Cara Mengupas Telur Rebus Dengan Mudah

Posted on

Hai kawan-kawan jadi pada kesempatan kali ini saya akan mengshare bagaimana sih cara mengupas telur rebus dengan mudah yuk di simak baik-baik.

Cara Mengupas Telur Rebus Dengan Mudah

Langkah 1 :

1. Masukkan Telur Ke Air Dingin

Pertama, menghentikan proses pematangan setelah dimasak dan menurunkan suhu telur. Sehingga Anda tidak perlu berlama-lama menunggu cangkang telur mendingin dan tidak akan melukai tangan Anda. Proses ini juga akan memudahkan telur lebih mudah dikupas. Air dingin akan membuat telur menyusut, sehingga ada ruang antara cangkang telur dan daging telur.

2. Kupas Telur Di Dalam Air

Cara ini juga terbukti ampuh, dengan masuknya air ke dalam cangkang akan memudahkan proses pengelupasan. Selaput antara telur dan cangkang akan melonggar. Selaput inilah yang biasanya jadi sebab telur sulit untuk dikupas.

3. Gulung Dan Kupas

Benturkan sedikit telur ke permukaan keras untuk memecahkannya, dan gulung sembari menekan sedikit dengan tangan. Setelah itu, kupas permukaan yang retak.

4. Jangan Rebus Telur Segar

Kalau kamu memiliki telur yang baru datang dari petani, maka tunggu satu minggu sebelum merebusnya. Alasannya, karena telur segar lebih sulit dikupas daripada telur yang sudah ada lebih dulu di lemari es.

5. Gunakan Sendok

kupas telur menggunakan sendok. Caranya bisa dimulai dengan memecahkan telur di ujung bagian terlebar telur untuk membuat lubang. Dari lubang itu, kemudian Anda bisa menyisipkan sendok antara telur dan cangkang. Lalu putar mengitari telur, lalu telur akan terkupas dengan mudah.

Baca Juga : Alat Perebus Telur

Langkah 2 :

1. Pilih Telur Yang Usianya Sudah Agak Lama

Merebus telur dan mempunyai banyak stok di kulkas, kamu bisa menggunakan stok yang sudah agak lama terlebih dahulu. Telur dengan usia simpan lebih lama akan lebih mudah di kupas. Namun jangan sampai juga kamu menggunakan telur yang sudah busuk, ya.

2. Rebus Air Sampai Mendidih

Dengan merebus terlebih dahulu air hingga mendidih. Barulah celupkan telur secara perlahan. Rebus telur selama 30 detik dengan keadaan air yang meletup-letup. Lalu, kecilkan api agar suhu airnya turun sedikit demi sedikit. Lanjutkan proses merebus hingga 10 menit lamanya atau hingga tingkat kematangan telur yang kamu inginkan.

3. Rendam Dalam Air Dingin

Sesudah telur selesai direbus, jangan langsung dikupas, ya! Siapkan wadah atau baskom berisi air dingin lalu celupkan telur yang sudah direbus ke dalamnya, dan diamkan 15 menit. Ketika telur sudah terasa lebih dingin baru perlahan kamu bisa mengupasnya. Merendam telur rebus ke dalam air dingin ini dapat mempermudah mengupas cangkang telur rebus.

4. Masukkan Dalam Wadah Plastik

Cara ini dapat kamu lakukan jika jumlah telur rebus yang akan dikupas cukup banyak. Tentunya cara ini akan terasa lebih praktis dan efisien. Kamu cukup memasukkan semua yang sudah direbus ke dalam wadah plastik tertutup lalu kocok-kocok perlahan hingga terlihat keretakan di cangkangnya dan kamu bisa mulai mengulitinya satu per satu dengan mudah.

Manfaat Telur Rebus

1. Meningkatkan Massa Otot

Di dalam telur terdapat kandungan asam amino yang merupakan senyawa penyusun protein. Kandungan ini sangat dibutuhkan untuk segala bentuk perkembangan sel-sel yang terjadi dalam tubuh, baik yang bekerja untuk tujuan struktural maupun fungsional.

Kandungan protein dalam telur rebus juga dapat meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot. Satu butir telur rebus besar mengandung 6 gram protein, di mana terdiri dari asam amino penting dalam jumlah yang sesuai dengan yang diperlukan tubuh. Sehingga dengan mengonsumsi telur rebus secara rutin dapat meningkatkan massa otot kalian.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

kandungan nutrisi dalam telur rebus, membuat manfaat telur rebus juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang. Dan tentu saja kandungan vitamin D ini dapat kita temukan dengan mudah di dalam telur rebus. Kalau tubuh kekurangan zat vitamin D, maka risiko osteoporosis dan penyakit tulang lainnya pun meningkat.

3. Baik Untuk Jantung

Yaitu baik untuk kesehatan jantung. Banyak orang berkata bahwa kuning telur mengandung banyak kolesterol yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Lalu beberapa penelitian menunjukkan bahwa, tidak ada hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung atau stroke.

Bahkan sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Medicine menunjukkan bahwa, konsumsi satu telur per hari ternyata tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada orang sehat. Sehingga tidak benar ya KLovers, bila telur mampu membuat kalian memiliki penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu fungsi penglihatan mata dipegang oleh sel-sel saraf dalam suatu area bernama retina. Bagian mata yang satu ini sangat rentan terhadap paparan radikal bebas dan faktor penuaan yang mengakibatkan kerusakan atau degenerasi pada area ini. Sehingga membuat fungsi penglihatan seseorang akan terganggu. Namun tenang KLovers, kalian bisa kok menghambat proses penuaan tersebut menggunakan telur.

5. Baik Untuk Diet

Manfaat telur rebus juga baik untuk menu diet. Bukan hal yang asing lagi bila manfaat telur sering digunakan sebagai menu untuk seseorang yang sedang diet, hingga pembentukan otot. Telur sendiri memiliki kandungan protein tinggi dan kalori yang rendah, sehingga bisa dijadikan camilan sehat saat diet.

Kandungan telur dengan ukuran besar memiliki kandungan 6 gram protein dan 80 kalori. Bagian putih telur hanya mengandung 15 kalori per butir telur. Sehingga sebutir telur rebus cocok dijadikan camilan yang enak dan juga sehat. Putih telur juga bebas kolesterol dan bebas lemak jenuh, sehingga sangat cocok untuk kalian yang sedang diet.

6. Meningkatkan Massa Otot

Telur mengandung asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein. Kandungan ini diperlukan untuk segala bentuk perkembangan sel yang terjadi di dalam tubuh, baik yang berfungsi untuk keperluan struktural maupun fungsional. Kandungan protein dalam telur rebus juga bisa meningkatkan massa otot dan membantu kerja otot.

Satu butir telur rebus berukuran besar mengandung 6 gram kandungan protein, yang terdiri dari kandungan asam amino esensial dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi telur rebus secara rutin dapat meningkatkan massa otot anda.

7. Membentuk Jaringan Tubuh Dan Membantu Fungsinya

Untuk protein berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan pada dasarnya hampir semua fungsi sel. Zat gizi inilah yang membentuk setiap sel dan jaringan penyusun tubuh manusia, seperti otot, otak, peredaran darah, tulang, dan masih banyak lagi.

Tubuh perlu protein untuk menjalankan proses metabolisme, membentuk energi, menyembuhkan luka, dan menghasilkan hormon. Konsumsi satu butir telur setiap hari membantu menyediakan protein yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi ini.

Buat kawan-kawan yang sedang mencari alat lainnya bisa cek di website rumah mesin, Demikian cara mengupas telur rebus dengan mudah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.