informasi seputar pendidikan

Informasi Seputar Pendidikan yang Perlu Anda Tau

Posted on

Guru adalah tenaga pendidik profesional yang bertugas untuk mengajar, membimbing, serta mengarahkan peserta didik untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Lalu pernahkah anda mendengar istilah guru honorer? Guru honorer sendiri adalah tenaga kependidikan yang belum memiliki status sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Ada beberapa informasi seputar pendidikan tentang guru yang harus Anda ketahui.

Permasalahan Guru Honorer

Bertahun-tahun lamanya masalah Guru honorer menjadi bagian dari pendidikan Indonesia yang tak kunjung terselesaikan, kesejahteraan bagi Guru honorer seolah tidak ada hilalnya. Guru honorer selalu berada di ambang keresahan karena nasib yang kurang jelas. Terlebih beberapa waktu lalu pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) rencananya akan menghapus tenaga honorer di pemerintahan dan lembaga pendidikan mulai tahun 2023. Berdasarkan Data Pokok Pendidikan jumlah guru honorer mencapai 704.503 orang.

Guru honorer harus menyandang status Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) apabila ingin dapat tetap mengajar di sekolah. Namun hal itu juga dapat terwujud dengan adanya seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) terlebih dahulu. Kedua jenis guru ini mendapatkan gaji dan kesejahteraan yang dijamin oleh pemerintah.

Sebenarnya sejak tahun 2005 lebih tepatnya dalam pasal 8 Peraturan Pemerintah (PP) nomor 48 tahun 2005, menyatakan bahwa pemerintah daerah dilarang untuk merekrut tenaga honorer. Namun karena kebutuhan tenaga dilapangan dan tidak adanya rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), menjadikan pemerintah daerah terpaksa tetap merekrut tenaga honorer guna memenuhi kebutuhan tersebut.

Dikatakan adanya rekrutmen tenaga honorer yang terus dilakukan saat ini atau nanti dapat mengacaukan kebutuhan formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam pemerintahan. Dengan itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) diberikan batas waktu hingga 2023 untuk dapat menyelesaikan permasalahan tenaga honorer ini.

Maka saat ini banyak guru honorer yang resah dan khawatir akan nasib mereka kedepannya. Banyak guru honorer berharap ada kebijakan yang lebih bijaksana terkait keberlangsungan nasib mereka.

Dapatkan informasi seputar pendidikan terbaru hanya di https://depoedu.com/