contoh tanaman pertanian dan perkebunan

Contoh Tanaman Perkebunan dan Pertanian

Posted on

Banyak sekali contoh tanaman pertanian dan perkebunan yang bisa kita temui di desa desa. Namun apakah kamu tahu tanaman apa itu?

Contoh Tanaman Pertanian dan Perkebunan yang Populer di Indonesia

Contoh Tanaman Pertanian dan perkebunan

Jenis tanaman perkebunan ini terkait dengan komponen industri besar, sehingga sebagian besar dibudidayakan dalam volume besar dan area dengan waktu dan perencanaan tertentu.

Berikut ini adalah beberapa contoh tanaman pertanian dan perkebunan yang memiliki nilai tinggi dan berkembang:

  1. Contoh tanaman pertanian dan perkebunan | Kelapa Sawit

Kelapa sawit (Elaeis quineensis Jacq.) Ini adalah produsen minyak nabati terbesar kedua di dunia. Produk olahan kelapa sawit berupa sayuran, minyak industridan bahan bakar minyak(biodiesel).

  1. Kapas

Kapas (Gossypium sp)adalah pabrik perkebunan industri yang cukup komersial. Beberapa negara penghasil kapas dunia termasuk Cina, Amerika Serikat, India,Pakistan, Brasil, dan Mesir.

Bahan baku kapas digunakan dan digunakan untuk industri tekstil, industri kertas, dan industri perekat. Tanaman kapas berupa semak belukar atau pohon yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis.

  1. Pohon Karet

Indonesia adalah produsen karet (lateks) terbesar kedua di dunia. Produk pabrik karet olahan digunakan untuk industri otomotif sebagai bahan baku manufaktur ban dan industri kesehatan untuk produk perangkat medis.

Tanaman karet (Hevea brasiliensis)tumbuh optimal di iklim tropis. Pohon karet yang memasuki usia tanam 5-7 tahun dapat dipanen dengan mengetuk dan mengekstraksi getah.

  1. Contoh tanaman pertanian dan perkebunan | Kopi

Kopi (Coffee sp)adalah perkebunan yang berasal dari wilayah Afrika. Sejarah masuknya tanaman kopi di Indonesia tidak lepas dari masa penjajahan Belanda.

Ada beberapa jenis kopi yang cukup diminati, yaitu arabicacoffee, robustacoffee, dan liberikacoffee. Selain digunakan untuk minuman, kopi isalso digunakan untuk industri kosmetik dan farmasi.

  1. Kakao

Kakao (Theobroma cacao L.) adalah perkebunan yang menghasilkan produk dalam bentuk cokelat. Tanaman kakao milik keluarga Strerculiaceae, yang berasal dari hutan Amerika Selatan dan awalnya dibudidayakan oleh Indian Aztec.

Ada 3 jenis kakao yaitu Criollo, Forestero dan Trinitario. Hasil budidaya kakao banyak digunakan untuk bahan baku industri, makanan dan minuman, industri kecantikan (parfum dan kosmetik).

  1. Tebu

Tebu (Saccharum L.) adalah tanaman perkebunan yang memproduksi bahan baku gula dan MSG. Tanaman dalam keluarga Poaceae terkait erat dengan rumput, seperti jagung, padi, sorgum, dan gandum. Sebagian besar tebu olahan digunakan untuk industri makanan (makan dan minum), farmasi dan pakan ternak.

  1. Perkebunan Teh

Teh (Camellia sinensis), sejenis tanaman yang berasal dari Cina, terkenal di seluruh dunia. Produk olahan dari tanaman teh adalah minuman yang berasal dari beberapa jenis teh, seperti teh hitam, hijau, teh olong, dan lain-lain.

Selain itu, tanaman teh juga digunakan untuk industri kecantikan (kosmetik), industri kesehatan dan jamu.

  1. Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) adalah tanaman perkebunan dari keluarga Arecaceae yang terkait erat dengan tanaman Aren yang berasal dari pantai Samudra Hindia.

Hampir semua bagian tanaman kelapa dapat dimanfaatkan. Produk olahan kelapa antara lain kopra (coconutoil)dan air kelapa ( bahan baku nata dan jelly).

  1. Tembakau

Tembakau (Nocotina tabacum sp) adalah tanaman yang cocok untuk tumbuh di iklimtropis. Tanaman asli Amerika pertama kali ditemukan oleh Columbus.

Awalnya tanaman tembakau digunakan untuk tanaman hias dan tanaman obat yang ditanam di Eropa, tetapi oleh publik Spanyol dikembangkan dan digunakan untuk cerutu. Di Indonesia, tembakau digunakan sebagai bahan obat, industri rokok dan cerutu, serta bahan baku pestisida.

  1. Lada

Lada (Piper nigrum L.) adalah salah satu jenis tanaman komoditas perkebunan strategis. Tanaman lada tumbuh seperti semak dengan sifat merayap atau merayap. Budidaya lada di Indonesia umumnya menggunakan sistem tumpang sari atau tumpang sari (pabrik pendamping utama).

Lada merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan di Indonesia, selain itu juga digunakan untuk kebutuhan industri kesehatan, farmasi dan jamu.

  1. Cengkeh

Cengkeh (Syzygium aromaticum)adalah salah satu komoditas perkebunan strategis yang berasal dari Kepulauan Maluku. Tanaman cengkeh adalah tanaman dari keluarga Myrtaceae yang tumbuh subur di daerah tropis.

Di Indonesia sendiri ada tiga jenis tanaman cengkeh yang banyak dibudidayakan, yaitu Zanzibar, Sikotok dan Siputih.

Khasiat cengkeh digunakan sebagai bahan makanan ( kitchenspices),penambah rasa dan aroma dalam minuman, industri farmasi (kesehatan), minyak esensial (kosmetik dan parfum), dan industri jamu.

Biasanya untuk mengolah cengkeh, para pengusaha menggunakan mesin perontok cengkeh untuk mendukung produksi produk mereka.

  1. Kayu manis

Kayu manis (dosa Cinnamomum. C.zeylanicum) adalah perkebunan asli Indonesia yang memiliki prospek. Semua bagian tanaman kayu manis dapat menghasilkan aroma, tetapi kualitas aroma tertinggi terdeteksi tepat di batang (kulit).

Tanaman kayu manis sering digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur, dan menembus industri foodindustry,industri kesehatan dan industri jamu.

  1. Vanili

Vanilla (Vanilla planifolia)adalah tanaman komoditas perkebunan yang menanam tanaman merambat atau tanaman merambat dan merupakan kerabat dari tanaman anggrek (Orchidaeceae)yang berasal dari Meksiko.

Banyaknya budidaya vanili bertujuan untuk memperkuat aroma dan rasa makanan dan minuman.

  1. Pala

Tanaman ini termasuk dalam kategori rempah-rempah. Banyak jenis rempah-rempah di Indonesia termasuk Pala. Pala (Myristica fragrans) adalah tanaman perkebunan bernilai tinggi karena hampir semua bagian pala dapat dimanfaatkan.

Buah pala banyak digunakan untuk industri makanan dan minumanindustri,industri pengawetan ikan, industri kecantikan (kosmetik dan parfum), industri pembuatan sabun dan industri jamu. Sentra pala di Indonesia meliputi Kepulauan Maluku, Sulawesi Utara dan Aceh.

  1. Tanaman Rami

Rami (Linum usitatissimum) adalah tanaman perkebunan yang memiliki nilai ekonomis tinggi sebagai penghasil serat untuk pakaian dan karung goni.

Tanaman rami dibudidayakan oleh manusia dari 5000 – 6000 SM di Mesir. Sebelum manusia mengenal benang yang terbuat dari kapas, penggunaan serat rami pada waktu itu digunakan sebagai pembalut wanita dan pelapis mumi.

  1. Mangga

Mangga adalah salah satu jenis buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Iklim tropis Indonesia juga sangat mendukung pertumbuhan tanaman mangga.

Beberapa jenis mangga asli Indonesia yang banyak diminati untuk dijual adalah mangga manalagi, madu mangga, arumanis,mangga alpukat, mangga golek,mangga lalijiwo dan sebagainya.

  1. Tanaman Perkebunan Buah Durian

Jenis buah lain yang banyak diminati adalah durian. Meski tumbuh sebagai buah, saat ini telah mengembangkan beberapa cara penanaman agar durian dapat berbuah setiap tahunnya.