Cara Mengolah Salmon Agar Tidak Amis Saat Akan Diolah

Posted on

cara mengolah ikan salmon agar tidak amis

Ikan salmon merupakan ikan dengan kualitas baik yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan tekstur daging yang lunak memasak ikan salmon bukanlah lah yang mudah. Jika terlalu berlebihan dalam mengolah akan mengakibatkan salmon hancur dan cira rasa pun sedikit berubah. Tetapi tidak usah khawatir untuk mengolah salmon, dibawah ini adalah cara megolah salmon agar tidak amis saat akan diolah.

Cara mengolah salmon yang umum digunakan

  • Merebus atau mem-poach

Teknik diatas merupakan teknik memasukkan salmon ke dalam air lalu menambahkan bumbu bumbu dan memanaskannya. Cara ini dapat membuat tekstur daging salmon menjadi jauh lebih empuk dan lunak.

Merebus atau mempoach pun harus memperhatikan penggunaan airnya. Gunakan sedikit air untuk merebus salmon namun usahakan salmon untuk tetap terendam air. Hal ini karena mencegah daging salmon hancur ketika diolah karena teksturnya yang terlalu lunak. Suhu ideal merebus salmon sekitar 45 derajat celcius

  • Memanggang

Teknik memanggang merupakan salah satu cara terbaik untuk mengeluarkan semua aroma dan cita rasa ikan. Memanggang dapat dilakukan dengan alat pemanggang atau grill yang telah diberi minyak zaitun atau mentega. Lumuri ikan dengan sedikit air minyak agar mencegah ikan salmon menempel lengket dipanggangan. Jangan panggang ikan salmon terlalu lama karena kandungan gizi dapat hilang.

Selain itu ikan salmon bisa gosong dan justru dapat mengandung senyawa karsinogen berbahaya bagi tubuh. Untuk meningkatkan cita rasa salmon anda dapat membumbuinya dengan bumbu favorit dan beberapa barian hidangan dari ikan salmon panggang seperti steak dan salmon panggang teriyaki.

  • Mengkukus/ tim

Jika biasanya teknik mengukus digunakan untuk pepes, salmon juga dapat dikukus lho. Sama seperti teknik merebus, dalam hal ini juga perlu memperhatikan banyak air yang akan digunakan. Air yang terlalu banyak dapat menyebabkan banyaknya uap dan tekstur salmon akan menjadi hancur dan lunak. Gunakan air secukupnya dan tidak perlu berlebihan. Salmon dapat dikukus atau di tim dengan tambahan bumbu bumbu lezat agar lebih lezat.

Cara mengolah salmon agar tidak amis

  • Bilas dengan air cuka

Air cuka putih dipercaya dapat mengurangi bau amis pada ikan salmon tanpa mengurangi rasa dan gizi ikan. Dengan syarat gunakan cuka secukupnya, setelah cuka merata ke bagian daging ikan salmon cuci hingga bersih.

  • Bilas ikan salmon dengan rebusan daun dan kulit jeruk

Bau amis pada salmon akan hilang dengan merebus ikan bersama daun dan kulit jeruk setelah mendidih, siramkan air rebusan ke bagian daging lalu tiriskan

  • Gunakan irisan apel

Buah apel dapat berguna untuk mengolah ikan seperti menghilangkan bau amis. Caranya, iris apel tipis tipis lalu masukkan ke dalam minyak atau air tempat masakan ikan. Angkat irisan apel saat sudah layu kemudian gunakan minyak atau  air tersebut untuk mengolah ikan.

  • Olah dengan mengunakan jahe

Untuk ikan salmon yang digoreng ataupun dimasak kuah dapat menambahkan jahe sebagai bumbu untuk menghilangkan bau amis ikan. Cukup memarkan jahe dan masukkan bersamaan dengan bumbu lainnya.

  • Siram ikan dengan perasan jeruk lemon

Masukan perasan jeruk lemon ke dalam air bersih lalu aduk aduk hingga merata. Gunakan air jeruk lemon tersebut untuk membilas ikan sebelum dimasak. Setelah itu ikan dapat dibilas dengan air bersih dan rasa asam lemon tidak akan mengurangi rasa pada ikan.

Sekian artikel tentang cara mengolah salmon agar tidak amis. Semoga bermanfaat. Terima Kasih see uu..