manfaat briket arang

Beberapa Kegunaan dan Manfaat Briket Arang Tempurung Kelapa

Posted on

Jaman sekarang ini sudah ada banyak negara, termasuk Indonesia, yang mulai mencari energi alternatif, karena seperti yang sudah kita tua, energi konvensional seperti minyak bumi itu adalah energi yang gak bisa diperbaharui, jadi makin lama ya makin terkikis habis. Ada banyak manfaat briket arang tempurung kelapa mari kita simak saja. Nah ada satu solusi yang berhasil kita temukan, yaitu briket arang temputung kelapa, atau kalau di kalangan masyarakat Indonesia bilangnya briket arang batok kelapa, briket arang ini diolah sebagai pengganti minyak bumi, apalagi briket arang tempurung kelapa ini terkenal sangat ramah lingkungan, jadi ya aman kalau kita gunakan sehari-hari untuk keperluan memasak atau yang lainnya.

Hasil akhir dari pembuatan briket yang jelas ya sebagai bahan bakar alternatif. Briket arang tempurung kelapa (Coconut Shell Briquette) sendiri pada umumnya itu digunakan untuk kebutuhan memasak, membakar tungku, bisa juga untuk membakar ‘sisha’, dan juga digunakan untuk proses memanggang dalam skala indsutri. Briket arang tempurung kelapa ini punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan bahan bakar konvensional yang lainnya, seperti menghasilkan tingkat panas yang tinggi, sangat ramah lingkungan, dan juga merupakan salah satu produk Go Green Energy. Mau tau lebih jelasnya? Simak ulasannya berikut ini.

 

Briket Arang Tempurung Kelapa Sebagai Energi Alternatif

Lapisan terluar dari buah kelapa, atau yang sering kita sebut batok kelapa ini memang punya manfaat yang lumayan besar loh. Karena dari batok atau tempurung kelapa ini yang menjadi bahan baku utama dalam pembuatan briket arang yang menjadi solusi bahan bakar alternatif yang kita butuhkan selama ini. Setelah tempurung kelapanya ini diproses jadi arang tempurung kelapa dan dibuat jadi briket arang kelapa, bisa kita gunakan sebagai pengganti bahan bakar kayu. Jadi gak perlu lagi ada pohon yang ditebang untuk diambil kayunya untuk bisa dijadikan bahan bakar.

Baca Juga : Pirolisis Asap Cair Untuk Anda Yang Mungkin Ingin Memulai Usaha Asap Cair

Ada satu hal yang menarik, batok atau tempurung kelapa ini harganya tergolong murah dan lebih tahan lama waktu dibakar kalau dibandingkan dengan kayu. Gak cuma itu aja, jumlah kalori atau energi panas yang dihasilkan di dalam briket tempurung arang kelapa ini juga lumayan tinggi, jadi bikin proses memasak kita jadi lebih cepat matang.

Keunggulan Briket Arang Tempurung Kelapa

Oke, tadi itu sekilas penjelasan tentang briket arang tempurung kelapa. Sekarang saya mau share apa aja sih keunggulan dari briket arang tempurung kelapa ini, kok sampai banyak di kalangan masyarakat dan industri yang butuh briket arang ini. Briket arang tempurung kelapa ini berdasarkan penelitian memang punya banyak keunggulan kalau kita bandingkan dengan briket berbahan dasar arang kayu atau bahan bakar yang lainnya. Simak uraiannya berikut ini.

  1. Energi terbarukan. Jadi, yang saya maksud dengan energi terbarukan ini adalah energi yang bisa kita peroleh dan bersumber dari sumber daya alam, nah bahan bakunya ini merupakan hasil dari proses alam yang berkelanjutan, jadi gak akan ada habis-habisnya karena selalu terus diproduksi oleh alam. Briket arang tempurung kelapa ini termasuk kategori Biomassa. Biomassa sendiri adalah salah satu jenis energi terbarukan yang mengacu pada bahan biologis yang berasal dari organisme hidup. Beberapa contoh sumber biomassa itu antara lain bahan bakar kayu, kelapa, limbah, dan juga alkohol.
  2. Panas yang dihasilkan maksimal. Gak kayak briket batu bara, ternyata tingkat panas yang dihasilkan briket arang tempurung kelapa ini lumayan tinggi loh, sampai 7000 kal. Jadi merupakan bahan bakar yang tinggi kalori, bikin proses memasak kita jadi lebih cepat matang dengan sempurna.
  3. Tidak beracun. Nah karena proses pembuatan briket tempurung arang kelapa ini memang dibuat dengan proses alami, jadinya briket ini aman untuk kita gunakan. Adanya bahan tambahan ya cuma pada tepung tapioka yang berasal dari singkong sebagai bahan perekat adonan briketnya. Makanya ini menjadikan briket arang tempurung arang kelapa menjadi material yang aman dan gak beracun (non-toxic).
  4. Tidak berasap. Waktu dibakar, biasanya arang itu pasti akan mengeluarkan asap yang banyak, contohnya itu bisa kita lihat kalau kita lagi bakar sate, asap yang mengepul pasti banyak banget, ya meskipun aroma satenya enak sih. Tapi beda dengan briket arang tempurung kelapa ini. Ketika dibakar, asap yang dihasilkan itu sangat sedikit, bahkan hampir gak berasap, jadi ya gak akan mengganggu lingkungan.
  5. Go Green Energy. Ini ini salah satu keunggulan briket arang tempurung kelapa yang paling terkenal. Go Green Energy ini adalah sebutan untuk sumber energi yang bersahabat bagi lingkungan hidup. Ya seperti yang sudah saya bilang tadi, dengan keunggulan briket arang tempurung kelapa yang dibuat dari bahan baku kelapa dan juga bahan tambahan alami tepung tapioka, jadi kalau kita bakar gak akan berasap, makanya briket arang tempurung kelapa ini sangat ramah terhadap lingkungan.
  6. Pengganti batu bara. Kalau kita sering lihat biasanya bahan bakar yang digunakan, khususnya untuk industri itu adalah batu bara. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, berdasarkan beberapa penelitian ternyata eksplorasi batu bara yang dilakukan secara masif itu akan sangat merusak alam. Selain itu, ternyata batu bara pun cenderung dan tergolong beracun kalau asapnya terhisap oleh manusia. Makanya briket arang tempurung kelapa ini bisa menjadi solusi bahan bakar alternatif sebagai pengganti batu bara.
  7. Waktu pembakaran yang lama. Briket arang tempurung kelapa ini punya ‘burning time’ atau waktu pembakaran yang lumayan lama, sekitar 2-3 jam non-stop. Menjadikannya briket ini sebagai bahan bakar yang tergolong efektif dan efisien.
  8. Sebagai alternatif pengganti kompor gas. Hampir semua dari kita pasti selalu pakai kompor gas kalau mau masak kan? Apalagi sekarang harga gas yang terus naik dan juga ketersediaannya yang kadang selalu menipis bikin kita jadi frustasi. Nah makanya seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, sekarang ini beberapa produsen sudah melihat potensi briket arang tempurung kelapa dengan menciptakan kompor briket. Tujuannya itu yang untuk bisa menggantikan kompor gas yang mayoritas digunakan rumah tangga sampai saat ini.

 

Manfaat Briket Arang Tempurung Kelapa

Briket tempurung arang kelapa ini kalau pada umumnya sih biasa digunakan untuk kebutuhan memasak. Masyarakat biasanya menggunakan briket ini untuk memasak berbagai jenis masakan yang prosesnya itu memang harus dibakar terlebih dahulu seperti Barbeque, steak, atau yang lebih sering kita lihat itu bakar sate.

Kalau di negara Timur Tengah, briket ini biasanya digunakan untuk mengkonsumsi ‘sisha’, yaitu semacam rokok yang dihisap melalui alat yang punya beberapa varian rasa, kalau masih belum tau teman-teman bisa googling sendiri ya. Selain itu, di negara Timur Tengah, briket arang ini juga biasa digunakan untuk membakar wewangian ruangan. Kalau negara di Eropa dan Amerika, briket arang tempurung kelapa ini biasanya digunakan untuk penghangat ruangan dan juga pemanas ruangan untuk spa. Tapi sering juga digunakan untuk pembakaran tungku untuk proses memasak.

Jadi, pada dasarnya itu briket adalah bahan yang bisa dibakar, umumnya digunakan sebagai bahan pengganti dari arang konvensional yang biasa kita pakai. Briket arang ini juga punya berbagai macam bentuk, seperti bentuk kotak/kubus, hexagonal, silinder, dan juga bulat. Tujuannya itu untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal dari kandungan arangnya itu sendiri, dan juga membuat produk briketnya jadi terlihat lebih menarik dan rapi.

 

Kandungan Briket Arang Tempurung Kelapa

Ketersedian limbah kayu Meranti Merah di industri penggergajian dan limbahtempurung kelapa di masyarakat mendorong penggunaannya sebagai bahan baku dalam proses pembuatan briket arang. Penelitian untuk mengetahui pengaruh perbedaan komposisi (campuran) bahan baku terhadap kualitas briket arang yang dihasilkan dengan menggunakan komposisi serbuk arang yaitu kayu Meranti Merah 100% (A), kayu MerantiMerah 75% dan tempurung kelapa 25% (B), kayu Meranti Merah 50% dan tempurung kelapa50% (C), kayu Meranti Merah 25% dan tempurung kelapa 75% (D), dan tempurung kelapa 100% (E).

Proses pembuatan arang dilakukan dengan sistem pembakaran langsung padatungku besi dengan memisahkan bahan baku. Proses pembuatan briket menggunakan cetakan silinder dan dikempa dengan mesin kempa bertekanan 20 bar selama 10 menit.Kualitas briket arang diukur melalui pengujian kerapatan, kadar air, keteguhan tekan, kadarzat mudah menguap, kadar abu, karbon terikat, dan nilai kalor yang kemudian dibandingkan dengan standar kualitas briket arang dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan(P3HH), SNI, Jepang, Inggris dan Amerika (Sudrajat, 1982). Dilakukan pula uji aplikasi yaitumembandingkan kecepatan (menit) memasak air dengan bahan bakar lain.

Hasil pengujian briket arang menunjukkan nilai rata-rata kerapatan 0,81-0,92 gr/cm3, kadar air 7,48-7,86%, keteguhan tekan 10,04-43,24 kg/cm2, kadar zat mudah menguap 17,49-21,92%, kadar abu 2,07-4,69%, kadar karbon terikat 73,39-80,44%, nilai kalor 6.428-7.008 kal/g, dan uji aplikasi 12,7-17,3 menit. Kualitas briket arang terbaik dihasilkan dari briket arang komposisi tempurung kelapa 100% yaitu 0,92 gr/cm3, kadar air 7,48%, keteguhan tekan 43,24 kg/cm2, kadar zat mudah menguap 17,49%, kadar abu 2,07%, kadar karbon terikat 80,44%, nilai kalor 7.008 kal/g, dan uji aplikasi 12,7menit. Hasil pengujian terhadap briket arang yang dihasilkan telah memenuhi standar kualitas dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH), dan sebagian memenuhi standar SNI, Jepang, Inggris, dan Amerika.

 

Cara Praktis Membuat Briket Arang Tempurung Kelapa

ECObrasa Pack 10Kg. Briket Karbon Tempurung Kelapa 100% Organik, 3 Jam Barbekyu Tanpa Asap atau Api| | - AliExpress

 

 

Alat dan bahan :

  1. Tempurung kelapa
  2. Tepung kanji
  3. Air
  4. Pipa paralon (bila diperlukan)

Cara Membuat :

  1. Tempurung kelapa dibakar sampai hangus, lalu ditumbuk sampai halus dan di ayak dengan ukuran lolos 50 mesh dan 70 mesh.
  2. Buat adonan dari tepung kanji (air dengan tepung kanji).
  3. Campur bubuk tempurung kelapa dengan adonan kanji.
  4. Bentuk bola – bola kecil atau masukkan pipa paralon, agar mendapat cetakan yang lebih sempurna bisa dengan menggunakan mesin briket arang tempurung kelapa anda bisa membelinya di rumah mesin (dicetak agar bentuknya bagus).
  5. Jemur diterik matahari kurang lebih 1 hari (sampai benar – benar kering).

Proses pembuatan briket adalah sebagai berikut :

  1. Pengarangan
    Serbuk gergaji dan tempurung kelapa dibuat arang dengan pengarangan manual (dibakar).
  2. Pengayakan
    Pengayakan maksud untuk menghasilkan arang serbuk gergajian dan tempurung kelapa yang lembut dan halus. Arang serbuk gergaji diayak dengan saringan ukuran kelolosan 50 mesh dan arang tempurung kelapa dengan ukuran 70 mesh.
  3. Pencampuran media
    Arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa yang telah disaring selanjutnya dicampur dengan perbandingan arang serbuk gergaji 10 % dan arang tempurung kelapa 90 %. Pada saat pencampuran ditambah dengan lem kanji sebanyak 2,5 % dari seluruh campuran arang serbuk gergaji dan tempurung kelapa.
  4. Pencetakan Briket Arang
    Setelah bahan-bahan tersebut dicampur secara merata, selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan briket dan dikempa.

Nah itulah tadi penjelasan tentang manfaat, kandungan dan cara membuat briket arang tempurung kelapa semoga bermanfaat ya. Anda juga bisa membuat briket arang tempurung kelapa ini dirumah dengan cara pembuatan yang sudah di jelaskan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.