Pusat logistik berikat

Cara Untuk Mendapatkan Fasilitas Pusat Logistik Berikat

Posted on

Pusat Logistik Berikat atau yang sering disebut PLB merupakan TPB yang bertujuan menumpuk barang dari luar daerah pabean atau barang dari tempat lain pada daerah pabean. Pusat logistik berikat, menyediakan beberapa fasilitas. Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, ada beberapa cara yang harus dilakukan.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan fasilitas pusat logistik tersebut? Berikut adalah caranya:

  1. Perusahaan yang akan jadi Pelaku PLB memberikan pengajuan permohonan di Menteri c.q. Kepala Kantor Wilayah / Menteri c.q. Kepala KPU.
  2. Perusahaan telah mempunyai Akses Kepabeanan / sudah melaksanakan registrasi Kepabeanan
  3. Perusahaan mempunyai surat izin usaha contohnya izin usaha transportasi, izin usaha pergudangan, dan izin usaha forwarding yang berasal dari instansi teknis terikat
  4. Perusahaan mempunyai bukti kepemilikan tempat, bangunan, maupun kawasan yang memiliki batas dan luas yang tentu dengan informasi yang lengkap serta memiliki kriteria:
  • Mempunyai SPI yang bagus
  • Sudah dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak dan bukti bahwa sudah menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan tahun pajak terakhir untuk yang telah wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan. Selain itu menyampaikan Surat Pemberitahuan Masa PPN terakhir untuk yang telah wajib menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan
  • Tidak mempunyai tunggakan Pajak dan Bea Cukai
  • Mempunyai proses bisnis yang nyata dan dibuktikan dengan profil perusahaan yang didalamnya terdapat info investasi serta jumlah karyawan dan proses bisnis yang jelas
  • Mempunyai sertifikat Authorized Economic Operator (AEO) atau sertifikat lain yang memaparkan kinerja atau manajemen perusahaan yang baik dan dikeluarkan oleh badan yang memiliki kewenangan.
  • Mempunyai pengalaman bidang manajemen logistik atau mempunyai SDM lulusan manajemen logistik juga rantai pasok
  • Mendapat rekomendasi dari Penyelenggara bagi Pengusaha PLB

SKP memberikan perhatian untuk Kepala Kantor Pabean yang bertugas mengawasi lokasi pabrik dan lokasi kegiatan usaha untuk melaksanakan pemeriksaan. Fasilitas Pusat Logistik Berikat terbaik dapat Anda peroleh bagi Anda para investor yang berinvestasi di Indonesian Integrated Industrial Estate (IIIE). Merupakan kawasan industri BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia yang memberikan fasilitas terbaik bagi perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut kunjungi situs website IIIE https://www.iiie.co.id.