cuci gorden sendiri di rumah

Cara Mudah Mencuci Gorden, Bisa Dilakukan Sendiri

Posted on

Ingin Cuci Gorden Sendiri di Rumah? Inilah Cara Mudahnya!

Cuci gorden sendiri di rumah merupakan cara yang praktis untuk membersihkan seluruh gorden di rumah Anda. Mencuci gorden selalu dinilai sebagai sebuah pekerjaan yang berat. Bukan hanya karena ukuran gorden yang besar, namun juga karena sulitnya menurunkan gorden dari jendela.

Biasanya, para pemilik rumah cenderung memilih untuk menggunakan jasa profesional bila akan membersihkan atau mencuci gorden. Namun, sebenarnya Anda juga bisa cuci gorden sendiri di rumah. Berikut ini merupakan langkah-langkah mudahnya untuk Anda.

baca juga: jasa cuci sofa di cikarang

Lepas Gorden dan Hilangkan Debu

Langkah pertama, silakan Anda melepas gorden dari jendela di rumah Anda. Bila gorden sudah terlepas, sebaiknya Anda menghilangkan debu yang menempel terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan alat seperti sapu, atau sekedar menyibakkan debunya secara manual.

Proses menghilangkan debu ini akan sangat membantu Anda untuk mempermudah proses mencuci gorden. Bila Anda sudah menghilangkan debu pada gorden, Anda juga dapat mempersingkat proses pencucian gorden yang ada di rumah Anda.

baca juga: cuci kasur cikarang

Rendam Dengan Larutan Detergen

Langkah selanjutnya, rendamlah gorden yang sudah bersih dari debu dengan menggunakan larutan detergen. Larutan detergen nantinya bukan hanya sekedar melunturkan noda-noda dan kotoran pada gorden, namun juga dapat membuat gorden menjadi lebih harum.

Proses perendaman sebaiknya dilakukan selama 1 – 2 jam. Selama rentang waktu ini, pastikan semua bagian gorden sudah direndam dengan cairan detergen. Bila Anda merasa bahwa gorden Anda terlalu kotor, silakan tambahkan jumlah detergen yang digunakan.

Cuci Dengan Tangan, atau Gunakan Mesin Cuci Dengan Putaran Rendah

Setelah selesai merendam gorden dengan menggunakan detergen, Anda dapat mulai untuk mencuci gorden. Proses ini bisa dilakukan dengan tangan atau cuci manual. Namun, Anda juga bisa menggunakan mesin cuci dengan memilih mode putaran yang paling rendah.

Mode putaran rendah sudah cukup untuk membersihkan gorden, tanpa merusak jahitan atau membuat gorden ada menjadi kusut. Pastikan Anda sudah memilih mode yang tepat ketika memilih untuk cuci gorden sendiri di rumah tanpa menggunakan jasa profesional dari pihak manapun.