat yang terkandung dalam singkong rebus, juga dapat memberi efek kenyang dan menghindari kalian untuk makan berlebih.

 

5. Sumber Pati Resisten

Singkong rebus mengandung sumber pati resisten tinggi yang sifatnya sejenis serat larut dan berguna melancarkan pencernaan.

Pati resisten berkontribusi dalam memberi makan ke bakteri yang menguntungkan usus Anda, sehingga mampu mencegah sembelit (konstipasi).