Fungsi Dari Kapasitor Listrik PLN

Fungsi Dari Kapasitor Listrik PLN

Posted on

Dalam dunia elektronika terdapat berbagai jenis perangkat atau komponen yang punya peran penting untuk penyimpanan mau pun pengantaran energi, salah satunya perangkat kapasitor listrik pln.

Bentuknya yang berukuran sedang hingga kecil dengan dua elemen di tiap sisinya tersebut dikenal akan kemampuannya dalam penyimpanan tenaga listrik.

Pada artikel kali ini akan membahas fungsi-fungsi lain dari alat tersebut, simak sampai habis.

Fungsi Kapasitor Listrik

Apa saja fungsi umum dari sebuah kapasitor? Berikut diantaranya.

  1. Penyimpan energi

Fungsi pertama dari kapasitor yakni sebagai penyimpanan energi di dalam suatu area kelistrikan. Semua muatan listrik bagian internal dikumpulkan bila ada ketidakseimbangan.

Energi yang tersimpan seluruhnya hanya bersifat sementara waktu saja.

  1. Pencegah Konslet

Stabilnya aliran listrik sangatlah diperlukan demi mencegah terjadinya masalah seperti korsleting listrik di kemudian hari.

Alat berukuran kecil tersebut diperlukan sebagai pencegah adanya loncatan listrik yang menjadi penyebab arus listrik tiba-tiba terputus.

  1. Penghemat Listrik

Pada penggunaan lampu berjenis neon yang cukup banyak memakan energi, kapasitor dapat berfungsi sebagai penghemat daya listrik.

Komponen tersebut mempunyai resistensi yang bisa menyesuaikan terhadap frekuensi.

  1. Filter

Fungsi kapasitor listrik pln keenam yakni yang membantu tegangan dan arus listrik dari bentuk gelombang serta frekuensi untuk melewatinya.

Reaktansi dalam alat tersebut bisa membantu dalam mengontrol frekuensi.

  1. Konduktor

Kapasitor listrik mempunyai fungsi lain sebagai konduktor arus listrik, menyeimbangkan peralihan arus dari AC menuju DC.

  1. Pelindung Saklar

Adanya komponen kapasitor juga dapat berguna dalam melindungi dari percikan api ketika saklar digunakan.

  1. Penstabil

Fungsi terakhir adalah sebagai penstabil arus listrik. Kapasitor punya peran pada logic-switching kecepatan tinggi, tegangan yang berubah seperti itu dapat menimbulkan gangguan.

Maka dengan adanya kapasitor, tegangan dapat stabil serta mengurangi munculnya suara bising karena arus yang tak stabil tersebut.

Itulah tujuh fungsi dari kapasitor listrik pln yang perlu Anda ketahui. Ternyata benda berukuran kecil mempunyai kemampuan besar dalam urusan kelistrikan.

Anda butuh kontraktor dalam menangani urusan kelistrikan yang berpengalaman? Segera hubungi https://galleoncy.com/