guna minyak atsiri

Guna Minyak Atsiri

Posted on

Jadi di artikel kali ini saya akan share guna minyak atsiri yang perlu kamu tahu. Selain minyak vco, minyak atsiri juga memiliki banyak manfaat dan kegunaan yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi dengan artikel berikut ini kamu lebih tahu kegunaan dari minyak atsiri ya.

Cara Penyulingan Minyak Atsiri

Untuk memperoleh minyak atsiri memerlukan proses penyulingan atau distilasi. Secara sederhana, proses distilasi adalah proses pemisahan komponen-komponen campuran dua zat cair atau lebih berdasarkan perbedaan tekanan uap atau titik didih senyawa tersebut. Berikut ini beberapa cara penyulingan minyak atsiri dengan cara destilasi:

1. Dengan Cara Destilasi Air

Jika bahan yang akan disuling bersentuhan langsung dengan air mendidih, maka dilakukan penyulingan air. Tergantung pada densitas spesifik dan jumlah material yang akan diolah, material dapat mengembang / mengapung di air atau tenggelam sepenuhnya.

2. Dengan Cara Destilasi Uap Air

Penyulingan uap dilakukan dengan menempatkan bahan tanaman di lokasi yang memiliki lubang di bagian bawah dan tengah serta ditopang oleh bagian bawah alat penyulingan. Bahan tanaman ditempatkan di bawah, yang diisi dengan sedikit air.

Kemudian gunakan pemanas pressure cooker untuk merebus air. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bahan tanaman suling hanya terkena uap air dan bukan air mendidih.

3. Menggunakan Destilasi Uap

Distilasi uap digunakan untuk mengekstrak komponen yang mengandung serbuk sari Simplica dengan titik didih tinggi pada tekanan atmosfer normal. Bahan aktif dapat rusak oleh perlakuan panas. Untuk mencegah hal itu terjadi dilakukanlah metode penyaringan menggunakan destilasi uap. Destilasi uap merupakan metode destilasi yang digunakan untuk mengisolasi minyak atsiri dari senyawa Simplica.

Prinsip dasar penyulingan atau distilasi adalah perbedaan titik didih suatu zat cair dalam campuran zat cair, sehingga zat (senyawa) dengan titik didih terendah menguap terlebih dahulu, kemudian mengental saat mendingin dan zat murni (sulingan) menetes. .

Keuntungan dari destilasi uap adalah kandungan minyak atsiri yang diperoleh dapat ditentukan secara langsung dengan mengukur volume minyak yang diukur pada alat tersebut. Distilasi uap baja adalah metode sederhana dan menggunakan air sebagai pelarut karena air memiliki titik didih lebih tinggi daripada minyak esensial, sehingga pemisahan dengan distilasi dimungkinkan.

Guna Minyak Atsiri Untuk Relaksasi

Guna minyak atsiri untuk kesehatan amatlah banyak salah satunya untuk relaksasi. Relaksasi ini membantu kamu menenangkan diri. Berikut ini ada dua cara menggunakan minyak atsiri untuk relaksasi:

1. Dihirup

Minyak atsiri dapat dihirup dengan dua cara: inhalasi langsung dan inhalasi tidak langsung. Jika Anda ingin menghirup langsung, tambahkan banyak minyak esensial ke air panas untuk membuat inhaler Anda sendiri dan hirup aromanya.

Jika ingin menyium aroma atsiri secara tidak langsung, Anda bisa memakai  diffuser. Alat ini mengubah minyak atsiri menjadi asap atau asap harum yang menyebar di udara dan memudahkan untuk bernafas.

2. Dioleskan pada tubuh

Minyak atsiri mudah diserap oleh kulit dan dapat digunakan dalam pijat aromaterapi dan campuran lotion perawatan pribadi. Untuk merasakannya, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menawarkan layanan aromaterapi, seperti salon kecantikan, panti pijat, dan spa.

Anda juga dapat menikmatinya di rumah dengan membeli minyak esensial yang tersedia secara bebas. Namun, untuk alasan keamanan, campurkan minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan minyak kedelai untuk menghindari iritasi kulit.

Guna dan Manfaat Minyak Atsiri

guna minyak atsiri

Minyak atsiri sekarang tersedia di pasaran dengan aroma yang berbeda, tergantung pada tanaman yang dipanen. Di bawah ini adalah beberapa jenis tumbuhan yang menghasilkan minyak atsiri dan kegunaannya:

  • Peppermint untuk meningkatkan energi dan mood
  • Lavender, jadi lebih baik tidur dan menghilangkan rasa sakit
  • Jahe untuk meredakan mual
  • Eucalyptus untuk meredakan hidung tersumbat dan sakit kepala
  • Jeruk nipis dan kaffir untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan stress
  • Serai, adalah pengusir nyamuk dan penyegar udara

Beberapa manfaat minyak atsiri yang terbuat dari chamomile, cedarwood, cendana, vanilla, atau berbagai jenis bunga seperti melati, mawar, dan kenanga sering digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu merilekskan tubuh.

Ketika aromaterapi dihirup, molekul harum dari minyak esensial bocor dan merangsang saraf penciuman di hidung. Selain itu, saraf mengirimkan pesan ke bagian otak yang dapat mengatur emosi dan pikiran, yang disebut amigdala.

Proses ini diyakini mempengaruhi cara aromaterapi digunakan untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa minyak atsiri terbukti dapat mengurangi stres dan menenangkan pikiran, meredakan kecemasan, meredakan gejala depresi, memperbaiki mood, dan mengurangi rasa mual pada pasien kanker yang menjalani kemoterapi.

Namun, hingga kini masih dibutuhkan penelitian lebih dalam untuk memastikan efektivitas dan keamanan minyak atsiri secara umum bagi kesehatan tubuh.

Nah itu saja tenyang guna minyak atsiri dan juga cara penggunaan dan juga manfaat. Jika kamu ingin membuat minyak atsiri ini sendiri bisa menggunakan alat destilasi minyak  atsiri. Sampai jumpa