kerajinan sampah plastik
Pada artikel ini akan menjelaskan praktek pengolahan sampah plastik , dan juga tips pengolahan sampah plastik dengan berbagai triknya, mari kita simak artikel dibawah ini. Pada masa sekarang banyak sekali bahan – bahan yang terbuat dari plastik, dari mulai barang yang dibuat dari plastik, alat makan, alat olahraga, bahkan plastik sekarang sudah dipakai diberbagai barang dalam bidang apapun. hal ini menyebabkan kebanyakan sampah sampah disumbang oleh plastik, sedangkan plastik sendiri diurai oleh tanah membutuhkan waktu yang sangat lama, sedangkan potensi plastik semakin bertambah setiap harinya. oleh karena itu kita harus mengerti mengenai praktek pengolahan sampah plastik agar membantu bumi kita agar tetap bersih dan sehat.

Kerajinan Limbah Plastik

Posted on

Pada artikel ini akan menjelaskan praktek pengolahan sampah plastik , dan juga tips pengolahan sampah plastik dengan berbagai triknya, mari kita simak artikel dibawah ini.

Pada masa sekarang banyak sekali bahan – bahan yang terbuat dari plastik, dari mulai barang yang dibuat dari plastik, alat makan, alat olahraga, bahkan plastik sekarang sudah dipakai diberbagai barang dalam bidang apapun.

hal ini menyebabkan kebanyakan sampah sampah disumbang oleh plastik, sedangkan plastik sendiri diurai oleh tanah membutuhkan waktu yang sangat lama, sedangkan potensi plastik semakin bertambah setiap harinya.

oleh karena itu kita harus mengerti mengenai praktek pengolahan sampah plastik agar membantu bumi kita agar tetap bersih dan sehat.

Definisi Plastik

Plastik adalah salah satu bentuk polimer yang terdiri dari rantai panjang atau rangkaian molekul yang lebih kecil yang dikenal sebagai monomer. Dalam kimia, suatu monomer (dari bahasa Yunani mono “satu” dan meros “bagian”) adalah struktur molekul yang dapat berikatan secara kimia dengan monomer lainnya untuk menyusun molekul polimer yang panjang dan berulang-ulang.

Monomer dapat berupa hidrokarbon, gula, asam amino, atau asam lemak. Monomer juga tersusun dari atom yang biasanya diambil dari bahan alami atau organik dan sering diklasifikasikan sebagai petrokimia. Segala macam monomer dapat dimanfaatkan dalam pembuatan plastik.

Minyak mentah dan gas alam merupakan sumber pembuat monomer populer yang meliputi jenis stirena, vinil klorida, dan vinil asetat. Polimer dibuat dengan merangkaikan rantai monomer yang dapat dilakukan dengan metode thermosetting dan thermoplastic.

Pada metode thermosetting, monomer cair dituangkan ke dalam cetakan dan dibiarkan dingin. Monomer cair memiliki bentuk permanen sehingga produk yang dihasilkan bersifat tahan lama.Dengan pendekatan thermoplastic, monomer cair dipanaskan dan perlahan-lahan dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, produk kemudian didinginkan hingga menjadi item yang diinginkan.

Sementara plastik umumnya dianggap sebagai produk yang murah, plastik dapat pula diproses menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Plastik dapat diolah lebih lanjut sehingga memiliki karakteristik tahan panas maupun dingin. Komponen mobil atau pesawat terbang merupakan contoh plastik yang memiliki kualitas tinggi.

Baca juga artikel menenai Cara Membuat Minyak Kelapa VCO yang Mudah Dicoba Bagi Pemula

selain itu limbah plastik ang berserakan juga bisa digunakan sebagaai bagang yang berharga loh, limbah akan berharga tergantung pada tangan siapa limbah tersebut diolah, jika ditangan orang yang menyukai kerajinan maka limbah akan berharga. berikut ini merupakkan beberapa olahan yang bisa anda buat sendiri dengan bahan limbah plastik :

  1. pot tanaman gantung
  2. mainan robot – robotan
  3. tempat pensil yang dibuat dari limbah plastik
  4. celengan anak yang dibuat dari botol plastik bekas
  5. bunga hiasan
  6. keranjang sampah
  7. perahu – perahuan yang dibuat dari botol plastik bekas
  8. pot tanaman vertikal
  9. tempat pakan burung
  10. tikar cantik dari plastik

Itu dia cara praktek pengolahan sampah plastik yang bisa kalian coba buat dirumah. Bahan – bahan yang sederhana dan juga langkah – langkah yang mudah, pasti kalian juga bisa mencobanya sendiri dirumah tanpa repot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua terutama bagi kalian yang sedang mencari cara praktek pengolahan sampah plastik, dan kalian sudah tahu sekarang silahkan mencobanya.

Jangan lupa share artikel ini ke teman – teman, sahabat atau saudara ya, agar semakin banyak orang – orang yang mahir dengan pengolahan sampah plastik diatas. Terima kasih sudah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya dan cara yang menarik lainnya…!!