Karakteristik Sensor Arus ACS 712

Posted on

Sensor Arus ACS 712 atau biasa yang disebut dengan Hall Effect Current sensor adalah modul yang berfungsi untuk mendeteksi aliran arus listrik yang melewatinya. Hall Effect allegro ACS712 adalah sensor yang presisi sebagai sensor arus AC dan DC. Sensor ini banyak digunakan dalam dunia industri, otomotif, komersial dan sistem-sistem komunikasi.

Kebanyakan aplikasi sensor ini dipakai untuk mengontrol motor, proteksi beban berlebih, deteksi beban listrik, dan switched-mode power supplies. Dalam pemasangan sensor ini dipasang seri dengan beban yang akan diukur. Berikut bentuk fisik dari sensor ACS712 bisa dilihat gambar di bawah ini:

Sensor ini bisa mendeteksi dengan ketepatan yang tinggi, karena didalam terdapat sebuah rangkaian low-offseat linier hall dengan satu lintasan yang terbuat dari tembaga. Prinsip kerja pada sensor ini yaitu arus yang mengalir melalui kabel tembaga tersbut menghasilkan medan magnet dan kemudian ditangkap oleh integrated Hall IC dan selanjutnya diubah menjadi tegangan proporsional.

Sensor ini bisa memberikan ketelitian dan pembacaan yang optimal dengan cara pemasangan komponen yang berada didalamnya. Diantaranya yaitu penghantar yang menghasilkan medan magnet dengan hall transducer secara berdekatan. Misalnya, tegangan proporsional yang rendah akan menghasilkan Bi CMOS Hall IC yang berfungsi sebagai alat untuk ketelitian yang tinggi.

Spesifikasi Sensor ACS712

  1. Sensitivitas output 185 mV/A
  2. Bandwidth sampai dengan 80 kHz
  3. Tahanan konduktor internal 1,2 mΩ
  4. Tegangan kerja 5 VDC
  5. Mampu mengukur arus AC atau DC sampai 30 A
  6. Rise time output = 5 μs
  7. Tegangan output proporsional terhadap input arus AC dan DC
  8. Total kesalahan output 1,5% pada suhu kerja TA=25°C
  9. Tegangan isolasi minimum 2,1 kVRMS antara pin 1-4 dan pin 5-8.

Sensor Arus ACS 712 ini bisa digunakan sebagai sensor proteksi dari beban berlebihan dan juga untuk mendeteksi aliran arus listrik. Banyak sekali yang menggunakan sensor ini pada project yang berbasis mikrokontroler seperti AVR dan Arduino.