Faktor Yang Mepengaruhi Mutu Beton

Posted on

Faktor yang Mepengaruhi Mutu Beton ready mix di pasar

Faktor yang Mepengaruhi Mutu Beton – Saat ada kegiatan pembangunan, pasti Anda sering melihat para pekerja sedang membuat adonan beton menggunakan alat pengadukan. Cara ini tergolong konvensional karena membutuhkan banyak tenaga. Metode pilihan terbaik adalah beton instan. Harga ready mix terjangkau sesuai kebutuhan.

3 Faktor yang Memengaruhi Mutu Beton Ready Mix

Dalam proses pembuatan ready mix, beton dibuat dengan mencampurkan berbagai material. Selain itu, cara membuatnya juga berdasarkan kebutuhan. Berikut ini adalah penjelasan mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kualitas beton.

  1. Penakaran

Material pembuat beton terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari semen, agregat halus dan kasar, air, serta tambahan aditif. Sebelum proses pencampuran, harus dilakukan penakaran yang sesuai serta mendapatkan pengawasan dari tim ahli.

Material penyusun tersebut kemudian ditakar sehingga menghasilkan mutu tertentu sesuai dengan kebutuhan. Penakaran menggunakan pedoman khusus karena kepadatan suatu bahan sangat memengaruhi kepadatan serta kekuatan beton sekaligus harga beton ready mix.

  1. Pengadukan dan Pengangkutan

Apabila semua bahan telah selesai dalam tahap penakaran, maka selanjutnya adalah pengadukan. Kegiatan mencampurkan material termasuk semen, agregat, air menjadi campuran yang homogen. Proses ini bisa menggunakan tangan (manual) atau memakai mesin.

Faktor yang juga memengaruhi mutu beton adalah proses pengangkutan. Sebelum semen berhidrasi, maka harus segera membawanya menuju tempat proyek. Cara mengangkutnya bisa memakai lift cord, truck mixer, dan pompa beton.

  1. Pemadatan

Dalam penggunaan beton instan, proses pemadatan memakai mesin canggih. Dengan begitu, rongga pada adonan bisa diminimalisir serta lebih padat. Oleh karena itu, pembangunan skala besar baiknya memakai alat ini. Harga ready mix sangat beragam dan terjangkau.

Pemadatan ini sangat memengaruhi kualitas suatu beton karena jika masih ada rongga-rongga, maka hasilnya tidak akan kokoh serta mudah rusak jika terkena air atau material lain. Apabila tidak cermat, mutunya bisa berkurang dan pastinya merugikan banyak orang.

Itulah informasi tentang faktor-faktor yang memengaruhi mutu beton dalam pembangunan suatu proyek konstruksi. Dapatkan harga ready mix terbaik di kota Anda. Dengan cara ini, proses mengerjakan suatu bangunan bisa lebih mudah dan cepat selesai.