Cara Menghaluskan Sabut Kelapa Agar Bisa Menjadi Cocopeat

Posted on

Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghaluskan sabut kelapa agar bisa menjadi cocopeat yang bisa kalian lakukan dirumah. Namun, sebelum kita masuk ke perataan kelapa, mari kita bahas apa itu kelapa dan produk apa yang terbuat dari kelapa.

 

cara menghaluskan sabut kelapa

Cara Menghaluskan Sabut Kelapa

Kelapa merupakan salah satu komponen buah kelapa yang apabila diolah dan dipecah dapat menjadi produk wajib pasar dalam negeri bahkan produk bernilai ekspor tinggi. Sabut kelapa (coconut fiber) dan kelapa bubuk (coconut) adalah dua turunan sabut kelapa yang telah mengalami beberapa penelitian.

Dengan adanya artikel ini diharapkan informasi tentang manfaat dan bahan dari ampas kelapa dapat disebarluaskan lebih luas lagi. Sehingga pemerintah, industri kecil, desainer dan masyarakat luas dapat menggunakan dan memilih bahan sabut kelapa yang ramah lingkungan dan terbarukan (sustainable).

Dan jika kalian mencari cocomesh yang bagus dan berkualitas bisa kalian beli di sini

Materi ini dapat menjadi bagian dari pengembangan desain berkelanjutan, desain hijau, kewirausahaan sosial dan program terkait lainnya.

Sebagai contoh, limbah kelapa kelapa ini dapat memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi, yang tentunya memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat yang tinggal di sekitar perkebunan kelapa sawit.

Bagaimana Cara Memurnikan sabut kelapa Menjadi cocopeat?
bagaimana cara membuat kelapa halus?

Bahan-bahan berikut harus disiapkan untuk kelapa:

  1. kelapa kelapa
  2. air
  3. pisau
  4. pengaduk
  5. Saring
  6. Air cucian beras MOL dan air kencing kelinci

Membuat gambut kelapa di rumah

1. Membuat kelapa basah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat cocopeat adalah dengan menyiram tempurung kelapa. Anda bisa membasahi kelapa agar nanti tidak terlalu keras saat dipotong. Setelah dibasahi, Anda bisa memotong kelapa menjadi potongan potongan yang lebih kecil.

2. Keringkan potongan kelapa

Setelah dipotong kecil kecil, keringkan kelapa dan potongan kelapa agar lebih mudah dihaluskan selama beberapa jam. Setelah kering dan kering, sabut kelapa bisa dihaluskan.

3. Haluskan sabut kelapa

Jika kalian akan menghaluskan sabut kelapa kalian bisa melakukan secara manual kalian bisa menggunakann cara menumbuknya atau bisa menggunakan blender sampai halus.

4. Saring sabut kelapa

Saring sabut kelapa yang sudah kalian blender agar tekstur sabut kelapanya menjadi lebih halus. Setelah selesai, masukkan sabut kelapa ke dalam wadah atau toples bekas. Sekarang sisa ayakan yang masih kasar atau sabut kelapa bisa dihaluskan lagi dengan mixer atau bisa dibuat MOL sabut kelapa. Ingat, kelapa ini tinggi akan unsur K, yaitu kalium, yang dapat membantu pembuahan. Cocopeat juga dapat digunakan untuk menabur berbagai jenis buah dan sayuran.

5. Campurkan kelapa halus dengan MOL

Kelapa atau sabut kelapa yang sebelumnya sudah dihaluskan rupanya perlu direndam selama 1 hari dengan air pencampur MOL. MOL yang digunakan sebaiknya berupa campuran 1 liter air yang ditambahkan dengan 50 ml urin kelinci dan 100 ml air cucian beras. Aduk sampai merata, tutup wadah dan disimpan di tempat yang teduh dan sejuk selama 1 hari. Cara perendaman ini dirancang untuk meningkatkan nutrisi dalam media nutrisi dan tentunya hasil penaburan akan lebih baik.

6. Saring kembali

Setelah 24 jam, saring batok atau kelapa untuk mengurangi air rendaman. Cara penyaringan tidak harus terlalu keras karena sabut kelapa digunakan sebagai media perkecambahan. Kelapa kering atau serabut kelapa kemudian dapat digunakan sebagai media tanam dan penyemaian.

Sekian artikel kami semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan jika ada salah mohon maaf sebesar besarnya