cara membuat tongseng kambing dan bumbunya

Cara Membuat Tongseng Kambing Dan Bumbunya

Posted on

halo teman-teman semuanya, pada kesempatan serta artikel kali ini saya mau membagikan kepada kalian bagaimana cara membuat tongseng kambing dan bumbunya yang bisa kalian buat juga dirumah kalian masing-masing pastinya, karena cara permbuatannya yang mudah dan juga simple.

Namun, sebelum ke pembahasan dari cara membuat tongseng kambing dan bumbunya, saya ingin terlebih dulu membahas latar sekaligus hal-hal yang masih terkait dengan tongseng kambing ini teman-teman.

Tak perlu berlama-lama lagi dengan pembukaan serta basa-basinya, kita langsung saja masuk ke pembahasan dari yang berkaitan dengan tongseng kambing ini.

Tongseng Kambing

cara membuat tongseng kambing dan bumbunya

Tongseng kambing merupakan masakan yang mirip dengan gulai,  bedanya tongseng kambing yang biasanya menggunakan bumbu lebih pedas.

Didalam masakan ini terdapat perbedaan yang signifkan didalam penggunaan bagian daging untuk hidangan masakan, tongseng biasanya menggunakan daging iga atau bagian belakang.

Tongseng biasanya menggunakan tulang dan iga untuk hidangannya. Tetapi jika Anda berencana untuk menggunakan bagian pada daging lain, tidak masalah sebenarnya.

Hidangan tongseng kambing ini sudah ada sejak zaman dahulu ketika banyak pedagang di Arab dan India pertama kali memperkenalkan resep menggunakan daging domba kepada masyarakat Indonesia.

Tips Supaya Daging Tidak Bau

Setelah sebelumnya saya sudah membahas bersama kalian tadi seputaran tongseng kambing, kini saatnya saya ingin sedikit memberi tahu kepada kalian tips supaya daging tidak bau nantinya saat ingin dijadikan hidangan, baik itu tongseng kambing ataupun hidangan lainnya yang berbahan dasar daging.

Tak perlu lama dengan basa-basinya, kita langsung masuk ke pembahasan dari tips agar daging tidak bau.

Gunakan bumbu cukup saat memasak

Tips dan trik yang pertama adalah menambahkan bumbu secukupnya saat memasak, Anda bisa menambahkan kunyit atau jahe sebagai bumbu tambahan dalam masakan.

Hal ini karena kunyit dan jahe memiliki aroma yang menyengat sendiri, sehingga dapat membantu menghilangkan bau daging kambing saat dimasak.

Selain itu, meskipun dagingnya cukup matang dengan bumbu, daging kambing yang dimasak nantinya bisa menjadi lebih empuk. Ini berbeda dengan memasak tanpa bumbu.

Memakai lobak

Lobak juga bisa dijadikan alternatif pengganti jahe atau kunyit sebagai pewangi daging. Masih jarang, dan tidak banyak orang yang tahu bahwa lobak benar-benar bisa membantu menghilangkan bau daging kambing.

Setelah daging lobak dimasak kurang lebih 25-30 menit untuk bumbu, dijamin bau daging yang akan diolah pasti hilang.

Jangan dicuci saat masih mentah

Satu tips terakhir, jangan mencuci daging kambing Anda mentah-mentah. Ini karena meningkatkan bau daging kambing. Cara lainnya, Anda bisa memasak domba langsung di air mendidih dan menunggu sampai berbusa, lalu Anda bisa melepasnya dan melepasnya. Proses ini dapat membantu menghilangkan bau daging kambing sekaligus menghilangkan kotoran kambing.

Cara Membuat Tongseng Kambing Dan Bumbunya

cara membuat tongseng kambing dan bumbunya

Setelah tadi saya sudah selesai membahas latar tongseng kambing serta tips supaya daging tidak bau, kini saatnya saya akan mulai membahas bagaimana cara membuat tongseng kambing dan bumbunya yang bisa kalian buat juga dirumah kalian masing-masing karena caranya yang mudah dan juga simple.

Tak perlu berlama lama lagi dengan basa basi semacamnya kita mulai membahas cara membuat tongseng kambing dan bumbunya.

Bahan:

500 gram daging kambing
Geprek lengkuas (sesuai selera)
8 buah kol (potong dadu)
1 batang serai (digeprek)
2 cm jahe (dihaluskan)
4 Bawang Putih Bawang putih (haluskan)
5 bawang merah (kocok)
daun salam (2 lembar)
Daun jeruk (2 buah)
1 sendok teh garam halus
Tomat
Gula merah (sesuai selera)
kecap bango
jumlah minyak yang tepat)
air secukupnya)
Rempah-rempah (sesuai selera)

Langkah-langkah pembuatan:

  1. Pertama, Anda perlu menyiapkan alat yang digunakan untuk menggoreng bumbu.
  2. Selanjutnya panaskan minyak goreng. Sambil menunggu, nanti bisa mengolah bahan-bahan yang diperlukan, seperti memotong daging, bisa juga memotong daging dengan mesin agar lebih cepat nan efisien.
  3. Jika minyak sudah panas, masukkan bumbu halus serta daun jeruk, daun salam dan jahe.
  4. Selanjutnya, campurkan semua bahan agar harum.
  5. Saat aroma sudah muncul, tambahkan air secukupnya dan daging yang sudah dimasak sebelumnya.
  6. Selanjutnya, tambahkan gula merah yang sudah disiapkan, bumbu dan garam. Kemudian masak sambil diaduk-aduk hingga diperoleh komposisi yang kental.
  7. Jika saus sudah mengental, tambahkan kol dan kecap manis sesuai selera.
  8. Tambahkan juga tomat dan masak hingga semua bahan berminyak.
  9. Anda juga bisa menambahkan cabai jika menyukai rasa pedas dari masakan ini.
  10. Angkat, dan tongseng kambing khas Jogja pun siap dihidangkan.

Akhiran

Mungkin itulah tadi artikel kali ini yang membahas bagaimana cara membuat tongseng kambing dan bumbunya yang mungkin bisa berguna sekaligus bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari ataupun tertarik dengan pembahasan terkait di artikel kali ini.

Sampai berjumpa lagi semuanya di artikel pembahasan lain, see you guys and goodbye all !.