Kandungan Nutrisi Nasi Putih dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kandungan Nutrisi Nasi Putih dan Manfaatnya untuk Tubuh

Posted on

Kandungan Nutrisi Nasi Putih dan Manfaatnya untuk Tubuh

Manfaat nasi putih bagi kesehatan yang terutama adalah sumber karbohidrat yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Indonesia menjadi salah satu negeri lumbung padi yang menghasilkan beras-beras berkualitas.

Nasi putih merupakan bahan makanan yang terbuat dari rebusan beras putih. Makanan ini merupakan salah satu makanan pokok yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia setiap harinya. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat nasi ini. Kita pada umumnya mengkonsumsi makanan ini untuk mengganjal perut dan menghilangkan rasa lapar. Padahal sebenarnya nasi putih ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Faktor tersebut yang membuat swasembada beras, yang menciptakan nasi sebagai makanan pokok kebanyakan orang Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, memang banyak mitos terdengar soal nasi yang memicu gejala penyakit diabetas pada kebanyakan orang. Tapi apakah sebahayakah itu nasi, mari kita bahas pada artikel ini.

Manfaat Nasi Bagi Tubuh

Jika kita bicara manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia.

1. Sumber Energi

Nasi adalah jenis makanan pokok yang sangat penting bagi tubuh manusia, tidak heran banyak penduduk dunia makanan pokoknya adalah nasi. Kandungan karbohidrat dan kalori pada nasi adalah sumber tenaga yang tidak tergantikan. Ia merupakan sumber energi yang cukup besar untuk tubuh.

2. Mendukung pertumbuhan manusia dari bayi sampai tua

Sebagai makanan pokok, nasi dengan detail mingguan beras 5kg merupakan sumber utama untuk mendukung pertumbuhan manusia. Mulai dari bayi hingga orang tua didukung pertumbuhannya oleh nasi. Kandungan zat dan mineral yang ada di nasi, membuatnya adalah sumber terbaik untuk membantu pertumbuhan manusia dan menjadi makanan pokok hingga tua nanti.

3. Meningkatkan mood baik

Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.

4. Mencegah kanker

brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh. Banyak penelitian yang sudah mempercayai itu.

5. Nasi non kolesterol

nasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali ataupun sodium. maka dari itu, nasi pasti juga baik untuk dimasukkan dalam menu diet seimbang.

6. Kaya akan vitamin

Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.

7. Mengobati disentri

manfaat nasi pada kulit arinya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Bahkan orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

8. Baik Untuk Tulang

Nasi merupakan “Vitamin” untuk tulang yang dapat membuat pertumbuhan tulang terbentuk secara sempurna. Kandungan kalsium pada nasi sangat penting untuk membentuk tulang agar menjadi kuat dan mencegah osteoporosis di masa tua.

9. Baik untuk gigi

Pertumbuhan gigi juga di topang oleh nasi, sama sepertinya tulang, kandungan kalsium pada nasi sangat berperan untuk membentuk gigi yang kuat.