Indahnya Masjid Agung Al-Barkah Bekasi

Posted on

Ulasan kali ini adalah tentang salah satu masjid terindah di Indonesia dengan berbagai kemegahannya yang mempesona tepatnya di provinsi Jawa Barat yaitu Masjid Agung Al-Barkah Bekasi. Sebagai negara muslim memang banyak sekali masjid yang indah di berbagai daerah. Artikel ini kami ambil sumbernya dari dari website jam masjid digital sebagai sumber bahan.

Arsitektur Masjid Agung Al-Barkah Bekasi

Arsitektur bangunan Bangunan Masjid Agung Al-Barkah Bekasi telah mengadopsi sebuah bangunan masjid di Timur Tengah, tetapi disesuaikan dengan elemen tropis. Untuk menyesuaikan iklim di Indonesia, pembangunan Masjid Al-Barkah Besar telah dilengkapi dengan kantilever dengan kanopi sehingga air hujan tidak dapat memasuki area masjid. Di masjid ini juga memiliki 8 pintu daun kayu jati yang cocok untuk kaligrafi. Ini mencerminkan delapan pintu ke taman taman.

Bangunan-bangunan masjid yang telah memprioritaskan penampilan eksklusif, pada kenyataannya, cenderung menggunakan sistem panel. Sementara bahan digunakan dari pelat baja yang memiliki ketebalan 0,7 mm, 1 mm menggunakan warna yang sangat menarik.

Lapisan panel Dome juga menggunakan cat pengurangan atau bubuk porselen. Selain itu, bahan berlapis enamel juga hanya bahan-bahan tertentu atau yang tahan terhadap suhu tinggi. Seperti pelat baja karbon rendah, bahan ini tahan ekspansi, karena lapisan enamelnya keras atau mudah rusak.

Selain itu, pelat karbon rendah yang paling banyak digunakan adalah jenis pelat putih atau pelat mobil dalam jenis tipe SPCC-SD atau SPHC. Karena jenis piring ini sangat cocok untuk karakteristik kubah enamel. Dengan ketebalannya sendiri, itu bervariasi, tergantung pada sarana masing-masing panel, dari ketebalan 0,7 mm hingga 1,2 mm.

Bangunan Masjid Bekasi Al-Barkah memiliki diameter hingga 18 m ketika membaca pengucapan Asmaul Husna di kubah. Dihiasi dengan lukisan bunga, kombinasi hijau tua, biru, hijau muda, coklat tua dan coklat muda. Dari pusat kubah juga dipasang lampu dekoratif hingga 5 level dan 60 poin dari lampu ini memiliki konfigurasi 4-8-12-16-20. Bangunan kubah ini juga kompatibel dengan 4 tiang yang dibungkus kayu, sehingga tampaknya lebih alami.

Arsitektur masjid ini tidak dapat dipisahkan oleh simbolisasi Islam. Anda dapat menemukan simbol Islam yang terlihat di 4 menara masjid, yang berarti 4 posting sains seperti Arab, Sejarah, Syariah dan Filsafat. Serta persyaratan hidup bahagia dengan Aqidah, Ahlak, Syariah dan Ibadan. Lokasi Masjid Al-Barkah Besar di Jl. Veteran nomor 46 Bekasi City Square.

Bangunan Masjid Agung Al-Barkah Bekasi, konsep tersebut pada awalnya dirancang untuk diintegrasikan ke dalam area Bekasi Square. Tetapi sekarang, pintu di halaman masjid berada di tengah, dan kesepakatan ditutup langsung di titik pusat Bekasi Square. Kemudian, sekarang bagi mereka yang ingin memasuki masjid, mereka harus berjalan sedikit di pintu masuk ke utara dan ujung selatan masjid ini.

Kalahkan Masjid Al Barkah juga Dian untuk 2 lantai. Tetapi lantai dua dapat dikategorikan sebagai mezzanine karena lantai ini hanya membagi ruang utama menjadi 2 lantai, bukan dari struktur utama bangunan masjid. Lantai seperti ini umumnya tidak dihitung dalam perhitungan jumlah bangunan total. Fitur khas mezzanine adalah bentuknya yang menyerupai balkon, jadi itu tidak mencakup semua bagian ruangan. Secara umum, di tengah, diperbolehkan untuk membuka dan terhubung langsung di lantai utama.

Bagian masjid mihrab sangat besar, memiliki lebar sekitar 5 meter, dan kedalaman 2,5 meter. Bangunan Mihrab terbuat dari kayu jati kelas 1 yang diukir oleh pola bunga dan bintang oktagon. Nyeri pada podium di sisi kiri dan kanan pada ketinggian 3 meter, podium juga terbuat dari kayu di penjara. Di dinding Mihrab, itu juga ditutupi dengan marmer hitam, yang di tengah ornamen bundar memiliki diameter 120 cm dan penilaian kredo tertulis.