beli materai

Inilah Bahaya dari Salah Membeli Materai

Posted on

Belakangan ini, DJP dan Peruri selaku lembaga yang bekerjasama dalam bidang pengadaan dan beli materai mengungkapkan bahwa terjadi praktek pemalsuan materai. Tentunya hal ini sangat bahaya karena mencakup beberapa pihak yang dirugikan.

Oleh karena itu, Anda juga harus tahu kira-kira bahaya apa yang akan terjadi apabila menggunakan materai palsu atau salah. Simak penjelasannya dari awal hingga akhir!

Simak Ini Dia Bahaya Salah Beli Materai

Mungkin Anda sudah tahu bahwa bea materai berfungsi sebagai pajak atas dokumen yang menjadi salah satu sumber penerimaan negara. Kegunaannya untuk membiayai beberapa pembangunan penyelenggaraan negara.

Kasus materai palsu dan salah ini sudah diungkap oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya yang mana ada beberapa masyarakat yang menjualnya dengan harga yang lebih murah. Materai palsu dan salah ini mayoritas nominal 6.000 dan 10.000. Lalu bahaya apa saja yang didapatkan ketika beli materai palsu atau salah?

  1.  Merugikan Negara

Mengingat keberadaan bea materai sudah dilindungi negara dan ada undang-undangnya, maka itu tandanya bahwa segala hal yang berkaitan dengan keluar masuk bea meterai menjadi tanggung jawab negara.

Materai yang palsu atau salah tentunya merugikan negara. Bahkan barang bukti yang ditemukan Polisi di Bandara Soekarno Hatta beberapa waktu yang lalu berpotensi merugikan negara dengan besaran 12,5 miliar.

Tentunya 12,5 miliar bukanlah jumlah yang kecil dan bisa digunakan untuk membangun beberapa sarana publik jika tidak disalah gunakan.

  1.  Dokumen Tidak Sah

Materai yang palsu atau salah tidak akan membuat dokumen tersebut sah. Dalam artian, tidak ada kekuatan hukum yang mengikat atasnya. Jadi apabila terjadi masalah seperti penipuan atau yang lain,  maka dari pihak pengadilan tidak bisa membantu banyak.

  1.  Merugikan Diri Sendiri

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa terbitnya bea materai dilindungi oleh peraturan pemerintah, sehingga bagi siapa saja yang dengan sengaja menjual atau membeli materai salah maka bisa dikenakan sanksi hukum.

Beli materai yang terpercaya hanya di perusahaan yang berhak untuk menerbitkannya, yaitu Peruri. Anda bisa membeli beberapa platform digital seperti materai elektronik untuk menjamin keaslian dan keabsahan dokumen, terhindar dari sanksi hukum dan membantu operasional negara.