Cara Praktis Membersihkan Kipas Prosesor Laptop Dengan Mudah

Posted on

Perlu tidak membersihkan kipas laptop?? Pertanyaan yang sering di utarakan sebenarnya. Pastinya perlu sekali. Karena kipas ini bisa saja banyak kotoran. Debu debu yang bertebaran dan ada di sekitar lingkungan yang jadi masalah besar. Bagi yang sering menggunakan laptop di luar ruangan coba deh cek bagaimana kondisinya.

Mengapa Harus di Bersihkan Kipas Laptop Ini?

Fungsi dari kipas sendiri adalah sebagai pendingin dari prosesor dan juga membuang panas yang berlebihan saat  sedang di nyalakan. Terlebih bila laptop di gunakan untuk menjalakan aplikasi yang berat atau bermain game. Panas yang ada harus di buang keluar. Seringnya melewati sisi samping dari laptopnya sendiri. Jangan sampai prosesor menjadi overheat. Overheat adalah masa di mana memiliki panas yang sangat tinggi melebihi batasannya. Karena bisa merusak prosesor itu sendiri dan juga bisa juga membuat menjadi mati sendiri.

Cara Praktis Membersihkan Kipas Prosesor Laptop Dengan Mudah

Lalu bagaimana cara membersihkan kipas atau fan prosesor tersebut. Berikut caranya, di ambil infonya dari www.servicekomputerpanggilantangerang.com :

  1. Pastikan laptop dalam kondisi mati
  2. Buka baterainya
  3. Baut – baut yang ada di bagain bawah ini di buka semua, jangan ada yang tertinggal. Simpan baut ini untuk di pasang lagi
  4. Kalau sudah bautnya lepas semua, buka satu persatu penutup di bagian bawahnya secara perlahan.
  5. Pada kipas prosesor sendiri ada 4 baut yang harus di lepas. Lakukan secara perlahan juga jangan terburu buru.
  6. Lihat pada bagian prosesornya, ada debu kah di situ? Bila banyak segera untuk di bersihkan menggunakan kuas dan vakum cleaner.
  7. Jangan lupa untuk membersihkan bagian lainnya seperti di bagian dinding – dinding laptop sendiri.
  8. Bila sudah selesai, segera pasang kembali ke posisi awalnya.

Tips menarik untuk yang baru membongkar laptop adalah dengan memfoto semua bagian yang ada. Ini memudahkan sekali untuk pengecekan dan bila bingung bisa melihat lalu memasang kembali.

Cara membersihkan fan laptop tanpa harus membuka casing

Ribet yah sepertinya harus membuka – buka semuanya. Tapi bisa juga loh membersihkannya tidak harus membukanya. Hemm bagaimana caranya kalau seperti itu?? Beginilah langkahnya :

Hal yang perlu di persiapkan adalah compresor udara. Fungsinya adalah menembakkan kotoran yang ada. Untuk melakukannya sangat mudah sekali. Tembakkan saja pada bagian celah udara yang ada di sisi samping. Hal ini akan membuat kotoran lepas.

Cara ini bisa saja tidak dapat membersihkan secara sempurna dan jauh lebih efektif metode pertama.

Kalau sudah membersihkan bisa langsung di hidupkan dan cek lagi suhu yang terbaru apa ada perubahan. Untuk mengeceknya bisa menggunakan software MHMonitor atau Speedfan.

Bila anda tidak mampu melakukannya maka anda bisa menghubungi service laptop jakbar untuk dapatkan layanan terbaik dan memberi kemudahan bagi anda.