Cara Membuat Singkong Keju Goreng Mudah dan Praktis

Posted on

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang cara membuat keju goreng singkong dan artikel selanjutnya selamat membaca!

 

Cara Membuat Keju Singkong Enak dan Gurih

 

Singkong merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Biasanya singkong diolah menjadi berbagai menu makanan, salah satunya adalah keju singkong. Biasanya kudapan ini disantap saat minum teh di pagi atau sore hari.

 

Selain memiliki rasa yang enak dan lembut, keju singkong juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Melansir dari Healthline, singkong memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi.

 

Sehingga bisa berfungsi efektif dalam menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, masih banyak kandungan lain yang memiliki manfaat bagi kesehatan.

 

Manfaat Singkong untuk Kesehatan

 

Tanaman singkong banyak tumbuh di daerah tropis seperti Afrika dan Asia Tenggara. Akar dan daun merupakan bagian yang sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan.

 

Singkong memiliki manfaat untuk kesehatan, diantaranya sebagai berikut:

 

1.Meningkatkan Imunitas

 

Manfaat singkong atau singkong yang pertama adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan beta karoten pada singkong dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Sehingga mengkonsumsi singkong secara rutin dan teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit yang dapat menyerang tubuh.

2.Menurunkan Tekanan Darah

 

Bagi Anda dengan tekanan darah tinggi, sebaiknya rutin mengonsumsi singkong. Kandungan kalium pada singkong berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengonsumsi potasium memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk terkena hipertensi.

 

3.Mencegah kanker

 

Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), pada 2018 angka kematian akibat kanker mencapai 9,8 juta orang. Sehingga upaya pencegahan kanker sejak dini harus dilakukan.

 

Salah satu cara mencegah kanker adalah dengan rutin mengonsumsi singkong. Dilansir dari laman Healthbennefit, singkong mengandung beta karoten yang efektif mengurangi risiko kanker. Selain itu, kandungan ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit kronis lainnya, seperti stroke dan penyakit jantung.

 

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya tidak menggunakan garam terlalu tinggi saat mengonsumsi singkong olahan. Pasalnya, penggunaan garam yang berlebihan bisa memicu tekanan darah tinggi.

 

Cara Membuat Keju Singkong

membuat singkong keju goreng

Keju singkong merupakan camilan yang digandrungi oleh semua kalangan. Keju singkong berbeda dengan olahan singkong goreng pada umumnya, karena memiliki rasa yang enak dan renyah di bagian dalamnya. Berikut beberapa cara membuat keju singkong yang enak dan gurih.

 

Cara Membuat Singkong Keju Spesial

Bahan:

  • 1 kilogram singkong
  • 1,5 liter air sampai mendidih
  • 600 ml air dingin untuk merendam
  • Minyak secukupnya
  • 150 ml air matang
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sendok teh garam

Cara Membuat Keju Singkong:

  1. Kupas, cuci, dan potong singkong. Setelah itu rebus selama 30 menit. Tidak perlu terlalu lembut.
  2. Setelah mendidih, angkat singkong. Setelah itu rendam dalam air dingin selama 30 menit dan tiriskan.
  3. Haluskan bawang putih dan garam, lalu tuangkan air. Rendam singkong lagi, kali ini dalam bumbu.
  4. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, lalu goreng singkong hingga pecah-pecah dan permukaannya kering.

Cara Membuat Singkong Keju Gurih

Bahan:

  • 1 buah bawang putih
  • 1 umbi besar singkong
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh mentega
  • 1 keju cheddar parut secukupnya
  • Es batu secukupnya

 

Cara Membuat Keju Singkong Gurih:

 

  1. Langkah pertama kupas kulit singkong, potong pitong lalu cuci bersih.
  2. Setelah itu kukus singkong hingga matang, haluskan bawang putih, bubuk ketumbar, dan garam. Kemudian masukkan ke dalam baskom beri air rebusan secukupnya untuk merendam singkong dan tambahkan es batu.
  3. Masukkan singkong kukus panas ke dalam bak es batu dan diamkan selama kurang lebih 60 menit.
  4. Langkah selanjutnya adalah menggoreng singkong dengan campuran minyak goreng dan mentega, lalu goreng hingga kuning keemasan.
  5. Sajikan dengan keju cheddar parut.

 

Sekian sobat sedikit penjelasan tentang cara membuat keju goreng singkong.semoga bermanfaat untuk kalian sekian terimakasih.