Kegunaan Minyak Cengkeh

Posted on

Tahukah Anda segudang kegunann minyak cengkeh, terutama dalam industri kesehatan. Senyawa yang dikandungnya sangat dibutuhkan. Senyawa tersebut salah satunya adalah Eugenol yang memiliki sifat antiseptik dan anestesi. Selain Eugenol. Ia juga memiliki kandungan yang sangat berguna dalam dunia medis, seperti antibakteri, antimikroba dan juga sebagai aromaterapi.

Selain itu, minyak cengkeh memiliki berbagai kegunaan, tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga untuk kosmetik, bahan makanan dan minuman, parfum, obat-obatan, bahkan dapat digunakan sebagai bahan peledak dan minyak pesawat ulang-alik.

kegunaan minyak cengkeh

Oleh karena itu tidak heran jika minyak ini juga dijadikan sebagai barang ekspor dengan harga yang cenderung stabil. Cara melakukannya sebenarnya sangat sederhana. Daun yang dikumpulkan biasanya akan ditempatkan di dalam ketel tempat daun kunci diproses.

Kegunaan Minyak Cengkeh

Di atas ketel terdapat sebuah alat khusus yang berguna untuk menyalurkan uap dari cengkeh ke dalam pipa khusus yang berada pada kolam atau melalui proses penyulingan. Pipa-pipa ini membawa air dan minyak. Minyak akan turun secara otomatis karena memiliki berat massa yang berbeda dengan air. Nah, minyak ini adalah yang kita ambil.

Perawatan Gigi

Selain bersifat antiseptik, minyak ini juga memiliki sifat antibakteri, yang membuat minyak atsiri ini cukup efektif meredakan sakit gigi, gusi bengkak, dan sariawan.

Minyak cengkeh memiliki kandungan berupa senyawa eugenol, yang sudah digunakan dalam kedokteran gigi selama bertahun-tahun. Berkumurlah dengan antiseptik yang diencerkan dengan air ini untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan dan iritasi.

Bau khas minyak juga membantu menghilangkan bau mulut. Tetapi Anda juga harus berhati-hati saat menggunakannya di mulut Anda, karena sangat kuat dan dapat menyebabkan luka bakar di mulut Anda jika digunakan secara tidak benar.

Perawatan Kulit

Minyak cengkeh juga sering direkomendasikan dalam dunia kecantikan untuk perawatan kulit, terutama untuk masalah jerawat. Agar dapat digunakan secara optimal, efek terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah saat menggunakan minyak dalam bentuk cair yang dioleskan dengan kain bersih dan kering.

Minyak kunci juga telah ditemukan dalam berbagai produk untuk mengurangi efek penuaan, seperti kerutan, kulit kendur dan meremajakan kulit wajah, karena khasiatnya yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit dan membuat wajah terlihat muda.

Mengatasi Stres

Minyak cengkeh dikenal sebagai afrodisiak alami, sehingga juga bertindak sebagai analgesik yang sangat baik. Efeknya dapat merangsang pikiran dan menghilangkan kelelahan mental.

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, dapat menyegarkan pikiran dan merangsang fungsi otak, sehingga Anda akan merasa lebih segar dan rileks. Minyak ini juga dapat menginduksi tidur, sehingga akan sangat berguna untuk insomnia.

Selain itu, minyak cengkeh juga bermanfaat dalam mengobati gangguan seperti depresi dan kecemasan.

Meredakan Sakit Kepala

Ketika dicampur dengan garam dan dioleskan ke dahi, minyak esensial ini akan memberikan efek menyegarkan dan membantu meredakan sakit kepala. Minyak cengkeh mengandung banyak flavonoid, yang merupakan agen anti-inflamasi. Jadi, ketika kita oleskan ke kulit atau leher, sifat anti-inflamasinya akan membantu meredakan peradangan. Sehingga mampu meredam ketegangan yang sering menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, minyak cengkeh juga dapat digunakan sebagai analgesik pada bagian tubuh lainnya, seperti persendian dan otot akibat terlalu banyak bekerja, serta membantu mengurangi peradangan atau peradangan.

Menyembuhkan dan Melegakan Pernapasan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, minyak atsiri ini memiliki efek mendinginkan dan anti inflamasi, sehingga juga sering digunakan untuk membersihkan rongga hidung.

Ekspektoran ini bermanfaat untuk berbagai gangguan pernafasan seperti batuk, pilek, bronkitis, asma, sinusitis dan TBC. Secara tradisional dianjurkan untuk mengunyah kunci untuk meredakan sakit tenggorokan.

Gangguan Pencernaan

Minyak ini juga efektif dalam mengobati masalah tradisional yang berhubungan dengan perut, seperti cegukan, gangguan pencernaan, mabuk perjalanan dan perut kembung. Oleh karena itu, cengkeh merupakan salah satu bumbu yang ditambahkan pada berbagai jenis masakan.

Mual

Minyak esensial ini juga membantu mengurangi mual dan muntah, dan sering digunakan untuk mengobati ketidaknyamanan yang disebabkan oleh mual di pagi hari selama kehamilan. Itu juga kadang-kadang digunakan sebagai aromaterapi atau dioleskan ke bantal di malam hari untuk inhalasi jangka panjang.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Minyak cengkeh dapat meningkatkan metabolisme tubuh, melancarkan peredaran darah dan menurunkan suhu tubuh. Peningkatan sirkulasi darah ini biasanya berarti juga akan mengurangi ketegangan di pembuluh darah, yang merupakan penyebab masalah umum yang terkait dengan sakit kepala yang biasa kita rasakan.

Selain itu, peningkatan sirkulasi darah akan meningkatkan oksigenasi darah dan sistem organ, yang meningkatkan metabolisme dan meningkatkan efisiensi organ.

Pembersihan Darah

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak aroma minyak cengkeh dapat mengurangi toksisitas darah dan merangsang aktivitas antioksidan di seluruh tubuh. Dengan demikian, efeknya akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membersihkan trombosit.

Pencegahan Infeksi

Dikarenakan dalam minyak cengkeh terdapat kandungan antiseptik, minyak ini bisa berguna untuk meringankan serta juga menyembuhkan luka, kudis, infeksi jamur, memar, biang keringat, serta juga bisa mengobati gigitan atau sengatan serangga. Minyak cengkeh ini merupakan salah satu minyak alami yang sangat kuat, sehingga harus selalu digunakan setelah diencerkan, serta juga tidak boleh dipakai oleh dengan orang yang memiliki kulit sensitif.

Sistem Kekebalan Tubuh

Sifat antivirus dan pembersihan darah sifat minyak esensial ini akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap banyak penyakit. Antioksidan yang ada dalam minyak esensial ini akan menghilangkan radikal bebas berbahaya, yang merupakan penyebab umum penyakit seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Mengatasi Gejala Sty

Cengkih dan minyaknya adalah obat tradisional yang sangat efektif untuk mengobati otak. Bagi Anda yang belum tahu, tembel merupakan peradangan pada bulu mata dan bisa menjadi kondisi yang menyakitkan. Gaya ini tidak hanya menyakitkan, tetapi juga mengganggu berfungsinya mata.

Pengusir Serangga

Ini karena uap minyak sangat kuat untuk indera penciuman banyak serangga. Secara tradisional, beberapa tetes di kasur di malam hari akan mengusir serangga.

Faktor Kualitas Produksi Minyak Cengkeh

Pemilihan bahan baku

Daun cengkeh yang kering, bersih, serta tidak adanya campuran dengan bahan lain akan menghasilkan minyak dengan kualitas yang diinginkan.

Proses produksi

Kualitas minyak daun kunci dipengaruhi oleh kondisi peralatan yang digunakan, seperti mesin cengkeh, dan juga waktu proses penyulingan. Ketel dengan bahan anti karat akan menghasilkan minyak daun kunci yang lebih baik daripada distilasi menggunakan ketel plat besi biasa, apalagi dengan drum timah biasa. Waktu penyulingan yang relativ lebih singkat juga mempengaruhi kualitas dari minyak daun cengkeh yang dihasilkan.

Penanganan produksi

Minyak daun kunci untuk disimpan dan disimpan dalam gelas, plastik atau bahan antioksidan lainnya akan kehilangan kualitasnya jika disimpan hanya dalam wadah logam berkarat. Minyak daun cengkeh mudah teroksidasi dengan bahan logam.