Cara membuat tepung kelapa

Cara Membuat Tepung kelapa Yang Mudah

Posted on

Halo teman-teman, pada artikel kali ini saya akan membagikan beberapa resep dan juga cara membuat tepung kelapa yang rasanya sangat enak dan membuat anda ingin terus mencicipi makanan olahan tersebut. Jadi kalian harus banget coba cara mengolah tepung kelapa yang saya bagikan kali ini.

Anda pasti sudah tahu tidak dengan bahan makanan yang sudah dikenal dari dulu hingga sekarang. Iya, tepung kelapa. Tepung ini memiliki kualitas rasa yang sangat enak dan juga memiliki teknik pengolahan yang mudah sehingga jika anda tertarik bisa mencoba membuatnya.

Oleh karena itu, saya akan membagikan beberapa resep pembuatan tepung kelapa dan juga cara mengolahnya yang jauh lebih praktis dibandingkan teknik pembuatan lainnya. Saya jamin anda akan berhasil dengan cara yang saya bagikan kali ini.

 

Sejarah Tepung Kelapa

Asal Muasal Tepung Kelapa

Di Indonesia merupakan salah satu tanaman industri yang sangat potensial dan memiliki peran yang sangat penting baik dari segi nutrisi maupun ekonomi. Tanaman kelapa (Cocos nusifera L) memiliki berbagai kegunaan yang diperoleh dari air kelapa, daging, sabut, tempurung dan batang.

Di antara bagian-bagian tumbuhan tersebut, daging buah kelapa merupakan bagian yang paling penting dan banyak dimanfaatkan serta memiliki nilai ekonomis yang paling tinggi.

Beberapa hasil buah kelapa adalah sebagai sumber minyak dan lemak, selain sebagai bahan makanan, sumber protein, karbohidrat dan mengandung vitamin B yaitu Riboflavin, Thiamine, Niacin, dan vitamin C yang penting sumber nutrisi makanan untuk dapat menggunakan nutrisi yang terkandung di dalam buah kelapa dengan sebaik-baiknya.

Kelapa tersebut harus dimakan segar (Grimwood, 1975). Hal ini tentu saja tidak bisa dinikmati oleh masyarakat yang jauh dari produksi kelapa. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat digunakan dengan membuat buah kelapa berbagai macam agar kandunganya tetap terjaga.

Tepung Kelapa Di Ciptakan

Tepung kelapa (coconut flour) adalah suatu bentuk produk daging kelapa yang diawetkan dan dikurangi kandungan lemaknya dalam kondisi udara sejuk (Grimwood, 1975).

Dalam pembuatan tepung kelapa ada beberapa tahapan diantaranya pembuangan sabut dan tempurung kelapa, pembuatan testa, pencucian, blansing, pemarutan, penjemuran, pengukusan, pengepresan, penjemuran kembali kemudian penggilingan.

Dengan demikian persyaratan mutu tepung kelapa lebih ketat dibandingkan persyaratan mutu produk olahan lainnya. Untuk mendapatkan tepung kelapa yang memiliki rendemen tinggi dan rasa yang enak, maka kelapa tua harus dipilih.

Di berbagai negara-negara penghasil kelapa khususnya di Indonesia, produksi dan penggunaan tepung kelapa masih sangat terbatas sebagai bahan pengisi atau bahan pencampur rasa dan penyedap rasa, terdapat berbagai jenis makanan yang ada di Indonesia.

Tepung kelapa juga merupakan produk pangan yang masih mengandung minyak atau lemak yang sering terjadi atau mudah terhidrolisis sehingga bahan pangan cepat menjadi tengik dan mudah berubah warna, rasa dan aroma.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi cepat tidaknya kerusakan terjadi antara lain tingkat kematangan buah, lama penyimpanan dan langkah-langkah dalam prosedur pengolahannya. Oleh karena itu saya akan mencoba membagika cara pembuatannya, yuk kita simak.

 

Cara Membuat Tepung Kelapa Berkualitas Dan Bagus

Cara Membuat Tepung Kelapa Berkualitas Dan Bagus

1. Buat Lubang Pada Kulit Kelapa

Buatlah lubang pada rongga pada kelapa yang sudah matang.

Dapat Menggunakan alat bor tangan yang kuat adalah salah satu cara termudah untuk mengebor lubang di batok kelapa. Tetapi jika Anda tidak memiliki bor seperti ini, Anda juga dapat menggunakan pembuka kaleng, obeng, atau pemecah es.

Paling Susah, Anda bisa menggunakan paku dan palu. Pukul saja paku dengan palu, lalu tarik paku.
Buat lubang tepat di “mata” kelapa. Bagian ini merupakan bagian batok kelapa yang paling lembut dan mudah dilubangi.

Sebaiknya letakkan kelapa di atas permukaan yang tidak licin seperti talenan atau handuk dapur agar kelapa tidak tergelincir saat Anda melubanginya.

2. Buang Air Kelapa Tua

Miringkan atau putar kelapa agar air kelapa bisa keluar dari lubang yang baru saja Anda buat.

Air kelapa dapat digunakan untuk keperluan memasak atau disajikan sebagai minuman dingin. Tetapi jika Anda tidak memiliki rencana untuk menggunakannya, Anda dapat membuangnya jika tidak ada bahan makanan yang terbuat dari air kelapa.

3. Buka Kulit Kelapa Dengan Hati-Hati

Tempatkan kelapa dalam kantong plastik atau bungkus rapat dengan handuk kertas. Pukul kelapa dengan palu atau benda keras lainnya sehingga terbuka atau terbelah dua. Untuk hasil terbaik, letakkan kelapa di atas lantai semen atau permukaan lantai keras lainnya.

Jangan gunakan meja dapur karena Anda dapat merusaknya dengan memukul kelapa.
Pukul kelapa sekeras mungkin tepat di tengahnya. Beberapa buah akan terbuka dengan mudah, tetapi yang lain mungkin memerlukan sedikit usaha dan usaha.

Anda juga bisa membuka kelapa dengan batu tajam atau gergaji tangan. Jika Anda menggunakan gergaji, lihat bagian tengahnya melalui mata.

4.Buka Kelapa Dan Ambil Dagingnya

Gunakan pisau biasa atau pisau kecil untuk menghilangkan daging putih dari kulitnya

Potong daging dengan cara memotong dari permukaan daging hingga ke kulitnya. Gunakan jari atau ujung pisau untuk mengangkat daging sekaligus Agar lebih mudah, potong menjadi bentuk V atau melintang, sehingga dagingnya akan lebih kecil

Anda juga dapat menggunakan sendok logam atau pisau tumpul untuk memasukkan sendok ke dalam daging tanpa memotong permukaan daging. Jika bisa, coba keluarkan dagingnya setelah menyelipkan sendok.

5. Kupas Sisa Kulit Kelapa Yang Masih Ada

Gunakan alat pengupas sayur untuk menghilangkan sisa kulit di permukaan daging buah kelapa.

Jika Anda berhasil mengeluarkan semua daging dari tempurung kelapa, seharusnya tidak ada kulit yang tersisa di kulit yang tersisa di daging. Sekam yang tersisa ini harus dibuang sebelum Anda menyiapkan kelapa untuk tepung atau kegunaan lain.

6. Kemudian Masukkan Daging Kelapa Ke Dalam Blender

Kalau potongan kelapa terlalu besar untuk dimasukkan ke dalam blender, potong dagingnya menjadi potongan-potongan kecil menggunakan pisau. Kemudian, Anda bisa menggunakan food processor sebagai pengganti blender. Pastikan food processor cukup besar untuk menampung kelapa dan air yang akan ditambahkan ke dalamnya.

7. Tuangkan 1 Liter Air Mendidih

Isi teko teh atau panci dengan 1 liter air dan didihkan dengan api besar. Kemudian tuangkan air ke dalam blender.

Air harus benar-benar merendam daging kelapa.
Sebenarnya air tidak harus sampai mendidih, tapi air rebusan akan meresap ke dalam daging kelapa lebih cepat daripada air dingin.

Jika Anda menggunakan air dingin dan ingin airnya menyerap dengan kadar yang sama, biarkan daging kelapa terendam dalam air dingin selama dua jam sebelum memulai langkah berikutnya.

8. Blender Menggunakan Kecepatan Tinggi

Blender air dan daging kelapa selama tiga sampai lima menit atau sampai parutan cukup halus. Kemudian Parutnya tidak akan sehalus ampasnya karena Anda masih akan menemukan sisa daging kelapanya. Air dan kelapa harus dicampur dan dihancurkan secara merata.

9. Biarkan Kelapa Sebentar Hingga Dingin

Tunggu sekitar tiga hingga lima menit hingga parutan dingin dan menyentuh, Jika Anda tidak membiarkan parutan dingin, tangan Anda bisa terbakar saat melakukan penyaringan. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan jika Anda menggunakan air dingin karena Anda bisa langsung menyaringnya.

Nah jadi seperti itu guys cara membuat tepung kelapa yang bisa kalian coba dan kalian praktikkan dirumah kalian masing-masing. Kalian bisa menggunakan pembantu seperti mesin penepungan agar lebih mudah dan lebih pratis untuk digunakan.

 

Manfaat Tepung Kelapa Bagi Kesehatan Manusia

1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan yang pertama yaitu serat yang tinggi pada tepung kelapa juga baik untuk pencernaan. Serat tidak larut yang dikandungnya dapat memfasilitasi pergerakan makanan melalui usus, dan mengurangi kemungkinan sembelit.

Sementara itu, serat larut dapat memberi makan bakteri baik di usus. Dengan cara ini, kesehatan pencernaan meningkat.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan Manusia

Olahan dari Tepung kelapa dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat dan protein yang dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

Selain itu, asam lemak rantai menengah yang ada di dalamnya dapat mengurangi nafsu makan dan diproses secara berbeda dari lemak rantai panjang, membantu membakar lebih banyak kalori. Namun, efek ini tidak mungkin.

3. Dapat Membunuh Virus Dan Bakteri Dengan Cepat

Asam laurat dalam tepung kelapa dapat membantu melawan infeksi tertentu seperti yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus dan jamur Candida albicans.

Setelah dicerna, asam ini membentuk senyawa monolaurin. Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa asam laurat dan monolaurin dapat membunuh virus, jamur, dan bakteri berbahaya. Namun, banyak penelitian lebih lanjut pada manusia masih diwajibkan.

4. Membantu Metabolisme Dalam Tubuh

Tepung kelapa mengandung asam lemak rantai sedang yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa kebocoran asam bertindak sebagai pengatur nutrisi penting dan metabolisme dalam tubuh.

Asam lemak rantai menengah digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, dan meningkatkan metabolisme yang sehat.

5. Menjaga Gula Darah Dalam Tubuh Agar Stabil

Tepung kelapa kaya akan serat yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini terjadi karena serat dapat memperlambat kecepatan gula memasuki aliran darah.

Selain itu, tepung kelapa juga lebih rendah karbohidrat dibandingkan tepung lainnya, sehingga menjadi pilihan yang lebih baik bagi penderita diabetes atau orang yang ingin mengontrol gula darah. Kalian juga bisa membeli alat atau mesin diweb Rumah Mesin.

Nah jadi seperti tiu guys resep dan cara membuat tepung kelapa yang bisa kalian coba dirumah kalian masing-masing, saya jamin kalian akan suka dengan resep yang saya bagikan terlebih lagi jika kalian sudah menemukan makanan yang cocok, terimakasih.