Cara Memulai Bisnis Frozen Food

Cara Memulai Bisnis Frozen Food

Posted on

Selamat datang di artikel saya pada kesempatan kali ini saya mau membagikan sebuah cara memulai bisnis frozen food. Semoga artikel yang saya bagikan bisa menambah wawasan anda.

Cara Memulai Bisnis Frozen Food Yang Sedang Viral

cara memulai bisnis frozen food

Dengan modal yang minim, banyak orang mulai membuka usaha kecil-kecilan. Salah satu bisnis yang saat ini sedang dibidik adalah bisnis makanan beku.

Selain dibutuhkan banyak, faktor lain dalam bisnis makanan beku adalah dapat disimpan lebih lama di lemari es.

Tidak ada kata terlambat bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan beku. Agar penjualan makanan beku laris manis dan menghasilkan uang lebih banyak, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat menjalankan bisnis makanan beku.

Simak ulasannya berikut ini, ya.

1. Tentukan jenis makanan beku yang ingin Anda jual
Sebelum menjual makanan beku, sebaiknya tentukan jenis makanan beku yang akan dijual. Tujuannya agar Anda bisa lebih fokus menjual dan mengembangkan bisnis makanan beku Anda.

2. Pilih Produsen Tepercaya
Ada baiknya jangan asal membeli makanan beku di pabrik asal-asalan, karena bisa merugikan. Beli makanan beku dari produsen tepercaya.

Selain menyediakan berbagai macam makanan beku dengan merek terkenal, produsen yang handal harus menyediakan makanan beku dengan kualitas terbaik yang telah terdaftar oleh BPOM.

3. Buat Merek Anda Sendiri
Tentukan merek makanan beku yang unik dan mudah dikenal masyarakat. Buat stiker merek Anda untuk menempel pada kemasan. Buat brand Anda semenarik mungkin agar mudah diingat orang.

4. Perhatikan tanggal kadaluarsa produk
Meski bisa disimpan dalam waktu lama, makanan beku tetap memiliki tanggal kedaluwarsa. Untuk itu, sebelum membelinya di produsen, pastikan terlebih dahulu bahwa setiap produk makanan beku memiliki masa kadaluarsa yang panjang. Namun sebagai penjual, jangan lupa untuk mengecek batas waktu produk secara berkala.

5. Pastikan makanan beku dalam kemasan yang baik
Anda harus memastikan bahwa kemasan plastik atau makanan beku yang Anda pilih dalam kondisi baik. Artinya kemasan tidak rusak seperti lubang, sobek dan lain-lain yang menyebabkan angin atau udara masuk ke dalam kemasan. Jika hal ini terjadi, maka akan membuat produk Anda cepat basi.

6. Promosikan Makanan Beku di Media Sosial
Agar bisnis makanan beku bisa dilihat oleh banyak orang dan target pembeli bisa lebih luas, Anda perlu mempromosikannya di media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain-lain. Buat akun bisnis makanan beku khusus dan maksimalkan penggunaan fitur yang tersedia, sehingga tampilan media sosial terlihat bagus. Dengan begitu, akan menarik perhatian orang lain untuk membeli produk makanan beku yang dijual.

7. Kelola Keuangan Bisnis dengan Bijak
Meski menjalankan bisnis rumahan, Anda tetap harus mengelola keuangan bisnis dengan bijak. Mulai dari mengatur pengeluaran untuk membeli produk makanan beku, operasional, dan lain sebagainya.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, bisnis yang dijalankan dapat berkembang lebih besar, dan omzet penjualan akan terlihat lebih jelas.

8. Gunakan Layanan Pengiriman Instan
Mengingat bisnis yang Anda jalankan berupa makanan, maka gunakanlah jasa pengiriman atau ekspedisi yang instan atau cepat. Misalnya J&T Express, JNE Regular, GrabExpress, Gojek Instan dan lain sebagainya.

 

Hitung Kisaran Modal yang Dibutuhkan

Sebelum cara memulai bisnis frozen food, Jangan lupa untuk memperhitungkan anggaran modal yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis. Pertimbangkan peralatan utama yang akan Anda perlukan, seperti mesin pendingin dan mesin penyegel vakum. Termasuk biaya produk yang akan Anda ambil dari pemasok.

Kisaran modal yang dibutuhkan sekitar Rp 3.000.000 – Rp 4.500.000 jika ingin membuka usaha makanan beku rumahan. Modal ini meliputi freezer khusus untuk menyimpan makanan beku, mesin vacuum sealer pengemas produk, plastik vakum, dan makanan yang Anda ambil dari pemasok per 30 kg.

Dikutip dari Kompas, berikut tips dari Astri Putri Ardi, Pemilik Hoki Foods yang sudah menjalankan bisnisnya sejak 2013, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meminimalisir modal. Pertama, jangan mengambil terlalu banyak barang jika Anda tidak yakin. Perhatikan respon pasar sasaran Anda terlebih dahulu. Juga, jangan menghabiskan terlalu banyak uang untuk peralatan mahal seperti kulkas khusus jika Anda baru memulai. Kecuali jika Anda tidak memiliki lemari es yang memadai.

Modal Usaha Frozen Food

Setelah menentukan jenis produk yang cocok untuk dijual, kini Anda perlu menghitung modalnya. Memperhitungkan semua persyaratan secara detail untuk menentukan jumlah modal yang dibutuhkan.

Anda dapat menggunakan aplikasi BukuWarung untuk membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Grosir makanan beku atau bahan untuk membuat makanan beku buatan sendiri.
  2. Freezer atau freezer
  3. Kemasan kedap udara
  4. Alat press kemasan
  5. Alat pengemasan vakum / mesin vacuum sealer
  6. Biaya promosi
  7. Biaya operasional (tagihan listrik, biaya transportasi, dll)
  8. Peralatan dan bahan yang dibeli di awal tidak perlu banyak. Sesuaikan saja dengan jumlah modal yang Anda miliki.

 

Sekian artikel dari saya semoga bisa menambah wawasan anda tentang cara memulai bisnis frozen food. Saya harap artikel di atas bisa jadi inspirasi anda tentang frozen food yang banyak di gemari anak- anak maupun kalangan dewasa. Selamat mencoba guys!